6 VGA Card Terbaik Beserta Spesifikasinya

Posted on

gambar vga

Membuat Kualitas Gaming 4K Pada Layar 1080p

GeForce GTX 970 adalah VGA performa tinggi yang dirancang untuk bermain game  serius seperti game 3D. Didukung oleh arsitektur NVIDIA Maxwell, yang  menghadirkan teknologi canggih dan kemampuan grafis kelas atas untuk memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa.

geforce gtx 970

Fitur Utama:

  • Arsitektur NVIDIA Maxwell mendorong batasan dalam kemampuan pemrosesan grafis tingkat tinggi, dan menciptakan GPU yang membuat hemat daya listrik
  • Clock Speed: 1076 MHz / Boost Clock: 1216 MHz
  • NVIDIA GPU Boost 2.0
  • Teknologi DirectX  12.0 API yang Revolutionary
  • 4GB (3.5G + 0.5g), 256-bit memory interface for Hi-Res / AA / AF game
  • Mendukung Dual-Link DVI, HDMI dan DisplayPort
  • Mendukung PCI Express 3.0
  • Mendukung OpenCL
  • Mendukung OpenGL 4.4

Keunggulannya :

  1. NVIDIA Maxwell

Nvidia Maxwell adalah arsitektur yang paling canggih dari NVIDIA sebelum Pascal, memberikan kinerja yang luar biasa dan membuat efisiensi daya yang tak tertandingi. dan menawarkan fitur-fitur terkini seperti advanced sampling dan teknologi Dynamic Super Resolution yang membuat kualitas gaming 4K bahkan pada layar yang beresolusi 1080p (FHD).

  1. Multi-Frame sampled Anti-Aliasing (MFAA)

MFAA membuat peningkatan kinerja 30% tetapi tetap menjaga detail halus dan berkualitas tinggi. Itu dibuktikan dengan perhitungan sampel yang bergantian di setiap frame dan setiap pixel.

  1. Dynamic Super Resolution

Fitur inovatif ini mampu memberikan keunggulan 4K pada layar yang beresolusi  1080p untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi dan detail yang luar biasa.

  1. Voxel Global Illumination (VXGI)

Bagian dari NVIDIA GameWorks library untuk para developer, VXGI mempercepat efek pencahayaan yang sangat dinamis dan memberikan  pengalaman sinematik yang membuat kesan hidup dan mengesankan.

  1. GeForce Experience

Cara termudah untuk mengoptimalkan game dan menjaga driver kalian selalu up to date. Aplikasi GeForce Experience secara otomatis akan memberitahu kalian jika ada rilis driver baru dari NVIDIA. Dengan satu klik saja, kalian akan mendapatkan  perbaharuan driver secara langsung tanpa meninggalkan desktop. Kalian juga dapat menangkap dan berbagi gameplay 4K dengan NVIDIA ShadowPlay.

  1. NVIDIA GameStream

Streaming exstrim GeForce GTX untuk pengalaman PC gaming perangkat portabel seperti NVIDIA SHIELD ™, dengan kinerja yang sangat halus dan latency rendah.

  1. NVIDIA G-SYNC

Teknologi layar yang baru baru ini merupakan terobosan yang memberikan pengalaman gaming sangat cepat dan halus sekali yang pernah ada. Kinerja revolusioner G-SYNC ini dicapai dengan mengsinkronisasi display refresh rates untuk GPU dalam PC yang berbasis GeForce GTX kalian. Dimana menghilangkan artifak di layar, meminimalisir interupsi tampilan dan input lag. Adegan dan gambar muncul tiba tiba, objek terlihat lebih tajam dan gameplay menjadi super halus. Memberikan  pengalaman visual yang menakjubkan dan keunggulan kompetitif yang Spektakuler.

  1. NVIDIA GPU Boost 2.0

Teknologi inovatif ini memungkinkan gamer untuk membuat kinerja PC secara maksimal dengan kontrol yang tepat. Secara cerdas ini memantau task yang sedang berjalan dengan kontrol canggih seperti target temperatur GPU, overclocking dan memberikan tegangan lebih untuk memastikan GPU memberikan penganlaman gaming yang lancar dan membuat performa pada titik puncak.

  1. NVIDIA Adaptive VSync

Memang menggangu sekali frame rate yang tersendat dan artifak layar. Pertama biasanya terjadi ketika frame rate yang rendah, kedua ketika frame rate yang tinggi. Adaptive VSync adalah cara pintar untuk render frame menggunakan aplikasi NVIDIA Control Panel. Sedangkan pada frame rate tinggi, VSync diaktifkan agar menghilangkan artifak. Pada frame rate yang rendah, itu dinonaktifkan untuk meminimalkan lag.

  1. NVIDIA Surround  hingga 4 Monitor

Sekarang, kalian dapat bermain game favorit dengan menggunakan empat monitor sekaligus. Pada 5760 x 1080, area pandang diperluas sepenuhnya dengan visi perifer dan itu membuat pengalaman yang paling maksimal dalam bermain game balap dan simulator penerbangan.

  1. Teknologi NVIDIA SLI®

Digunakan para gamer yang memiliki kebutuhan gaming tingkat tinggi di seluruh dunia, teknologi SLI memungkinkan kalian menghubungkan hingga empat kartu NVIDIA SLI bersama-sama untuk menghasilkan kinerja yang menakjubkan.

  • MSI GeForce GTX 1080

msi gtx 1080

MSI GeForce GTX 1080 Gaming X adalah penerus dari MSI GeForce GTX 1070 dan menggunakan pendingin yang sama, dan PCB nya juga tampak identik. GTX 1080 juga sangat halus dan tidak berisik suaranya sangat halus.

Menghadirkan kinerja VR generasi berikutnya, latency terendah, dan kompatibilitas plug-and-play dengan mensuplay headset-headset gaming unggulan. Didukung oleh teknologi NVIDIA VRWorks ™. VR audio dan haptics memunginkan klaian mendengar dan merasakan setiap momen dengan pengalaman yang mengesankan dan memuaskan.

Teknologi Gaming Terbaru

Arsitektur Pascal dibangun untuk memenuhi kebutuhan teknologi layar generasi berikutnya, termasuk VR, resolusi ultra-high dan penggunaan multi monitor. VGA Card ini memiliki fitur teknologi NVIDIA GameWorks ™ untuk pengalaman gameplay yang sangat halus, nyaman dan pengalaman sinematik. Ditambah lagi termasuk teknologi tampilan gambar 360 derajat baru yang revolusioner.

Kartu grafis yang didukung Pascal membuat kinerja dan efisiensi daya yang sangat  unggul, didirikan menggunakan ultra-fast FinFET dan mendukung fitur DirectX 12 agar  memberikan pengalaman bermain game dengan cepat, halus dan sekaligus hemat daya.

  • Leadtek Geforce GTX 1080 Founders Edition

Leadtek Geforce GTX 1080 Founders Edition

Andalan baru dari NVIDIA, yaitu GeForce GTX 1080 Founders Edition adalah VGA Card paling canggih dan tampil lebih keren yang pernah dibuat. Memberikan kinerja kartu grafis yang belum pernah ada pada sebelumnya, sekaligus dapat menghemat daya dan pengalaman bermain game yang didukung oleh arsitektur NVIDIA Pascal. Ini adalah platform gaming yang ultimate.

Fitur Utama:

  • Arsitektur NVIDIA Pascal mendorong batasan dalam kemampuan pemrosesan grafis, dan sekaligus menciptakan GPU yang lebih hemat daya listrik.
  • Clock Speed: 1607 / 1733MHz
  • Overclock dan suhu GPU yang lebih rendah
  • NVIDIA GPU Boost 3.0
  • Teknologi DirectX 12 API
  • 8G, 256-bit GDDR5X
  • Dukungan DVI-D, HDMI dan 3 x DisplayPort
  • Mendukung PCI Express 3.0
  • Mendukung OpenCL
  • Mendukung OpenGL 4.5
  • Asus GeForce GTX 950

Asus GeForce GTX 950

Ideal untuk 1080p Gaming.

  • Performa terbaik di kisaran harga 3 jutaan
  • Cocok untuk 1080p Gaming
  • Optimal untuk MOBA Game

Nvidia GeForce GTX 950 adalah versi yang paling rmurah dari seri 900 yang didasarkan pada arsitektur Maxwell terbaru. Dan ini adalah VGA Card yang ideal bagi mereka para gamer yang ingin bermain di resolusi 1080p.

Tercatat dari sebuah test diantara 38fps (Crysis 3) dan 108fps (Batman: Arkham Asylum), dan itu pada setting graphic tertinggi dalam hal detail game, meninggalkan ruang lebih untuk kinerja yang lebih pada tingkat detil yang rendah.

Nvidia telah memulai debutnya untuk menampilkan beberapa fitur baru pada kartu ini yang membuatnya ideal untuk gamer MOBA. Driver GeForce Experience terbaru memiliki fitur auto-optimasi yaitu yang dapat memprioritaskan kinerja grafis secara  maksimum untuk latency yang minimum. Overlay dalam game juga dapat mengakses dengan cepat pada rekaman, jawaban instan dan Twitch streaming.

Untuk semua fitur itu Nvidia GTX 950 mengkonsumsi daya yang masih termasuk  rendah pada seri VGA kelas gaming, dan hanya membutuhkan tambahan external yaitu satu kabel power 6-pin, sehingga ini juga ideal untuk PC rakitan yang lebih kecil.

  • Gigabyte Radeon R9 390X

Gigabyte Radeon R9 390X

  • Mendapatkan banyak hal untuk harganya yang tergolong lebih rendah
  • Lebih cepat signifikan dari Nvidia GTX 970
  • Namun mengonsumsi daya tinggi

Seperti halnya R9 390, R9 390X bukanlah VGA Card yang bisa menarik pandangan mata tapi dibalik itu semua Radeon R9 390X penuh dengan performa dan kekuatan, dan harganya masih kompetitif. Berada di level dimana ini ditandingkan dengan GTX 980, R9 390X lebih murah sedangkan performanya relatif sama.

R9 390x memang membutuhkan lebih banyak daya untuk mendapatkan kinerja terbaiknya, dan juga kalah dalam hal overclock dengan GTX 980. Tapi selisih harganya dengan GTX 980 seharusnya tergolong cukup untuk selisih biaya listrik kalian bermain game dengan VGA Card ini selama 1 sampai 2 tahun.

  • Gigabyte Nvidia GeForce GTX Titan X

Gigabyte Nvidia GeForce GTX Titan X

  • VGA Card tercepat yang bisa anda beli
  • Secara mengejutkan konsumsi daya tergolong aman
  • Case hitam dan logo menyala yang membuat VGA ini tambah keren

Titan X jelas adalah VGA Card single-GPU tercepat yang bisa anda beli saat ini. Dengan harga sekitar 18 juta ini memang 50% lebih mahal dari harga GTX 980 Ti.

Walaupun begitu ini tidak memberikan tambahan kinerja sampai 50% dari GTX 980 Ti. Bahkan mungkin hanya 10% jika kalian beruntung. Kalau kalian menginginkan VGA Card yang terakhir dalam hal performa, kalian bisa memilih ini. Tapi bicara value dari segala sisi manapun, kami tidak merekomendasikannya. Lebih baik GTX 980 Ti kalau kalian mempertimbangkan dari sisi value.

Hanya di sisi lain, kinerja yang kalian dapatkan dari Titan X tidak begitu membuat bengkak tagihan listrik kalian. Faktanya ini mengkonsumsi daya 15% watt lebih rendah dari Fury X disaat performanya lebih cepat signifikan dari Fury X. Walaupun begitu  jangan lupa itu 15% dari total 300 watt.

Jadi jika kalian sedang mempertimbangkan Titan X Vs. Fury X, Titan X bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Kalau kalian sedang mempertimbangkan GTX 980 Ti Vs. Titan X dan kalian concern dengan budget, maka GTX 980 Ti pilihan yang lebih baik.

Tapi jika kalian menginginkan performa yang ultimate dan tidak mempertimbangkan apapun yang lain, maka Titan X adalah VGA card kalian.

Untuk membedakan Titan X berbeda dengan VGA Card Nvidia yang lain, Titan X hadir dengan desain warna hitam pekat di seluruh bodynya dengan logo terang membuatnya terlihat semakin keren.

Baca Juga :
DDR 4 belum bisa menggantikan DDR 3 ?
Perbedaan Intel dengan AMD
Cara Mempercepatan Kinerja Laptop