5 Negara Pembuat Smartphone Terbesar Di Dunia

Posted on

5 negara penghasil smartphone

Perangkat mobile akan terus berkembang, baik dari tampilan desain, spesifikasi hardware, dan fitur-fitur lain yang lainnya. Alhasil pasar sekarang telah dipenuhi beragam merek dan ratusan jenis smartphone. Membuat kita semakin sulit memilih smarphone yang baru, meskipun banyaknya smarphone. Sebenarnya ini hal yang benar-benar baik.

Persaingan yang sangat ketat, membuat para vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan teknologi yang terbaik. Hampir setiap minggu, ada saja vendor smarphone yang merilis smartphone barunya. Pernahkah kalian penasaran, apakah semudah itu membuat smartphone? Dan negara-negara pembuat smartphone tersebut dari mana saja? Dilansir dari Androidauthority,

Daftar Isi

negara pembuat smartphone terbesar dan terbaik :

  1. China

China telah menjadi negara pembuat smartphone utama. Tenaga kerja dan bahan baku yang berlimpah dengan harga yang relatif murah, membuat banyak proyek manufaktur outsourcing. Dari 17 bahan bumi yang langka untuk membuat smartphone, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. Cina menghasilkan 95% bahan bumi yang langka tersebut, sebagai perbandingan India hanya menghasilkan 2,5%  dan Amerika Serikat hanya 13%. Cina menjadi negara pembuat smartphone terbaik di dunia.

Selain membuat smartphone untuk vendor smartphone terkemuka seperti Apple, Cina juga memiliki vendor lokal yang telah mendunia. Seperti HuaweiOnePlusOppoXiaomiZTE, dan Meizu. Perusahaan Cina juga menggait beberapa vendor besar, seperti Lenovo yang membeli Motorola asal Amerika Serikat dan TCL yang membeli Alcatel dari Perancis. Samsung juga memiliki dua fasilitas produksinya yang ada di China meskipun mayoritas perangkat Samsung juga memproduksi di tempat lain.

  1. Jepang

Mungkin sekarang China hampir mempunyai segalanya, tapi jangan melupakan Jepang. Banyak teknologi yang mutakhir terlahir dari Jepang. Meskipun banyak perusahaan elektronik di Jepang yang terkesan bermalas malasan, namun Jepang masih memiliki industri pengembangan teknologi dan manufaktur yang kuat. Produsen smartphone terbesar di Jepang saat ini adalah Sony, yang dikenal lewat Serie Xperia dan yang terbaru adalah Xperia Z5 Premium Dual. Negeri Sakura Jepang ini pun jelas masih menjadi daftar negara pembuat smartphone terbaik didunia.

  1. Korea Selatan

Tahukah kalian, Korea Selatan pernah menjadi salah satu negara miskin di dunia pada tahun 1960-an. Tetapi sekarang, Korea Selatan merupakan salah satu negara terkaya didunia. Bahkan, salah satu bank dunia baru-baru ini melaporkan bahwa Korea Selatan menempatin urutan 14 sebagai negara dengan perekonomian paling kuat di dunia. Negara yang terletak di Asia bagian Timur ini, telah menjadi negara pembuat smartphone terbaik yang bisa bersaing dengan China dan Jepang, terutama soal inovasi inovasi teknologi.

Jelas salah satu kuncinya adalah keberhasilan Samsung yang kini menjadi penguasa smartphone. Meskipun untuk produksi Samsung telah mulai mengandalkan manufaktur outsourcing, lebih dari 50% produksi smartphone Samsung berada di  negara Vietnam. Sebagai perbandingannya, produksi di korea selatan telah turun menjadi 8% saja. Tidak hanya Samsung saja, LG juga merupakan raksasa teknologi dan sejauh ini masih merupakan rival utama Samsung yang patut diperhatikan.

  1. India

Negara pembuat smartphone setelah korea selatan adalah India. India sendiri adalah salah satu pemasuk smartphone terbesar, banyak vendor smartphone yang berfokuskan  berjualan di Negeri Bollywood ini. Beberapa tahun yang lalu, pemerintah India pun mulai inisiatif membuat program Made In India, kurang lebihnya sama seperti Tingkat Kandungan Dalam Negeri TKDN di Indonesia. Tujuannya adalah mendorong bisnis nasional dan internasional lalu memproduksi smartphone di India untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan negara melalui investasi asing secara langsung.

Hal ini pun membuat para vendor smartphone mau tak mau harus membuka pabrik agar bisa menjual produk smartphone-nya. Beberapa vendor yang telah serius seperti Xiaomi, Huawei, dan Lenovo/Motorola. Karena inisiatif ini, dipercaya bahwa India juga akan segera menjadi pusat kekuatan teknologi mobile dari belahan dunia timur, bahkan mungkin akan menyaingi China. Pada 2015 saja, India telah menerima investasi asing dengan jumlah yang mengejutkan yaitu US$63 miliar.

Selain produsen dari China tersebut, banyak merek terkemuka telah mengalihkan produksinya di India. Sementara Samsung sendiri telah memiliki 3 pabrik besar di India sejak tahun 2006 dan pabrik ketiga dibuka pada tahun lalu. Baru-baru ini, LG juga sudah  mulai memproduksi beberapa persediaan di India, meskipun saat ini masih dalam jumlah yang sangatlah terbatas.

  1. Taiwan

Taiwan juga merupakan salah satu pusat teknologi yang terdapat di Asia, yang merupakan tempat kelahiran merek merek terkemuka seperti AcerASUS, dan HTC. Namun meskipun Zenfone umumnya telah diterima dengan baik di pasar.

Yang lebih mengejutkan bahwa produksi smartphone HTC rata rata hanya berada di Taiwan dan sejumlah kecil di India. HTC tampaknya sedang sibuk menyiapkan dua perangkat Nexus Google berikutnya, bocorannya bernama Nexus Marlin dan Sailfish. Nextbit Robin diproduksi di Taiwan loh.