5 Faktor Yang Dapat Menentukan Kuat Lemahnya Sinyal Wifi

Posted on

slow_wifi3Kali ini kita akan memahami faktor yang menjadi penentu kualitas sinyal pada suatu  jaringan wireless akan sangat bermanfaat saat kita akan melakukan instalasi wireless.  Kita jadi mempunyai beberapa perhitungan yang matang sebelum akan memulai memasangnya.

5 Faktor Yang Dapat Menentukan Kuat Lemahnya Sinyal Wifi

  1. Jarak

koneksi-wifi-lambat-2-3

Tentu saja  hal ini sudah sangat jelas sekali. Jarak antara pemancar sinyal wi-fi dan penangkap wi-fi sangat akan menentukan kualitasnya. Jika semakin dekat maka akan semakin kuat, dan kebalikannya jika antara kedua perangkat (Wi-fi access point dan Wi-fi client) berada pada jarak yang berjauhan maka sinyal akan semakin melemah.

  1. Kekuatan Sinyal Pemancar

pemancar

Dari sisi pemancar juga harus diperhatikan. Karena besarnya daya yang dipancarkan yang dihasilkan dari antenna akan berpengaruh kuat pada sisi penerimanya. sebenarnya kekuatan sinyal akan semakin berkurang apabila sampai pada penerimanya. Faktor interferensi dan jarak adalah penyebab utamanya.

Jadi, semakin kuat sinyal yang dikeluarkan oleh sebuah access point, maka akan semakin besar juga sinyal yang diterima oleh penerima (wi-fi client).

  1. Receive sensitivity

typical

Pada hal ini, penerima juga memiliki peran yang sangat berpengaruh besar. Sebab keahlian penerima (receiver) akan menentukan kualitas sinyal yang diterima. keahlian itu ditentukan oleh batas minimal, sinyal yang bisa diterima oleh penangkap/penerima dari pemancar.

Semakin kecil batas minimal sinyal yang bisa diterima semakin kuat kualitas sinyal yang diterima. Receive sensitivity bisa juga diartikan sebagai batas terkecil dari kuat sinyal yang mampu diterima oleh sebuah perangkat wi-fi.

  1. Interferensi (gangguan sinyal)

inssider_chanel

Interferensi ini juga sering terjadi dikarenakan penggunaan channel frequency yang sama oleh dua bahkan melebihi perangkat wi-fi, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan gangguan atau request time out (RTO) terhadap satu sama lainnya.

Jadi, yang perlu diingat adalah jika ada dua access point pastikan keduanya itu beroperasi pada channel yang tidak sama.

  1. LOS (Line of Sight)

line-of-sight

LOS adalah sebuah kondisi dimana pada area yang berupa garis lurus antara pemancar sinyal dan penangkap tidak terhalang oleh benda atau sesuatu apapun.

Kesempatan mendapat sinyal yang bagus bisa kita dapat jika penghalang atara kedua perangkat apabila berukuran kecil, bahkan tidak ada sama sekali itu jauh lebih baik. Jenis material yang menghalangi sinyal juga dapat menentukan.

Baca Juga :