4 Cara Ganti Password WiFi (ZTE,Huawei,Indihome,First Media)

Posted on

Cara Ganti Password WiFi – Apa anda ingin mengganti password wifi ZTE, wifi Huawei, wifi speedy atau wifi first media? jika ya, disini akan menjelaskan cara mengganti password wifi tersebut secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini!

cara ganti password wifi
cara ganti password wifi

1. Cara Ganti Password Wifi Huawei

Jenis modem yang satu ini sangat sering dipakai oleh Telkom yaitu Huawei. Modem Huawei yang sering dipakai ini memiliki beberapa tipe, yang sangat umum dipakai yaitu wifi huawei tipe hg8245h.

Berikut caranya dibawah ini mengganti password WiFi Speedy huawei untuk semua type :

  1. Pertama perhatikan terlebih dahulu IP Address pada modem tersebut yang biasanya terdapat di bagian bawah atau bagian belakang modem Huawei. Pada modem Huawei biasanya terdapat IP Address 192.168.1.254
  2. Lalu hubungkan komputer atau HP Android menggunakan jaringan WiFi tersebut.
  3. Selanjutnya buka Web browser anda seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera Mini. Lalu ketikan IP Address modem Huawei di bagian address bar/kolom pencari dan tekan Enter.
  4. Jika sudah, akan ada dashboard pengaturan modem tersebut yang akan terbuka. Kemudian masukkan username dan password anda. Jika anda belum pernah mengganti password isikan username “admin” dan password “admin“. Tetapi jika anda pernah mengganti passwordnya maka masukkan Username dan Password sesuai yang telah dibuat.
  5. Jika sudah berhasil masuk pada menu pengaturan modem Huawei. Klik opsi WLAN.
  6. Berikutnya masukkan password baru WiFi Huawei anda di kolom WPA pre-shared-key.

    wifi huawei
    wifi huawei
  7. Tetapi jika anda ingin mengganti nama dari WiFi tersebut. Ganti nama WiFi Huawei anda yang baru di kolom SSID.
  8. Setelah itu klik Submit untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  9. Terakhir coba sambungkan kembali koneksi wifi Huawei pada perangkat menggunakan password yang baru dibuat.

2. Cara Ganti Password Wifi ZTE

Selain memakai modem wifi Huawei. Telkom Speedy juga sering menggunakan modem wifi ZTE. Jika akan melakukan pengaturan modem ZTE sedikit berbeda pada pengaturan pada modem Huawei.

Berikut caranya dibawah ini menggganti password WiFi Speedy ZTE :

  1. Pertama perhatikan IP Address pada modem tersebut biasanya berada dibagian bawah modem.
  2. Lalu hubungkan komputer atau hp android menggunakan WiFi ZTE tersebut.
  3. Kemudian jalankan Web browser anda. Jika sudah, masukkan IP Address modem ZTE pada addres bar/kolom pencari. Biasanya Modem ZTE mempunyai IP Address 192.168.0.1 atau 192.168.1.1
  4. Jika sudah, masukkan username dan password anda. Jika anda belum pernah mengganti password tersebut masukkan username dan password “user” atau “admin“.
  5. Jika sudah berhasil masuk. Pilih pada bagian Network. Lalu pilih pada bagian WLAN dan pilih tab Security.
  6. Jika akan mengganti password. Masukan password baru di kolom WPA Passphrase. Kemudian klik Submit untuk menyimpan pengaturan tersebut.

    wifi zte
    wifi zte
  7. Selanjutnya apabila anda ingin mengganti nama WiFi tersebut pilih pada bagian SSID Settings. Lalu ganti nama SSID di kolom SSID Name dengan nama yang anda inginkan.
  8. Terakhir coba sambungkan kembali koneksi wifi ZTE pada perangkat menggunakan password yang baru dibuat.

3. Cara Ganti Password Wifi First Media

Cara yang selanjutnya untuk mengganti password wifi yaitu pada wifi modem first media. Caranya sangat mudah dan tidak terlalu berbeda pada cara yang sebelunya.

Berikut caranya dibawah ini mengganti password wifi first media :

  1. Anda dapat menggunakan komputer atau hp android dan sambungkan pada wifi tersebut.
  2. Buka web browser anda dan masukan alamat IP Addres wifi first media pada kolim pencarian/Addres bar. Umumnya IP addres pada wifi tersebut yaitu 192.186.100.1 atau 192.168.0.1
  3. Jika sudah, masukan username “admin” dan password “admin” pada kolom yang tersedia. Tetapi jika anda pernah mengganti password wifi tersebut, masukan username dan password anda.
  4. Kemudian akan muncul tulisan new password, tetapi anda abaikan saja dengan klik “Back” anda pilih bagian “Basic” yang akan menuju pada kolom SSID. Ganti pada bagian SSID dengan password baru, dan pilih “Apply“.
  5. Selesai, anda dapat mencoba sambungkan kembali koneksi wifi First media pada perangkat menggunakan password yang baru dibuat.

4. Cara Ganti Password Wifi Tp-Link

Banyak beberapa tipe modem TP-link yang sering dipakai oleh pihak Telkom Speedy. Tetapi untuk setiap modem tersebut memiliki cara pengaturannya yang sama.

Berikut caranya dibawah ini mengganti password wifi modem Tp-Link :

  1. Perhatikan IP Address pada modem Speedy Telkom. Biasanya IP Addres terletak pada bagian bawah modem tersebut.
  2. Lalu hubungkan komputer atau hp android menggunakan WiFi tersebut.
  3. Kemudian buka web browser menggunakan Google Chrome. Lalu masukan IP Addres pada address bar/kolom pencari dan tekan Enter. Umumnya modem tersebut memiliki IP Address 192.168.1.1 atau 192.168.0.1
  4. Selanjutnya akan tampil jendela pop up window dan masukkan User ID dan Password anda. Jika anda belum pernah mengganti password tersebut masukan username “admin” dan password “admin”. Kemudian klik Login.
  5. Jika anda berhasil Login pada tampilan pengaturan modem TP-Link. Berikutnya klik tab Interface Setup dan pilih bagian Wireless.
  6. Scroll kebawah sampai anda menemukan WPA2-PSK. Ganti kolom Pre-Shared-Key menggunakan password yang baru.

    wifi tp link
    wifi tp link
  7. Jika anda ingin mengganti nama WiFi tersebut. Ganti pada kolom SSID menggunakan nama yang anda inginkan. Kemudian klik Save untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  8. Anda dapat mencoba sambungkan kembali koneksi wifi Tp-Link pada perangkat menggunakan password yang baru dibuat.

Demikian pembahasan cara mengganti password wifi zte, huawei, Speedy dan wifi first media, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :