Alat Musik Papua

Posted on

Halo sobat kembali lagi dengan kami Edin08.com disini kami membahas alat musik papua mari simak berasama.

Setiap daerah yang berada di Indonesia pasti mempunyai keunikan yang tersendiri, terutama di dalam memunculkan jiwa kesenian di dalam bentuk – bentuk alat musik tradisional.

Dan Demikian di Indonesia timur dan khususnya didaerah papua dengan masyarakatnya yang bersifat ekspresif.

Alat Musik Tradisional Papua

Alat musik yang berasal dari daerah papua, mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dan Sampai saat ini masyarakat di daerah papua masih memakai alat musik tradisional di dalam merayakan hari hari spesial di dalam kehidupan mereka.

Berikut ini beberapa alat musik papua yang paling banyak digunakan menurut senipedia.id serta fungsi dan gambarnya :

1. Alat Musik Tifa

tifa

Tifa iyalah alat musik khas Indonesia di bagian Timur,yang khususnya berada di daerah papua dan maluku. Alat musik ini bentuknya seperti kendang yang terbuat dari kayu dan di lubangi di bagian tengahnya. Ada juga beberapa macam – macam jenis alat musik Tifa contohnya seperti Tifa Jekir Potong, Tifa potong, Tifa Dasar, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Tifa mirip seperti alat musik gendang dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik itu dibuat dari sebatang kayu yang di dikosongi ataupun dihilangi isinya dan juga di salah satu sisi ujungnya ditutupi, serta biasanya penutupnya dipakai kulit rusa yang sudah di keringkan untuk mengeluarkan suara yang indah dan bagus . Bentuknyapun dibuat dengan ukiran. Setiap suku di daerah papua dan maluku mempunyai tifa dengan ciri khas nya tersendiri.

Tifa biasanya dipakai untuk mengiringi tarian – tarian perang dll seperti tari Lenso yang berasal dari Maluku dan diiringi dengan alat musik totobuang, tarian tradisional di suku Asmat dan tari Gatsi.

Alat musik tifa yang berasal dari daerah Maluku ini mempunyai nama lain, seperti tihal atau tahito yang dipakai di wilayah Maluku bagian tengah. Sedangkan,yang berada di pulau Aru, alat musik tifa mempunyai nama lain yakni titir. Jenisnya ada yang berupa seperti drum dan ada tongkat sama seperti yang dipakai di Masjid . Dan Badan kerangkanya terbuat dari kayu dengan dilapisi rotan untuk pengikatnya dan dengan bentuk yang berbeda-beda dan berdasarkan daerah masing masing.

2. Alat Musik Pikon

Pikon iyalah alat musik yang dimainkan dengan di tiup khas Suku Hubala dan yang dibuat dari bambu. Pikon berasal dari kata “Pikonane” di dalam bahasa Balliem, yang berarti alat musik bunyi. Alat musik pikon berbentuk bulat lonjong.

Alat musik pikon terbuat dari bambu, dan di mana di bagian tengahnya terdapat lidi penggetar dan seutas tali, dan sehingga dapat mengeluarkan variasi bunyi. Alat musik pikon ini pada biasanya dimainkan oleh laki-laki di dalam Suku Dani.

Mereka memainkannya untuk penghilang penat, meskipun suara yang dikeluarkan tidak merdu dikarenakan hanya mirip suara kicau burung tanpa nada. Tapi, seiring berkembang zaman, sekarang suara yang dikeluarkan alat musik pikon mulailah bisa terdengar nada do, mi dan sol.

Alat musik pikon juga dimainkan di dalam acara Budaya Lembah Baliem Jayawijaya yang memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

Panjang pikon pada biasanya adalah 5,2 cm. Cara memainkan alat musik pikon adalah meniup di bagian tengah bambu yang ada lubang dan seraya menarik tali yang menggabungkan dengan sebuah lidi. Pikon bisa dibentuk memkai hite, yaitu kulit kayu dari anak panah.

3. Alat Musik Triton

triton

Triton iyalah alat musik tradisional di masyarakat Papua. Alat musik triton ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini juga ada di seluruh pantai, dan terutama di daerah Wondama, Biak, Nabire, waropen, Yapen, dan kepulauan Raja Amat. Dan Awalnya, alat musik ini hanya dipakai untuk sarana komunikasi atau untuk pemberi tanda/ alat panggil. biasanya, alat musik triton ini juga dipakai untuk sarana hiburan dan juga alat musik tradisional.

4. Alat Musik Butshake

Butshake

Butshake iyalah alat musik Suku Muyu dari Kabupaten Merauke yang terbuat dari bambu dan juga buah kenari.Alat Musik Butshake ini mempunyai suara gemericik saat kita goyangkan dan ayunkan memakai tangan.

Butshake iyalah instrumen musik yang suaranya diciptakan dari hasil gesekan kenari yang ada pada bambu tersebut. Butshake pada biasanya dipakai untuk pengiring tarian adat.

5. Alat Musik Atowo

Atowo iyalah alat musik dari papua yang bisa dibilang langka. Alat musik ini juga sangat sulit ditemukan. Atowo sendiri, mempunyai bentuk yang bulat panjang dan juga ukurannya relatif ringan dan kecil.

Untuk memainkan alat musik ini, harus memakai kedua tangan.Yang Dimana tangan yang satu memegang badan atowo dan tangan satu lagi memukul penutupnya. Tentu alat ini mempunyai teknik permainannya sendiri, supaya bisa mengeluarkan irama indah.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Alat Musik dari Papua semoga bermanfaat dan juga bisa membantu kalian semua untuk belajar lebih giat lagi dan apabila ada salah kata di tulisan kita, kami mohon maap.