Cara Menambah, Memformat, Menghapus dan Menggabungkan Partisi Hardisk

Posted on

harddisk

Jika kalian membeli laptop atau PC baru dan sudah terinstall windows, pasti kalian menyadari bahwa satu partisi yang sengaja dibuat berkapasitas besar di harddisk kalian. Contohnya, jika PC Anda memiliki harddisk 500 GB, biasanya pabrikan akan menyetel satu partisi dengan ukuran lebih besar dimana pada partisi tersebut digunakan untuk Operasi System (OS) Windows di dalamnya.

Rata-rata pengguna PC lebih suka memiliki banyak partisi untuk menghindari kehilangan data saat menginstall ulang Windows. Jika partisi “C” kalian memiliki ukuran terlalu besar dan ingin membaginya menjadi beberapa partisi, kalian dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

Mengenal Disk Management

Dalam Windows, membuat partisi windows dinamakan Disk Management. Dengan adanya Disk Management, pengguna dapat mengganti ukuran partisi ( resize ), membuat partisi ( create ), menghapus partisi ( delete ) dan memformat partisi ( format ).

Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 pun sudah terdapat fitur Disk Management yang akan memudahkan pengguna mengelola hardisk. Disk Management pada Windows hampir sama semua, Untuk menggunakan Disk Management cukup mudah, kalian bisa lihat caranya dibawah ini.

  1. Kalian tekan lambang Windows + huruf R pada keyboard atau klik menu search dan ketikan perintah berikut diskmgmt.msc

cara membuat partisi harddisk

  1. Selanjutnya kalian akan dapat langsung melihat tampilan awal dari Disk Management seperti dibawah ini.

cara membuat partisi harddisk1

Didalam Disk Management, kalian akan melihat semua perangkat penyimpanan yang ada di PC. Termasuk flashdisk dan hardisk external. Dalam contoh diatas, mimin  memiliki 3 hardisk di PC, jadi yang terlihat  Disk C, Disk F dan Disk E jika memiliki lebih dari 1 hardisk maka akan terlihat Disk 0, Disk 1, Disk 2 dan seterusnya.

Catatan : Disk Management Windows hanya dapat support file sistem NTFS, FAT dan FAT 32.

Cara Memformat Partisi Harddisk

Disk Management mengizinkan pengguna untuk memformat partisi Hardisk. Format bertujuan menghapus seluruh data pada partisi yang dipilih tidak harus menghapus partisi itu sendiri. Caranya juga sangat mudah.

  1. Buka Disk Management.
  2. Klik kanan pada partisi yang akan di format dan pilih format. Selanjutnya pada bagian Volume Label, kalian pilih nama partisi baru yang ingin diformat nanti ( bebas ). Pada bagian File System kalian bisa tentukan file system partisi yang diformat nantinya, bisa FAT / FAT32 atau NTFS. Jika sudah klik OK lalu OK lagi dan tunggu beberapa menit.

Cara Menghapus Partisi Harddisk

Menghapus Partisi berbeda dengan format, jika format hanya menghapus data, maka Delete ( Menghapus Partisi ) akan menghapus partisi yang dipilih dan mengubahnya kembali menjadi Unallocated Partition. Caranya juga mudah sekali yaitu dengan cara :

  1. Buka Disk Management.
  2. Klik kanan pada partisi yang ingin di hapus dan pilih Delete Volume. Setelah itu akan muncul pesan konfirmasi, jika kalian sudah yakin ingin dihapus cukup klik OK.

Cara Menambah Partisi Harddisk

Sekarang kita akan memecah partisi menjadi 2 bagian. Memecah partisi ini cukup penting karena kita dapat membagi tempat penyimpanan data. Caranya sanga mudah, mari kita lihat dibawah ini.

  1. Buka Disk Management
  1. Sekarang klik kanan pada partisi yang ingin dipisah lalu pilih Shrink Volume dan klik Next lalu tunggu beberapa saat.

  1. Pada bagian Enter The Amount of Space to Shrink in MB, kalian pilih besarnya ukuran partisi baru yang akan kalian buat. Formatnya harus dalam Mega Byte (MB) bukan Giga Byte (GB). Misalkan kalian ingin membuat partisi baru sebesar 50 GB, maka ketik 50000 MB karena 1 GB kurang lebih 1000 MB.

Contoh dibawah ini mimin ingin membuat partisi baru sebesar 50 GB atau 50000 MB dan jika sudah klik Shrink lalu tunggu beberapa saat.

  1. jika sudah selesai, nantinya akan muncul partisi baru seperti dibawah ini

Cara Menggabungkan Partisi Harddisk

Contohnya mimin akan menggabungkan antara Partisi 1 dengan partisi disebelahnya. Caranya adalah

  1. Buka Disk Management.
  1. Klik kanan pada partisi yang akan diperbesar dan pilih Extend Volume. Selanjutnya kalian akan ditampilkan langkah-langkah otomatis menggabungkan partisi bernama Extend Volume Wizard. Kalian klik Next.

  1. Perhatikan, kalian tidak dapat menggabungkan antara partisi yang berbeda hardisk. Pada contoh ini saya hanya memiliki 1 buah partisi Unallocated sebesar 50 GB ( 50000 MB ) dan jika sudah klik Next lalu Finish dan tunggu beberapa saat.
  1. Sekarang yang awalnya partisi hanya 144,58 GB sekarang sudah menjadi 193,40 GB.

Itulah cara menambah, memformat, menghapus, dan menggabungkan partisi harddisk menggunakan disk management yaitu aplikasi bawaan dari windows. Semoga Bermanfaat….

Baca Juga :
Cara Cepat Belajar Mengetik 10 Jari
Cara Mengunci Folder Tanpa Software
Cara Mengetik Bahasa Arab Di Microsoft Word
Macam – Macam Hardware Komputer Dan Fungsinya