5 Inovasi Teknologi Kamera Smartphone Yang Canggih

Posted on

5 teknologi kamera keren

Bagi kalian yang hobi memotret gambar atau yang sebelumnya memotret hanya bisa dilakukan dengan menggunkaan Camera SLR, sekarang dengan sudah berkembanya teknologi dan zaman, maka sekarangpun anak kecil bisa jadi fotografer dadakan menggunakan kamera smartphone. Inilah yang dimanfaatkan para vendor smartphone dengan menciptakan smartphone yang mengedepankan kualitas kamera.

Vendor smartphone saling berlomba lomba menghadirkan kamera yang berkemampuan superior. Tidak Cuma mengandalkan besaran megapiksel, produsen smartphone juga menghadirkan fitur kamera yang lebih menarik agar bisa menghasilkan kualitas foto yang bagus dan bokeh. Tujuannya, agar banyak peminat serta bisa diandalkan oleh mereka yang hobi mengambil gambar, dikarenakan tidak mempunyai kamera SLD. Lalu,  apa saja inovasi inovasi yang mengedepankan teknologi kamera? Simak ulasan dibawah ini.

5 Inovasi Teknologi Kamera Smartphone Yang Canggih

  1. Dual Camera

Diperkenalkan pertama kalo oleh HTC melalui flagshipnya yaitu seri One M8 tahun 2014 lalu, dual camera terus populer, terlebih lagi sekarang Apple menyematkannya pada iPhone 7 plus dan Huawei menggunakannya pada seri P9 dan P10.

Di HTC, sistem dual camera difungsikan untuk mengubah fokus dan menangkap gambar 3D, sementara pada sensor Huawei P9 salah satunya digunakan untuk menghasilkan foto monokrom. Beda halnya dengan fitur dual camera pada iPhone 7 yang memberikan efek bokeh lebih nyata.

  1. Laser Auto-Focus

Laser Auto-Focus pertama kali diperkenalkan oleh LG G3. Fitur ini bisa menangkap fokus di sebuah objek dengan sangat cepat, yaitu membutuhkan waktu 276 milidetik saja. Laser Auto-Focus bertugas untuk membantu kamera untuk menghasilkan foto detail saat diambil pada cahaya minim atau yang sering disebut lowlight.

Selain bisa didapatkan pada LG G3, Laser Auto-Focus juga tertanam pada smartphone flagship LG penerusnya seperti G4, G5, dan G6, Laser Auto Focus juga terdapat pada smartphone dari produsen lain seperti Asus Zenfone Laser, OnePlus, dan Lenovo.

  1. Optical Zoom

Tidak banyak produsen yang tertarik untuk memasang fitur optical zoom pada smartphone. Alasannya kenapa?, karena fitur ini bisa mengurangi estetika desain dikarenakan ukurannya yang terlalu besar dan berat.

Optical zoom yang disebut true zoom ini mempunyai fungsi menarik karena  dapat membesarankan hasil gambar dan hasilnya tetap detail dan realistis dari pada mode digital zoom. Dengan begitu, kalian yang ingin memotret objek jarak jauh bisa memperoleh hasil gambar dengan kualitas yang baik.

Jika kalian tertarik memboyong smartphone dengan optical zoom, kalian bisa melirik Samsung Galaxy K Zoom dengan sensor yang beresolusi 20 MP dan 10x optical zoom, ASUS ZenFone 3 Zoom dengan fitur 12x optical zoom dan Moto Z yang punya mods Hasselblad True Zoom yang berkemampuan 10x optical zoom.

  1. Flash Kamera Depan

Suka berfoto selfie Tentu saja fitur flash di kamera depan akan membantu kalian saat berfoto di tempat gelap. Guna mendukung kebutuhan ini, sejumlah produsen menggunakna fitur flash pada kamera depan, misalnya pada Sony C3 dan Samsung Galaxy J5 yang punya kamera depan yang beresolusi 5 MP dengan LED flash, serta ASUS ZenFone Selfie dengan menggunakan kamera depan 13 MP disertai dual LED real tone flash.

  1. Optical Image Stabilization

Dengan adanya fitur Optical Image Stabilization (OIS), kalian bisa membidik foto dengan hasil yang tajam dan tidak blur meskipun posisi tangan yang tidak stabil. Smartphone yang punya fitur canggih seperti ini di antaranya adalah iPhone 6, iPhone 7, LG G5, LG G6, LG V20, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi 5, HTC 10 dan lain lain.

Nah, bagaimana kelima inovasi teknologi di atas? Kamera smartphone memang banyak disukai maka bisa diandalkan oleh para penyuka fotografi mobile. Apakah kamera smartphone kalian punya salah satu dari fitur fitur di atas?