Virus – Virus Komputer yang Paling Berbahaya

Posted on

Conficker

Berbicara tentang virus komputer memang sudah sejak awal adanya komputer maka seiring itu juga virus pada komputer sudah dibuat. Namun dari sekian banyak virus disini carageo.com/blog memberikan beberapa ulasan virus – virus komputer yang berbahaya dari tahun ke tahun. Berikut ulasanya …

Virus – Virus Komputer yang Paling Berbahaya

Nimda – 2001

Nimda

Virus komputer Nimda pertama kali diketahui pada pertengahan September 2001, atau lebih tepatnya seminggu setelah serangan 9 September. Virus Nimda menyebar luas lewat media internet seperti email, web,iklan atau memanfaatkan celah keamanan yang ada pada server Web Microsoft Internet Information Services (IIS). Virus berjenis Worm ini dikabarkan dengan cepat berhasil melumpuhkan ratusan ribuan komputer di seluruh dunia dan sampai saat ini masih menyebar, namun dengan kecepatan yang lebih lambat.

Sasser – 2004

Sasser

Virus komputer Sasser dibuat oleh Sven Jaschan yang saat itu masih menjadi seorang mahasiswa Jerman yang berumur 17 tahun. Sasser menyerang Windows 2000 dan Windows XP dengan memanfaatkan vul

nerability hole dari sistem Windows tersebut. Virus komputer ini menyebabkan banyak komputer menjadi berjalan sangat lambat dan crash, yang kemudian menyebabkan beberapa kerusakan cukup berat. Virus worm ini memiliki beberapa variasi misalnya Sasser.E, varian pertama yang menyerang Mydoom dan Beagle, seperti Netsky.

Bagle – April, 2004Bagle

Virus komputer jenis Worm ini termasuk golongan virus pertama yang menyebarkan dirinya sebagai lampiran email lalu menyerang semua dari versi Microsoft Windows. Virus Bagle dirancang untuk membuka backdoor di mana remote user bisa mendapatkan kontrol atas komputer yang terinfeksi. Bagle muncul dengan subjek email yaitu “Hi” dan pesan “Test =)” diikuti dengan string karakter random dengan “Test, ya.” pada akhirnya. Nama lampiran adalah string huruf acak dengan file exe dan ikon yang sering terlihat seperti kalkulator Windows.

Blaster, aka Lovsan, aka MSBlast – 2003

Blaster

Pembuat virus komputer Blaster, aka Lovsan, aka MSBlast sepertinya menaruh dendam pribadi pada Bill Gates. Pasalnya, virus komputer Blaster pernah menginfeks lebih ratusan ribu komputer melalui ‘lubang kerentanan’ (vulnerability hole) pada Windows 2000 dan Windows XP. Virus ini akan membuka sebuah jelah dialog yang m2012engatakan kepada pengguna bahwa sistem akan mati dan kemudian komputer akan mati atau restart.

Dalam virus Blaster terdetek dua pesan dalam kode yang tertulis di gambar atas

Flame aka Flamer aka sKyWIper – 2012

Flame

Pernahkan kamu melihat sebuah sistem malware komputer yang sangat canggih hingga dapat menginfeksi komputer dengan menjalankan sistem operasi Windows dengan kemauannya? Flame atau Flamer dianggap sebagai virus tercanggih yang pertama kali ditemukan pada tahun 2012, hampir sama berbahayanya dengan virus komputer Stuxnet. Virus komputer Flame dipakai sebagai senjata cyber untuk menyerang beberapa wilayah di suatu negara. Awalnya ditemukan sebagai senjata yang menyerang komputer milik pejabat Iran namun malah menyebar sampai ke mancanegara.

Setelah ditemukan menginfeksi sejumlah sistem komputer di negara-negara Timur Tengah seperti Palestina, Israel, Lebanon, dan Suriah. Flame berukuran sangat besar dan bisa masuk ke dalam sistem hingga menyebar menjadi banyak bagian-bagian yang sangat kecil. Jika terjangkit virus komputer ini, maka komputer otomatis mengunduh file sebesar 6 MB yang berisi sekitar setengah lusin modul kompresi lain yang ada di dalamnya.

Duqu – 2011

Duqu

Duqu diduga mempunyai hubungan dengan virus komputer Stuxnet. Nama Duqu di berikan di Laboratory of Cryptography and System Security (CrySyS Lab) di Budapest University of Technology and Economics, di Hungaria. Peneliti tersebut menganalisis malware ini dan menulis laporan sebanyak 60 halaman dengan memberikan nama sebagai virus Duqu. Virus komputer ini dapat mengubah nama file data dalam komputer dengan awalan “~DQ”Malware ini ditemukan pertama kali pada awal September 2011.

Stuxtnet – 2010

Stuxtnet

Virus komputer Stuxnet adalah salah satu virus komputer paling berbahawya yang menjadi awal dari perangcyber di internet. Virus jenis malware ini muncul di pertengahan tahun 2010. Menyerang Sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). Menurut kabar yang beredar, awalnya AS membuat virus ini untuk menyerang sebuah fasilitas nuklir milik Iran.

Bukannya berdampak besar ke fasilitas Iran tersebut, virus ini malah menyebar dan menyebabkan kekacauan di jaringan internet seluruh duniayang pada akhirnya menyebabkan kekacauan yang lebih besar. Symantecsebagai sebuah perusahaan antivirus terkenal menyebutkan bahwa virus komputer Stuxnet lebih besar 50 kali lipat dari virus komputer biasa dan mereka belum bisa menemukan sumber virus tersebut.

Conficker – 2008

Conficker

Virus Conficker masuk dalam kategori virus komputer yang sangat berbahaya karena penyebarannya yang sangat cepat. Conficker pertama kali ditemukan pada Oktober 2008. Selain Conficker, virus komputer ini juga dikenal dengan nama DownupDomnadupWin32/Conficker.C, dan virus Kido. Virus komputer ini menyebar luas melalui OS Microsoft Windows dan paling banyak menyerang OS Windows XP. Heinz Heise memprediksi Conficker telah menginfeksi 2.5 juta PC pada 15 Januari 2009, sementara The Guardian memperkirakan 3.5 juta PC terinfeksi. lalu pada tanggal 16 Januari 2009, virus komputer ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC dan menjadikannya sebagai salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat.

Storm Worm – 2006

Stormworm

Virus komputer jenis Trojan House kali ini dapat mematikan dan sangat merusak bagi perangkat Anda. Storm Worm adalah software berbahaya yang pertama kali muncul pada tahun 2006 dan menyebar lewat pesan elektronik atau email yang di dalamnya diisi sebuah link. Banyak pengguna komputer mengeluh bahwa mereka menerima email sampah dengan isi “230 dead as storm batters Eropa”. Jika pengguna mengeklik linktersebut akan menyebabkan virus komputer Storm Worm menginfeksi komputer dan memungkinkan komputer dikendalikan dari jarak yang sangat jauh untuk menyebarkan email spam di internet.

BlackShades – 2014

BlackShades

BlackShades, virus komputer yang terbilang baru ini menjangkiti lebih dari 100 negara dan menyerang perangkat lunak pada komputer. Virus computer ini bekerja dengan cara mengambil alih komputer. Virus BlackShades atau yang sering disebut BlackShader ini memungkinkan hacker untuk mencuri informasi pribadi, menghentikan pesan penting dan membajak kamera pada komputer atau webcam untuk digunakan secara diam-diam demi suatu kepentingan hacker tersebut.

Baca Juga :