5 Tips Bagi Kamu Yang Hendak Membeli Smartphone Berkualitas

Posted on

tips bagi kamu yang hendak membeli smartphone

Smartphone sudah menjadi harta yang wajib dimiliki bagi semua orang pada zaman sekarang. Selain menjadi kebutuhan untuk mengkonsumsi informasi dengan cara cepat, faktor yang saking banyaknya pilihan smartphone baru dengan berbagai macam kekurangan dan kelebihan, membuat banyak orang berpindah – pindah dari feature phone menjadi ke smartphone. Dari hal tersebut memang terkadang timbul rasa khawatir untuk memberikan pilihan sebelum membeli smartphone.

Beberapa Tips Yang Ingin Membeli Smartphone

  • Memilih sistem operasi yang tepat

Smartphone-smartphone sekarang ini mempunyai berbagai macam sistem operasi yang berbeda – beda dari Android,  iOS, Blackberry, Windows phone, dan lainnya.

Blackberry sendiri adalah suatu OS mobile yang mengutamakan privasinya dan keamanannya. Sedangkan bagi Windows Phone adalah suatu OS yang dikenal dengan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat-perangkat Windows lainnya.

Untuk iOS sendiri, ini menggunakan sebuah sistem operasi mobile yang akan mengedepankan kualitas, mulai dari suatu kontrol privacy yang cukup ketat, simple, modelnya yang elegan dan bergaya. Namun, kelemahan dari sistem operasi ini ialah pilihan perangkatnya yang sangat terbatas pada iPhone, dan bagi kebanyakan orang harga iPhone cenderung sangat mahal.

Android mempunyai sistem operasi yang dapat digunakan oleh berbagai merek smartphone dari vendor besar kelas dunia yang sudah menawarkan range harga yang berbeda – beda. Selain itu , Android juga  menyuguhkan bermacam – macam aplikasi gratis yang sangat menarik dan pengiriman data yang sangat mudah. Android pun juga punya kekurangan dalam pengaturan keamanannya dari sistem operasi dan juga pengaturan di bagian perizinan aplikasi.

  • Sesuai dengan kapasitas penyimpanan

Untuk memilih sebuah smartphone yang bagus pastinya juga harus didukung oleh kapasitas penyimpanannya yang besar. Terdapat 3 aspek yang harus kita diperhatikan yaitu memori Internal, RAM ataupun slot untuk MicroSD.

Jika Anda berencana untuk banyak menyimpan aplikasi atau data, pilihlah sebuah smartphone dengan memori internal yang lebih dari 8 GB dan juga dilengkapi dengan slot microSD.

Hal ini juga akan berkaitan dengan kecepatan proses perangkat smartphonenya tersebut, sehingga smartphone yang sudah mempunyai RAM yang tinggi akan dapat lebih dipertimbangkan.

  • Display

Tampilan layar kini menjadi hal sangat penting yang harus kita perhatikan. Faktor ukuran, resolusi serta juga kerapatan pixel layar juga harus kita perhatikan. Semakin besar jumlah pixel yang dimilikinya, maka akan semakin terlihat tajam, jernih dan juga nyaman di mata.

Jika kamu suka bermain game dan sangat ingin mempunyai tampilan gambar yang baik, maka pilihlah smartphone yang sudah mempunyai layar dan resolusi yang cukup besar dengan resolusi diatas 1280 x 720 pixels.

  • Kamera

Kamera adalah kebutuhan khusus bagi kamu yang senang mengambil foto ataupun video berkualitas baik. supaya dengan mudah mengambil foto selfie, maka pilihlah smartphone yang sudah mempunyai kualitas kamera depan yang cukup bagus. Untuk kamu yang suka membuat video, kamu juga dapat memilih smartphone dengan kemampuan bisa merekam dengan resolusi yang HD biar hasilnya lebih memuaskan.

  • Daya tahan baterai

Faktor kapasitas baterai ini merupakan hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone yang berkualitas. Jika memilih Smartphone yang CPU Tertinggi, maka konsumsi daya baterai juga akan semakin tinggi.

Kapasitas baterai yang sangat besar akan membuat daya hidup smartphone lebih lama, namun hal tersebut juga akan bergantung dari tingginya tingkatan pemakaian smartphone itu sendiri. Setidaknya pilihlah Smartphone dengan kapasitas baterai yang lebih dari 2200 mAh.

Baca Juga :
Penyebab Dan Solusi Bagi Pengguna Android Cepat Panas
Kesalahan – Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android
Inilah 8 Smartphone Yang Siap Melenggang di MWC 2017
Mengejutkan! Ternyata Apple masih Bergantung Pada Samsung