6 Cara Merawat Laptop 100% Awet dan Tidak Cepat Rusak

Posted on

cara merawat laptop 100% aman

Anda pasti tidak mau kan jika laptop yang baru anda beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau malah karena anda merawatnya dengan cara yang salah. Kalau iya dan kalian lagi kebingungan cara yang benar merawat laptop anda dan butuh tips agar laptop anda awet, anda datang ke website yang tepat. Ini dia cara-cara merawat laptop agar tidak mudah cepat rusak.

Laptop itu merupakan barang yang mahal, apalagi kalau anda menggunakan laptop Asus ROG atau Macbook Pro itu. Jadi, dari pada membuang buang duit karena kecerobohan anda sendiri dalam merawat laptop, mending anda baca sampe habis yaitu Cara cara merawat laptop dengan baik dan benar di bawah ini

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

  1. Jangan letakan laptop anda di atas kasur

pertama ini yang sangat penting sekali untuk merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Jika anda meletakkan laptop anda di atas kasur, maka sirkulasi udara di laptop kalian tidak akan berjalan dengan lancar. Karena udara pembuangan akan sulit keluar dikarena tertahan badan kasur. Akibatnya, udara yang panas dari pembuangan tersebut akan berputar dan kembali masuk ke dalam laptop anda dan membuat komponen-komponen laptop anda yang lain akan membuat tambah panas. Sayang bukan padahal itu hanya kipas tetapi akan membuat semua komponen laptop anda rusak.

  1. Jangan Mengangkat atau membawa Laptop dalam Keadaan Menyala

Kenapa tidak di bolehkan? Karena laptop yang sedang menyala, Harddisk laptop tersebut masih bekerja dan akibatnya jika tertekan dan sebagainya piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan Bad Sector. Apa itu Bad Sector? Bad Sector adalah keadaan satu sektor harddisk atau removable disk ada kerusakan sehingga tidak dapat lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

  1. Jangan Menutup LCD Laptop Yang baru saja Digunakan

Kenapa tidak boleh? Lalu bagaimana dong? Sebenarnya boleh-boleh saja jika laptop anda masih dingin dikarenakan bermain di ruangan ber-AC atau pada waktu subuh hari. Yang tidak boleh itu jika laptop anda masih dalam keadaan hangat atau bahkan panas.

Untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, hindari menutup LCD laptop langsung dikarenakan udara panas yang masih keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan akan berakibat fatal pada LCD laptop anda. Jika anda berada di sekolah atau  berada di kantor yang tidak ber-AC atau udaranya panas, sebaiknya setengah jam sebelum jam pulang matikan terlebih dahulu laptopnya.

  1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Jika game-game seperti Angry Birds, Zuma, atau game game facebook ya tidak masalah. Yang jadi masalah adalah laptop anda sering dimainkan game-game berat, seperti GTA 5, Call Of Duty, PES 2017, Battle Field 1 , dan lain lain. Jika bermain kelamaan akan menyebabkan komponen laptop anda menjadi overheat dan baterai laptop anda bisa rusak ataupun bocor.

  1. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop yang biasa digunakan terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu diingat laptop berbeda sekali dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop, pakailah laptop dengan kebutuhan saja jangan sampai berlebihan.

  1. Sering-Seringlah Membersihkan Laptop

Ini dia yang tidak boleh ketinggalan. Jangan lupa juga selalu membersihkan laptop anda dalam jangka waktu minimal 2x satu minggu. Hilangkan debu-debu yang menempel di komponen laptop anda karena dapat memperlambat kinerja laptop anda dan membuat laptop anda cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan antara lain, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika anda pintar bongkar pasang laptop, bersihkan pula bagian dalam laptop kalian ya.

itulah 6 tips cara merawat laptop agar tidak cepat rusak yang bisa mimin berikan untuk anda. Semoga bermanfaat sobat CaraGeo.

Baca Juga :
6 VGA Terbaik beserta Spesifikasinya
Perbedaan Antara Processor Intel dan AMD
DDR 4 Belum Bisa Menggantikan DDR 3?