Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak atau Tidak Terbaca 100% Berhasil

Posted on

sd card

Kartu SD (SD Card) atau yang sering kita sebut memori eksternal. SD Card merupakan salah satu perangkat yang paling dicari dan dibutuhkan saat ini. Walaupun sudah banyak sekali gadget yang mempunyai memori internal yang besar, tetap saja pengguna kiga membutuhkan memori eksternal (MicroSD) untuk menyimpan data-datanya.

Mungkin kalian pernah mengalami masalah memori yang tidak terbaca (damage), dengan memori yang tidak terbaca alhasil akan menyulitkan kita untuk memindahkan data data yang ada di dalam memori tersebut. Untuk mengatasi masalah memori card yang tidak terbaca di Android, makan mimin CaraGeo  memiliki empat cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki memori tersebut.

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak atau Tidak Terbaca

Cara 1: Bersihkanlah kartu memori kalian

cara pertama untuk mengatasi masalah kartu memori yang tidak terdeteksi adalah dengan cara  mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kalian sudah mematikan gadget terlebih dahulu sebelum mencabutnya.

Bersihkan lempengan tembaga yang ada di kartu memori (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang berwarna putih). Gosoklah perlahan sampai bersih.

Jika kalian yakin sudah bersih, masukkan kembali kartu memori ke dalam slot memori setelah itu periksa apakah kartu memori sudah terbaca atau belum.

Cara 2: Dengan Cara Melakukan Format dari Android

Masuk ke menu Setting -> Storage.

Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih dan seperti baru. Disetiap smarphone berbeda beda cara menghapus atau memformat sd card.

Cara 3: Mengecek Error Melalui PC atau laptop

Hubungkan Smartphone kalian ke laptop ataupun PC dengan kabel data.

Pastikan smartphone kalian telah terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).

Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, lalu pilih Properties > Tools > Error Checking, setelah itu tunggu hingga semua proses selesai.

Eject kartu memori kalian, setelah itu cek apakah sudah terbaca atau belum kartu memori kalian.

Cara 4: Format Melalui PC atau Laptop

Jika kartu memori (MicroSD) kalian telah terbaca dan terlihat baik-baik saja di laptop, tetapi tetap tidak terbaca jika di smartphone kalian. Coba gunakan cara ini:

Buat folder baru di HardDisk di laptop kalian, lalu beri nama sembarang asal kalian ingat jika folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara atau yang sering disebut file backup isi kartu memori yang rusak tadi.

Salin (coppy) semua yang ada didalam kartu memori tersebut lalu tempel (paste) ke dalam folder yang telah kalian buat tadi.

Jika kalian sudah yakin tersalin semua, maka formatlah kartu memori tersebut.

Lalu balikkan semua data data yang ada di folder tadi ke dalam memori yang sudah diformat tadi.

Sekarang cek kembali, apakah masih gagal atau sudah berhasil.

Jika tetap gagal juga, maka memang kartu memori tersebut cacat dari pabriknya. Apabila kalian ingin membeli kartu memori baru pastikan memilih dengan kualitas yang baik lebih mahal sedikit lebih baik karna ada harga ada kualitas.

Baca Juga :
6 Cara Merawat Laptop 100% Awet dan Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Software Dan Hardware Di Smartphone
Cara Menghapus Virus Shortcut Di Flashdisk (100% Berhasil)