7 Cara Hemat Kuota Internet di Android

Posted on
Cara hemat kuota
Cara hemat kuota

CaraGeo.com – Mungkin sering kali paket internet selalu cepat habis dan membuat kita berfikir padahal selama pemakaian bisa terbilang hemat. Hal tersebut pastinya akan membuat anda mencari tahu bagaimana cara hemat kuota internet di android?

Selama penggunaan internet mungkin tidaklah boros, sesuai dengan pemakaiannya. Mungkin pada masalah kuota yang boros ada beberapa aplikasi yang tidak jalankan tetapi terhubung dengan internet maka kuota internet anda akan terus terpakai.

Banyak aplikasi atau game selalu menggunakan akses internet, hal ini di lakukan para developer game dan aplikasi tersebut untu memeriksa proses pembaruan, notifikasi, iklan dan update lainnya. Karena aplikasi dan game tersebut selalu menggunakan internet dan sudah pasti akan menguras banyak kuota internet anda.

Menanggapi masalah ini anda tidak perlu khawatir, anda bisa mematikan konektivitas internet untuk aplikasi dan game yang tidak dijalankan. Berikut dibawah ini cara hemat kuota internet diandoid, simak penjelasannya Gaes!

Cara Hemat Kuota Internet di Android

Aplikasi DroidWall – Android Firewall

Jika anda ingin menggunakan cara yang satu ini, smartphone android anda harus sudah di root dahulu. Tetapi jika anda belum melakukan root pada android anda dan tidak mengerti cara melakukannya. Anda bisa klik link ini Cara Root Hp Android

  1. Pertama download aplikasi DroidWall klik disini.
  2. Kemudian lakukan install dan buka aplikasi tersebut.
  3. Hapus semua centang dihalaman pertama pada aplikasi DroidWall.

    Hapus centang
    Hapus centang
  4. Lalu pilih aplikasi yang akan anda batasi penggunaannya atau block koneksi internet pada aplikasi.
  5. Jika semua sudah selesai, sekarang pada aplikasi yang tidak anda jalankan, tidak akan tersambung dengan koneksi internet. Kuota internet anda akan menjadi hemat.

Aplikasi Google Datally

Aplikasi Google Datally
Aplikasi Google Datally

Cara yang satu ini lebih mudah dibanding cara sebelumnya dalam menghemat kuota internet karena tanpa harus melakukan root pada android, anda hanya perlu menginstall aplikasi google Datally yang sudah terdapat di PlaySore.

Google Datally dapat mengontrol dan mengendalikan aplikasi apa saja yang telah berjalan di belakang Background walaupun Hp sedang tidak dipakai. Google sudah merekomendasikan aplikasi ini dapat menghemat kuota internet sampai 30% dan sudah didownload lebih dari 10 juta download. Klik link ini untuk mendownloadnya Google Datally

Pakai Aplikasi Browser Efisien

Pakai browser yang efisien
Pakai browser yang efisien

Aplikasi browser juga dapat membuat kuota internet terpakai dengan cepat khususnya browser default yang berasal dari asli bawaan smartphone. Untuk itu dapat menggunakan browser Opera Mini yang bisa membuat anda dalam menghemat kuota internet.

Kemudian Google Chrome juga dapat melakukan hemat kuota dengan cara dibawah ini:

  1. Jalankan aplikasi browser Google Chrome pada android anda.
  2. Lalu tap ikon tiga titik yang berada pada kanan bagian atas.
  3. Kemudian pilih opsi menu Settings.
  4. Selanjutnya klik Bandwith dan klik Data Saver untuk nonaktifkan data saving.

Pakai Aplikasi Mailbox

MailBox
MailBox

Untuk penggunaan email juga dapat membuat kuota internet cepat habis seperti membuka, mengirim email dan mendownload file attachment. Untuk itu anda harus menggunakan aplikasi Mailbox dari Dropbox yang bisa menyimpan data agar kuota menjadi hemat.

Ubah Fitur Maps Kedalam Mode Offline

Mode offline Maps
Mode offline Maps

Cara menghemat kuota internet tanpa menggunakan aplikasi ini cukup efektif dalam mengurangi pemakaian kuota internet. Perlu kamu ketahui, bahwa aplikasi Maps sebenarnya sangat banyak menguras paket data jika anda menggunakan seperti turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time, layanan built-in navigation, dan melihat map menggunakan mode satellite.

Berikut dibawah ini hemat kuota dalam aplikasi Maps:

  1. Rubahlah mode online kedalam mode offline di pengaturan aplikasi Maps.
  2. Kemudian pada platform android, pilih Search Bar yang ada di atas pada aplikasi Maps.
  3. Lalu geser layar ke bawah sampai anda menemukan opsi menu “Save map to use offline” atau “Offline Areas“.
  4. Selanjutnya untuk platfom iOS, anda hanya perlu mengubah mode online ke dalam flight mode.

Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi Pada Akun

Sinkronisasi Akun
Sinkronisasi Akun

Apa anda menyadari banyak akun yang telah terhubung secara otomatis pada android untuk menguras kuota internet. Anda dapat nonaktifkan sinkronisasi otomatis ini pada akun-akun yang sudah tidak dipakai lagi. Caranya dibawah ini:

  1. Masuk kedalah pengaturan Menu Settings di android anda.
  2. Lalu pilih opsi Accounts.
  3. Kemudian pilih akun yang sudah tidak diinginkan atau ingin di nonaktifkan untuk disinkronisasikan.

Batasi Penggunaan Mobile Data

Batasi penggunaan data
Batasi penggunaan data

Cara yang terakhir untuk menghemat kuota internet yaitu dengan membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan sebuah peringatan atau notifikasi.

Anda dapat menggunakan fitur data usage warning dan limit system built-in yang letaknya berada pada platform Android, jadi anda akan mendapat sebuah peringatan/notifikasi ketika selama pemakaian kuota internet melebihi batas yang telah ditentukan. Caranya dibawah ini:

  1. Masuk kedalam menu Settings.
  2. Lalu Pilih opsi Data usage.
  3. Kemudian klik opsi Celular data.
  4. Terakhir pilih Set cellular data limit dan tap untuk aktifkan mode tersebut.

Itulah cara hemat kuota internet di smartphone android yang perlu anda ketahui, kita memang pengguna internet yang aktif. Tetapi kita juga perlu mengetahui cara menghemat kuota internet, semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :