Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Dengan Mudah

Posted on
Cara Mempercepat Koneksi Internet
Cara Mempercepat Koneksi Internet

CaraGeo.com – Kehadiran internet sekarang ini sudah dapat dibilang layaknya seperti kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap pekerjaan saat ini memerlukan koneksi internet. Sekarang yang menjadi masalah yaitu koneksi internet di Indonesia yang tidak stabil atau jaringan yang lemot. Namun, ada beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet yang bisa anda lakukan.

Sebelum membahas ke pembahasan selanjutnya , kita bahas terlebih dahulu kenapa internet tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak yang berpendapat semua itu karena banyaknya para pengguna android atau ponsel pintar seperti komputer.

Untuk memanfaatkan koneksi internet secara optimal, android harus bisa terhubung kedalam internet. Memakai koneksi internet yang bagus, maka akan semakin lancar dalam menggunakan internet. Kemudian, mungkin ada beberapa dari kita yang merasa jika internet mati, maka akan merasa seperti orang bingung. Koneksi internet yang lemot tentu saja kita sangat kesal sekali, apalagi jika koneksi internet mati.

Hal ini dibahas untuk anda yang tidak ingin koneksi internet lambat, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet di Android, Berikut penjelasan cara mempercepat koneksi internet diAndroid:

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

# Gunakan Ad-Blocker

Gunakan Ad-Blocker
Gunakan Ad-Blocker

Jika saat ini masalah koneksi internet yang lemot akibat layanan operator yang sangat buruk. Hal ini karena lambatnya kecepatan koneksi internet pada android juga dipastikan oleh berbagai hal, contohnya seperti tidak memblokir iklan.
Melakukan pemblokiran pada iklan di browser, anda bisa memakai browser yang dilengkapi dengan Ad Blocker, seperti Opera Browser dan UC Browser.

# Hapus Cache

hapus cache
hapus cache

Cache merupakan salah satu hal yang sudah dilupakan ketika anda merasa koneksi internet di Android lambat. Hal ini disebabkan banyak aplikasi pada android yang menggunakan internet. Karena aplikasi yang sering dipakai, kemungkinan akan menyimpan cache yang apabila dibiarkan saja akan menumpuk sampai semakin banyak dan akan membuat kinerja hp menjadi lambat.

Kenapa hal ini terjadi? Karena jika file cache yang menambah banyak akan memakan memori penyimpanan internal android dan efeknya akan sangat berpengaruh terhadap koneksi internet.

Pada masalah cache yang satu ini, ada dua cara dalam mempercepat koneksi internet di Android yang dapat anda lakukan. Pertama yaitu anda bisa memanfaatkan aplikasi pembersih contohnya One Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

Tetapi jika anda ingin tahu membersihkan secara maksimal, anda bisa menghapus semua file cache satu per satu dengan masuk pada ke menu settings – aplikasi – pilihlah aplikasi yang ingin dihapus cachenya – clear cache – Kemudian ikuti langkah berikutnya pada aplikasi lainnya.

# Pakai Jaringan 3G Only atau 4G Only

Pakai Jaringan 3G Only atau 4G Only
Pakai Jaringan 3G Only atau 4G Only

Jika pada smartphone android anda sudah tersedia jaringan 3G dan 4G, atur kecepatan jaringan dengan pilihan itu. Mengaktifkan jaringan 3G atau 4G sangat mudah, pilih menu setting > more > mobile network > network mode > pilih jaringan yang akan dipilih 3G only atau 4G only.

Anda juga bisa memakai aplikasi 3G atau 4G Speed Optimizer, fungsinya untuk mempercepat koneksi Internet sampai 200%. Aplikasi yang sangat canggih ini beroperasi dengan cara memberikan tweak khusus yang bisa memberikan anda pilihan untuk mengatur dan memilih kecepatan pada koneksi Internet sesuai keinginan. Tetapi sayangnya untuk menggunakan aplikasi ini, android anda harus di root terlebih dahulu.

# Gunakan VPN

Gunakan VPN
Gunakan VPN

Ada beberapa aplikasi VPN yang sudah ada pada Google Play Store, tinggal anda pilih mana yang memiliki rating terbaik. Selain untuk mempercepat koneksi internet pada android, aplikasi VPN bisa digunakan dalam membuka situs yang diblokir oleh provider internet. Jika ingin menggunakannya pastikan anda sudah terhubung dengan IP di negara yang benar.

# Matikan Tethering

Matikan Tetring
Matikan Tetring

Tethering adalah sebuah aktivitas yang memiliki fungsi untuk menjadikan android menjadi semacam hotspot/wifi. Anda bisa menjadikan android sebagai WiFi portable yang bisa digunakan koneksinya untuk orang lain.

Tetapi, karena koneksi internet yang terbagi-bagi, maka anda harus berbagi juga seperti bandwith dengan andorid/perangkat lain. Jika anda menginginkan koneksi internet lebih cepat, tentu saja cara ini harus anda lakukan, sehingga hasilnya akan membuat koneksi internet tertitik kembali pada android anda.

# Setting User Agent

setting user agent
setting user agent

Saat ini sudah banyak situs web yang sudah dibuat responsif tampilannya agar dapat secara otomatis bisa menyesuaikan ukuran jika dibuka melalui perangkat seperti smartphone,tab atau gadget lainnya yang memiliki ukuran berbeda. Walaupun demikian terkadang masih banyak orang yang ternyata tetap memakai tampilan situs web komputer untuk hp.

Hal ini yang bisa membuat koneksi internet lebih berat. Cara mengatasinya, anda bisa mengubah user agent pada browser menjadi mobile. Perubahan user agent ini bertujuan untuk agar halaman web dikompres sesuai dengan tampilan android yang digunakan.

Demikian pembahasan tentang cara mempercepat koneksi internet pada smartphone android, semoga setelah melakukan cara-cara diatas koneksi internet anda menjadi lancar dan kebut, terima kasih🙂

Baca Juga :