5 Cara Membuka HP Yang Terkunci / Lupa Pola Dengan Mudah

Posted on
Cara Membuka HP Yang Terkunci
Cara Membuka HP Yang Terkunci

CaraGeo.com – Pada smartphone android telah tersedia berbagai jenis pengunci hp seperti pola sandi, password yang memiliki kombinasi angka dan huruf, PIN, Sensor Fingerprint, sampai juga sensor pengenalan wajah. Tetapi pada umumnya banyak para pengguna smartphone melupakan sandi sudah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu disini akan dibahas tentang cara membuka Hp yang terkunci atau lupa pola dengan sangat mudah.

Jika kita lupa pola atau PIN pada perangkat android, maka smartphone anda tidak dapat dibuka dan digunakan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut dibawah ini cara membuka Hp yang terkunci atau lupa pola tanpa harus melakukan factory reset. Simak penjelasannya dibawah ini!

Cara Membuka HP Yang Terkunci / Lupa Pola

Dengan Android Device Manager

Android Device Manager
Android Device Manager

Cara membuka hp yang terkunci pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Anda bisa menggunakan cara ini pada browser smartphone lainnya atau menggunakan sebuah komputer untuk mengunjungi layanan tersebut.

Menggunakan cara ini anda diharuskan login dengan akun google yang sama dengan akun google yang ada dihp terkunci dan pastinya memerlukan koneksi internet untuk mengakses layanan ini.

Kemudian anda kunjungi situs link Android Device Manager. Pada halaman tersebut terdapat beberapa pilihan yakni , deringkan (Ring), Kunci (Lock) dan Hapus (Erase). Anda klik tulisan Kunci (Lock), Jika saat mengunjungi situs ini ada kesulitan ketika akan menemukan perangkat anda, klik tombol refresh/F5 atau muat ulang halaman berulang kali sampai berhasil menemukanya.

New lock screen
New lock screen

Jika anda sudah klik tombol Kunci (Lock), anda akan diminta untuk memasukan sandi baru untuk menggantikan sebuah sandi , pin, pola atau password yang lama pada hp yang terkunci. Tuliskan password baru pada kolom new Password, lalu confirm password dan isi pilihan pada kolom yang selanjutnya, kemudian klik pada tombol kunci(lock), tunggu proses kira-kira 5 menit untuk dapat membuka hp yang terkunci dengan password yang baru dibuat.

Dengan Find My Mobile

Find My Mobile
Find My Mobile

Jika anda melakukan cara pertama tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini dan layanan ini bermerk Samsung, anda bisa menggunakan layanan dari Samsung yaitu Find My Mobile. Caranya buka situs find My Mobile pada browser yang anda gunakan, lalu lakukan login ke akun Samsung. Agar pada layanan ini bisa bekerja, akun Samsung pada hp yang terkunci sudah anda buat sebelumnya.

lock my screen
lock my screen

Jika anda sudah melakukan login pada akun Samsung, kemudian klik tombol lock my screen pada panel bagian sebelah kiri, lalu masukan Pin Baru dan klik Lock. Saat proses berlangsung 2 menit, pola/sandi lockscreen sudah dirubah pada PIN baru yang sudah anda buat dan gunakanlah PIN baru untuk membuka kunci hp anda.

Dengan Forgot pattern

Forgot pattern
Forgot pattern

Pada handphone yang memiliki versi android 4.4 kitkat atau lebih rendah, anda tetap dapat menggunakan fitur pada forgot pattern. Pada saat lima kali usaha yang gagal dengan sandi/pola yang lupa dan mengakibatkan hp terkunci anda dapat melihat pesan yang berisi “ coba lagi dalam 30 detik”. Pada bagian itu anda bisa memilih forgot pattern, yang letaknya pada bagian bawah layar hp. Seperti gambar diatas.

masuk Forgot Pattern
masuk Forgot Pattern

Jika anda sudah klik forgot pattern akan ada dua pilihan metode , yaitu dengan menjawab sebuah pertanyaan keamanan atau diharuskan masuk dengan akun google anda. Jika anda memilih metode yang kedua, pihak google akan mengirimkan lewat email untuk pola kunci layar hp anda dan bisa juga dengan mengubah sandi/pola di fogot pattern.

Dengan ADB

Membuka hp yang terkunci atau lupa pola cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan ADB, cara ini bisa bekerja jika anda sebelumnya sudah mengaktifkan metode USB Debugging dan memiliki komputer/laptop yang pernah terhubung dengan hp melalui metode ADB. Jika anda pernah melakukan root atau install Custom ROM pastinya anda sudah mengerti cara yang satu ini.

Buka CMD dan ketikan perintah
Buka CMD dan ketikan perintah

Langkah pertama yaitu dengan menghubungkan hp anda pada komputer/laptop menggunakan kabel data/Kabel USB, kemudian buka jendela command promt(CMD) pada direktori instalasi ADB anda. Lalu tuliskan perintah berikut ini adb shell rm /data/system/gesture.key jika sudah tekan Enter.

Berikutnya , Reboot hp anda dan seharusnya sandi/pola pada lockscreen tidak ada lagi, tetapi ini hanya bersifat sementara saja. Pastikan anda harus sudah menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot ini.

Dengan Safe Mode

Safe Mode
Safe Mode

Anda bisa mengetahui terdapat banyak sekali aplikasi untuk pengaman lockscreen di smartphone android. Contohnya seperti aplikasi pengunci layar yang bisa mengubah sandi sesuai dengan kombinasi tanggal, jam dan menit, hingga status baterai.

Tetapi terkadang ada sebuah bug yang secara tidak diketahui anda tidak bisa membuka smartphone android anda, yang artinya hp anda terkunci tidak dapat dibuka.

Pada kasus yang seperti ini, permasalahannya terletak pada pihak ketiga, anda bisa melakukan cara ini dengan boot ke safe Mode. Caranya berbeda-beda sesuai jenis dan merk smartphone android.

Silahkan anda cari dulu untuk masuk metode yang sesuai dengan hp anda dalam masuk safe mode. Jika anda sudah berhasil masuk kedalam safe mode, maka kunci layar dari pihak ketiga yang sifatnya sementara akan dinonaktifkan. Hal seperti ini anda bisa melakukan uninstall pada aplikasi tersebut, lalu lakukan reboot hp anda untuk keluar dari Safe Mode.

Itulah cara membuka HP yang terkunci karena lupa sandi atau Lupa Pola pada smartphone android anda, semoga dengan membaca artikel ini hp anda yang terkunci dapat dibuka kembali. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :