Cara Aman Membeli Barang Di Toko Online

Posted on

Screenshot_29 

Mungkin anda langsung percaya jika diperlihatkan foto dari website online bisa jadi website itu menipu, lebih baik anda menjelajahi terlebih dahulu website itu untuk berjaga – jaga walaupun website penjualan yang sudah terkenal anda juga harus berhati – hati karena di situ bukan cuma satu toko tetapi banyak sekali toko, artinya banyak penjual barang yang berada di website itu ini dia cara untuk menanggulangi penipuan di website online.

Belanja di toko online yang sudah terkenal atau yang dapat dipercaya

Screenshot_30

Belanjalah di toko online yang sudah terkenal seperti tokopedia, bukalapak dan masih banyak lainnya.

Walaupun sudah terpercaya tetap hati – hati dalam melakukan pembayaran karena walaupun sudah terkenal toko itu masih menggunakan toko – toko biasa sebagai penjual jika anda tertipu dan sudah membayar langsung saja laporkan ke toko tersebut supaya mereka mengurus sisanya.

 

Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja

Screenshot_32

Cara ini dilakukan jika Anda berbelanja gadgets pada toko online yang kurang familiar. Periksa kontak si penjual, lalu hubungi mereka. Kalau tidak meyakinkan, Anda bisa mencari ulasan tentang situs tersebut baik melalui google ataupun yahoo. Jika hasilnya tidak beres, maka lebih baik untuk meninggalkan saja.

 

Perhatikan kebijakan situs tersebut untuk pelanggannya

Screenshot_31

Anda harus megerti ini ketika anda berbelanja online, yaitu antara lain soal privacy statements (pernyataan terkait kerahasiaan barang) dan juga return policies (kebijakan soal mengembalikan suatu barang).

Jangan sampai anda membeli di website yang ada kata – kata memberikan kebijakan kepada orang lain.

Baca juga kebijakan untuk pengembalian barang.

Karena barang yang dibeli tidak dapat dilihat secara langsung, anda harus cari barang yang bergaransi jika tidak anda tidak bisa apa – apa jika barang yang dikirim rusak karena tidak memiliki garansi, tentu saja anda bisa mengembalikan barang cacat jika toko yang anda beli memiliki garansi dan pengembalian uang.

 

Berhati-hatilah saat melakukan pembayaran

Screenshot_33

Dalam system ini mungkin toko ingin anda melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau pun melewati indomaret atau alfamart.

Tetapi jika dengan kartu kredit anda mempunyai bukti kuat kalua anda telah melakukan pembayara.

Mungkin anda sebaiknya mewaspadai teknik phishing dan pharming itu adalah teknik penipuan online agar kartu kredit seperti milik mereka mereka akan mencoba untuk mencari informasi kalian.

Phishing adalah email penipuan yang seperti berasal dari suatu toko, bank ataupun perusahaan kartu kredit.

jika pharming, agak sulit di deteksi karena mereka melalui situs dari sebuah web toko online.

Mungkin akan lebih aman jika anda melakukannya dengan metode COD (Cash on Delivery). Dengan cara ini, kita bisa langsung bertemu dengan penjual serta barang yang akan dibeli.

 

Baca Juga :