Apple masih bergantung pada Samsung

Posted on

iphone-7 ada samsung di dalamnya

Seperti yang kita ketahui bahwa Apple dan Samsung adalah rival sejati di dunia tekhnologi. Seperti di akhir babak pertarungan antara dua nama vendor saat ini sudah memasuki babak final. Mereka saling meluncurkan gugatan – gugatan berat satu sama lain. Lebih tepatnya adalah kasus Hak Paten.

Samsung dituduh telah meniru desain Apple (Samsung Galaxy Tab 10.1). Sebaliknya, Samsung menggugat Apple karena telah meniru teknologi 3G dan wirelles dari Samsung. Samsung dikenakan sanksi karena mencuri 1 hak paten dan di denda 25 juta won atau setara dengan 293 juta rupiah. Sedangkan Apple dikenakan gugatan karena telah mencuri 2 Hak Paten dan dikenakan denda sebesar 40 juta won atau setara dengan 468 juta rupiah.

Permusuhan mereka tidak hanya disitu. Kedua pabrikan ini saling meluncukan samrtphone – smartphone mereka untuk saling mengalahkan layaknya kompetisi bergengsi. Bahkan Samsung dikabarkan belakangan ini telah meluncurkan Samsung Galaxy Note 7 hanya untuk menghalau iPhone 7.

Sayangnya, nasib Samsung Galaxy Note 7 berakhir buruk setelah terjadi kasus ledakan yang justru menjadi kesempatan emas Apple untuk meluncukan iPhone 7. Namun, dibalik suksesnya Apple setelah meluncurkan iPhone 7, siapa sangka bahwa Apple bekerja sama dengan Samsung dalam pembuatan iPhone 7.

Melalui sebuah video yang diupload oleh iFixit, terungkap bahwa dalam pembuatan iPhone 7 ada hubungannya dengan Samsung. Sebagai pengetahuan, bahwa iFixit adalah situs yang sering melakukan pembongkaran komponen – komponen smartphone untuk mengungkap apa saja yang ada di dalamnya.

Nah, lewat video terbaru yang diunggah oleh iFixit melalui channel youtubenya, mereka membongkar iPhone 7 dan berhasil menemukan beberapa fakta menarik. Mereka menemukan fakta bahwa baterai iPhone 7 hanya 1960 mAh, tidak hanya itu, iFixit juga menemukan fakta yang lebih menarik yaitu terdapat Samsung di dalam iPhone 7.

Dalam pembuatan iPhone 7, Apple memasok RAM iPhone 7 dari rivalnya Samsung. Padahal mereka adalah rival sejati di kemajuan teknologi saat ini. Ternyata, Samsung sudah lama memasok komponen untuk Apple, meliputi layar, processor, dan RAM.

Berikut video yang diunggah oleh iFixit di channel youtubenya seperti link dibawah ini !

https://www.youtube.com/watch?v=0s_zg4_DZp8

 Di dalam sebuah video yang di upload oleh iFixit, ditemukan juga bahwa komponen – komponen tidak berguna untuk menggantikan hilangnya audio jack di dalam iPhone 7. Slot audio jack tidak digantikan komponen penting, melainkan hanya sebuah plastik dan saluran audio. Apple ternyata memang sudah mempersiapkan iPhone 7 dengan banyak sekali kejutan ya?

Tubuh – tubuh Samsung pun tidak hanya di iPhone 7 saja. iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPad Pro juga terdapat olahan Samsung di dalamnya.

samsung di dalam apple

Lebih tepatnya di bagian processor A9 yang digunakan oleh Apple dalam memproduksi iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Ada juga TSMC yang juga terdata membuat processor A9.

Tetapi, processor A9 yang dibuat oleh Samsung lebih canggih dari buatan TSMC dikarenakan Samsung sudah menggunakan teknologi simpul 14nm (nanometer), beda halnya dengan processor A9 yang dibuat oleh TSMC yang hanya menggunakan teknologi 16nm. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin kecil semikonduktor processor, maka semakin bertambah peforma dan efisiensi baterainya.

Sama hal nya dalam pembuatan iPad Pro. Apple juga masih menggunakan processor A9X milik Samsung. Hal yang cukup wajar, mengingat bahwa saat ini Samsung adalah pabrik processor terbaik dan tercanggih dengan teknologi simpul 14 nm – nya (nanometer). semoga bermanfaat 🙂