6 Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Mengubah ke Pabrikan Awal (Reset)

Posted on

Smartphone dalam keadaan terkunci dan terkendali adalah suatu hal yang membuat kita merasa nyaman dari tangan – tangan orang jahil. Di smartphone Android, terdapat macam – macam lockscreen yaitu berbentuk Pola, PIN (password berupa huruf dan angka), atau sensor finger print.

Namun, sering kali kita lupa Sandi yang sudah kita tentukan sebelumnya. Hal ini membuat smartphone tidak dapat di akses. Nah, berikut saya memiliki 7 cara yang perlu dilakukan untuk membuka smartphone lupa kata sandi tanpa harus mengembalikan ke pabrikkan awal atau reset.

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi

  1. Menggunakan Device Manager

Android Device Manager

Cara pertama agar membuka hp lupa kata sandi adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Anda bisa menggunakan akses layanan (browser) melalui smartphone teman Anda atau komputer. Pastikan, bahwa Anda login atau masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone harus terhubung dengan koneksi internet.

android device managerKemudian buka link di samping ini https://www.google.com/android/devicemanager

jika sudah maka di sana terdapat 3 pilihan, yaitu Ring, Lock, dan Erase. Lalu, Anda pilih lock atau kunci. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan smartphone atau perangkat Anda, maka klik tombol refresh pada browser yang Anda gunakan beberapa kali.

Ketika sudah klik di tombol lock atau kunci. Maka Anda akan di minta untuk memasukkan sandi baru. Sandi tersebut mengganti pola, PIN, atau password lama yang Anda lupakan.

Selanjutnya, ketik password yang kedua kali untuk konfirmasi password pilihan Anda, lalu klik tombol lock atau kunci. Setelah itu, tunggu sekitar 5 menit. Jika selesai, maka Anda sekarang seharusnya dapat membuka smartphone Anda yang terkunci dengan password yang baru Anda buat.

  1. Menggunakan Samsung Find My Mobile

Samsung Find My Mobile

Jika cara yang pertama tidak berhasil dan secara kebetulan Anda menggunakan smartphone Samsung. Maka Anda bisa mencoba melalui layanan yang serupa dengan Android Device Manager namun secara khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Berikut adalah caranya :

  • Buka link ini https://findmymobile.samsung.com/ dari browser Anda
  • Login ke akun Samsung (jika belum punya buatlah terlebih dahulu)
  • Jika Anda belum pernah mengatur metode Samsung maka ini tidak akan berjalan / bekerja.
  • Setelah Anda login ke akun Samsung, klik tombol lock my screen di panel sebelah kiri
  • Masukkan PIN baru dan klik tombol lock.
  • Tunggu sekitar 2 – 3 menit
  • Selesai
  1. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

fitur forgot pattern

Jika perangkat Anda masih menggunakan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah di bawahnya. Maka Anda bisa menggunakan fitur di perangkat Anda yakni fitur Forgot Pattern.

Setelah 5 usaha gagal, Anda akan melihat pesan yang berisikan “coba lagi dalam 30 detik” mulai dari sini Anda pilih Forgot Pattern, yang etaknya berada di bagian bawah layar.

fitur forgot pattern

Biasanya ada 2 hal metode yang tersedia, yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun google Anda. Jika Anda memilih yang kedua, Google akan mengirimkan sebuah email dengan pola pembuka kunci atau Anda juga dapat mengubahnya saat itu juga.

  1. Menggunakan ADB Untuk Menghapus Password

Menggunakan ADB untuk mengahpus password

Cara berikut hanya akan bekerja jika sebelumnya Anda telah mengaktifkan USB Debugging dan Anda memiliki komputer yang sebelumnya sudah pernah Anda hubungkan dengan smartphone melalui ADB. Jika Anda sudah pernah melakukan root atau instal custom ROM pasti sudah tidak asing dengan proses yang ini.

Mulai lah dengan menghubungkan smartphone Anda dengan komputer melalui USB Portable (kabel data). Kemudian buka Command Prompt di direktori instalasi ADB Anda. Dari sini, ketiklah perintah hal berikut, kemudian tekan Enter.

Menggunakan ADB untuk mengahpus password

 

 

Langkah selanjutnya, reboot smartphone Anda dan harusnya sandi di lockscreen Anda sudah tidak ada. Tapi, ini hanya sementara, jadi pastikan bahwa Anda menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot selanjutnya.

  1. Menggunakan Safe Mode

safe mode

 Seperti yang Anda ketahui, banyak sekali aplikasi pengaman lockscreen di Android. Beberapa diantaranya sangatlah mengesankan, karena mampu mengubah sebuah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit bahkan tanggal dan status baterai. Tapi, terkadang terjadi bug dan Anda tiba – tiba tidak masuk ke smartphone Anda.

Nah, jika permasalahannya datang dari App (Aplikasi) dari pihak ketiga, maka Anda bisa melakukan boot ke safe mode. Caranya beragam, tergantung dari jenis – jenis dan merk smartphone yang Anda gunakan. Anda bisa browsing menyesuaikan jenis smartphone Anda.

Jika berhasil masuk ke safe mode, kunci layar dari App pihak ketiga sementara dinonaktifkan. Nah, dari sini Anda dapat langsung uninstall App tersebut kemudian reboot smartphone Anda untuk keluar dari safe mode.

  1. Membuat Crash Lockscreen

membuat crash lockscreen

 Metode ini pada dasarnya memanfaatkan bug pada smartphone yang sudah menjalankan 5.0-5.1.1 Lollipop. Selain dari itu, metode ini tidak akan berjalan. Berikut caranya :

  • Tekan panggilan darurat yang muncul di layar kunci
  • Gunakan antar muka dialer dan kemudian masukkan 10 tanda binatang
  • Kemudian klik 2x untuk menyorot teks yang Anda masukkan dan pilih copy
  • Ulangi lagi, kemudian paste di situ agar jumlah karakter bintangnya menjadi 2x lipat
  • Ulangi proses ini agar menambahkan lebih banyak lagi karakter sampai pada batasnya.
  • Kemudian, kembali ke layar kunci dan buka shortcut
  • Tarik jendela notifikasi dan tekanlah icon settings, maka kamu diminta untuk memasukkan pssword.
  • Tekan lah yang lama di kolom input dan pilih paste
  • Kemudian ulangi proses ini, sampai kunci layar akan crash dan memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh antarmuka smartphone Anda.

Itulah 6 cara yang saya jelaskan untuk membuka smartphone yang lupa kata sandi tanpa harus mereset ke pabrikan awal. mohon maaf bila ada salah kata dan pengetikan yang kurang berkenan. kritik dan saran mohon tinggalkan komentar. semoga bermanfaat terimakasih 🙂