3 Cara Melacak Lokasi Nomor HP Yang Hilang (100% Akurat)

Posted on

melacaHandphone merupakan alat elektronik yang telah menjadi teman atau sahabat bagi sebagian masyarakat pada zaman saat ini. Sehingganya hampir semua aktifitas seseorang tersebut dapat dilihat di history hp atau smartphone android yang digunakannya. Namun, ketika hp seseorang hilang maka bisa dipastikan rasa kesal dan kecewa hadir karena banyak hal yang dipikirkan diantara lain data yang ada didalam hp tersebut takut disebarluaskan atau digunakan untuk hal yang melanggar hukum dan agama. Dan pastinya kita ingin mengetahui cara melacak no hp yang akurat untuk menemukan hp kesayangan anda yang dilansir dari technicaltalk.net yang kami rangkum dengan tutorial bergambar.

Merujuk dari hal diatas disini CaraGeo.com belajar, mencoba dan membagikan pada teman-teman dan sahabat-sahabat yang ingin mencoba melacak lokasi hp yang hilang atau ingin menjadikan handphone-nya sebagai aplikasi pelacak untuk orang lain.

Cara Melacak Nomor HP :

Tutorial dan cara melacak hp dibawah ini memang sebelum di bagikan sudah admin coba dan hasilnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun menurut admin CaraGeo.com cara dibawah ini adalah yang akurat karena kami menggunakan lokasi yang berbeda sebelum mencobanya dan hasil yang didapatkan memuaskan. Apa saja caranya, simak dibawah ini :

  • Google Device Manager

adm

Google Device Manager adalah fasilitas gratis dari google untuk mengetahui lokasi dan posisi keberadaan hp android anda dari akun google yang telah login di smartphone. Jadi pastinya hasil dari aplikasi pelacak GDM ini akurat karena langsung sinkronisasi dengan google map.

Langkah Melacak HP dengan Google Device Manager :

  1. Anda pastikan akun gmail anda ingat user email dan passwordnya
  2. Login menggunakan laptop, komputer atau smartphone di website google
  3. Setelah berhasil login, Buka icon menu aplikasi google – Akun Saya (lihat gambar untuk lebih jelas)

g adm

  1. Lalu klik menu Temukan ponsel Anda dan klik Mulai

akun

  1. Kemudian pilih smartphone anda yang hilang, seperti di bawah ini hp yang saya gunakan Xiaomi Mi 4c

account

  1. Jika terjadi error saat pelacak lokasi hp, Anda bisa langsung ke google lalu searching “google device manager” lalu pilih menu yang paling atas, kemudian klik icon pelacak gps (lihat gambar untuk lebih jelas)

ab

  1. Nah seperti gambar di atas hp saya terletak di “Sidodadi, Kec. Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Indonesia – Akurat sampai 3.400 meter“, sangat terperinci bukan hasil yang didapatkan. Anda juga dapat menderingkan hp dari sini. Caranya, cukup klik saja deringkan maka hp sobat akan berdering sangat kuat. Catatan penting, Jjika hp anda hilang di curi maka langsung saja kunci hp tersebut dengan cara klik kunci pada opsi maka akan keluar seperti gambar ini.

login

  1. Anda cukup isi sandi baru dan konfirmasi sandi. Untuk text Pesan pemulihan maksudnya setelah anda mengganti sandi baru maka akan tampil pesan di handphone anda yang hilang. Menurut admin untuk pesan dan nomor telepon tidak perlu diisi karena text ini juga sifatnya opsional (pilihan).
  2. Karena jika hp anda telah dicuri orang lain, maka dia akan tahu bahwa anda sudah mengganti kata sandi yang baru dan tentu saja dia akan berhati-hati. Atau anda juga bisa gunakan pesan pemulihan ini dengan kata-kata yang menakuti untuk si pencuri sehingga ia akan takut dan mencoba mengembalikan hp anda.
  3. Selain menu Deringkan dan Kunci ada juga menu Hapus, maksud dari menu hapus ini ialah untuk menghapus semua data yang ada di hp anda seperti kembali ke produk pabrik (factory reset).
  • Aplikasi Mi Cloud

Khusus untuk cara yang ke-2 ini adalah bagi anda pengguna smartphone xiaomi, Anda dapat menggunakan aplikasi Mi Cloud yakni aplikasi yang memang dirancang khusus oleh pabrikan xiaomi untuk melacak lokasi hp. Namun, aplikasi Mi Cloud ini akan berfungsi ketika telah diaktifkan di smarphone.

Berikut ini cara mengaktifkan Mi Cloud :

  1. Masuk kemenu setting
  2. Pilih akun mi pastikan akun mi anda telah login, kemudian pilih Mi Cloud
  3. Aktifkan menu “Cari Perangkat” seperti gambar di bawah ini.

x

  1. Lalu kembali ke menu setting – cari setelan tambahan – pilih privasi – administrator perangkat
  2. Lalu aktifkan, seperti gambar di bawah

g

Cara Melacak Lokasi HP dengan Mi Cloud :

  1. Masuk kehalaman resmi Mi Cloud https://i.mi.com/
  2. Pilih bahasa indonesia pada menu bagian bawah untuk memudahkan anda menggunakan aplikasinya
  3. Masukanlah ke akun MI kemudian klik menu Cari Perangkat
  4. Pilih menu Online – Setelah itu pilih opsi location maka anda akan langsung disajikan lokasi hp xiaomi anda berada.

akun mi

  • Android Lost

Cara melacak lokasi hp yang ke-3 yakni menggunakan aplikasi “Android Lost”. Pada dasarnya untuk langkah pelacak hp sama saja namun kelemahaan android lost ini adalah anda sudah harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya di smartphone, baru fitur pencarian lokasi hp akan didapatkan.

Namun tidak ada salahnya aplikasi ini anda instal terlebih dahulu untuk menjaga – jaga sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan pada hp anda. Berikut ini cara dan step by step langkah pelacakanya.

Cara Melacak HP dengan Android Lost :

al

  1. Pastikan anda telah mendownload dan instal aplikasi android lost
  2. Aktifkan aplikasi android lost
  3. Buka halaman resmi http://www.androidlost.com/
  4. Masuk dengan email yang anda gunakan sebelumnya yang dibuat di android lost

andoridlost

  1. Terdapat beberapa menu yang lengkap di androidlost antara lain : controls, sms, dan logs. Anda dapat melacak keberadaan hp dengan klik menu Controls – Location
  2. Maka akan tampil map lokasi hp, klik view interactive jika posisi hp tidak jelas

view

  1. Jika anda mengklik view interactive map maka lokasi hp anda akan terlihat sangat jelas dengan google map seperti gambar di bawah ini

location

  1. Jika anda ingin lebih jelas lagi yang dapat melihat kondisi jalannya secara jelas dan yang di tuju oleh koordinat tersebut, klik saja icon gambar orang di bawah kanan seperti gambar di bawah ini

orang

  1. Lalu seret saja ke korrdinat tersebut, maka akan muncul jalan koordinat yang dituju seperti gambar di bawah.

jalan

  1. Selain itu banyak opsi lainnya, seperti alarm jika mengklik alarm maka hp anda akan berdering sangat kuat
  2. Ada juga untuk fasilitas untuk mengakses  front camera (kamera depan) dan rear camera (kamera belakang) jadi dengan cara ini, jelas anda akan dapat melihat orang yang menggunakan hp anda.
  3. Ada juga fasilitas “Lock Phone” untuk mengunci hp anda supaya tidak bisa di buka oleh pencuri.
  4. Dan masih banyak sekali opsi – opsi lainnya di android lost yang dapat anda gunakan.

Kesimpulan :

Dari ke-3 cara melacak no hp diatas pasti memiliki kelebihaan dan kekurangan, menurut admin cara yang pertama adalah cara yang paling tepat dan akurat, namun anda harus cepat melakukan proses pelacakan karena kesemua cara diatas tidak dapat berfungsi ketika hp tersebut sudah dinonaktifkan.

Demikianlah tutorial cara melacak lokasi hp anda yang hilang dengan akurat dan telah teruji, selalulah waspada dan hati-hati dalam menjaga smartphone anda. Pastikan pula hp anda diberikan kata sandi untuk menjaga keamaanan data yang ada didalam smartphone. Semoga Bermanfaat…

Baca Juga :
Cara Merawat Laptop Agar Awet
Tips Merawat Smartphone
Cara Menambah Follower Instagram