Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang dan Penyebabnya

Posted on
cara mengatasi aplikasi tidak terpasang
cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

CaraGe0.com – Perkembangan teknologi semakin maju khususnya pada smartphone android yang telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Karena ponsel pintar ini memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat ketika akan telepon, SMS, email, browsing, chatting, game, dan masih banyak lagi.

Tidak heran jika smartphone android bisa digunakan sebagai bisnis, pekerjaan, tugas sekolah, dan kepentingan lainnya. Sudah banyak aplikasi bawaan smartphone android atau kita juga bisa download aplikasi lewat layanan Play Store yang didalam terdapat game, aplikasi, komik, dll.

Walaupun Playstore telah menyediakan banyak layanan game atau aplikasi lainnya dan tak heran juga jika ada beberapa aplikasi yang mengalami masalah seperti aplikasi tidak terpasang atau tidak dapat di dowenload di smartphone android anda.

Menanggapi masalah tersebut disini akan dijelaskan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android dengan mudah, simak penjelasannya Gaes!

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Kenapa ada beberapa aplikasi yang tidak terpasang di android? Berikut dibawah ini penyebab yang telah membuat aplikasi gagal atau tidak bisa terpasang di smartphone android anda:

  1. Ada Aplikasi Lain Yang Aktif

    Jika ada aplikasi lain sedang aktif di smartphone android anda saat akan memasang aplikasi baru kemungkinan menjadi masalah salah satu penyebab terjadi bentrok antar aplikasi tersebut. Seharusnya anda harus cepat mengatasi masalah ini karena dapat mempengaruhi kegagalan saat akan melakukan proses install aplikasi, atau dapat juga membuat kinerja sistem operasi android anda menjadi lemot, dan baterai android juga akan cepat habis

  2. Terlalu Sering Install Ulang atau Uninstall Pada Aplikasi
    Terlalu sering uninstall aplikasi
    Terlalu sering uninstall aplikasi

    Jika anda sering melakukan cara uninstall atau install ulang pada aplikasi di android, hal tersebut bisa membuat faktor terhadap aplikasi baru yang akan install mengalami masalah. Karena disaat anda melakukan uninstall atau install ulang pada aplikasi akan meninggalkan folder kosong atau spam di android anda.

  3. Memori Smartphone Android Penuh

    Masalah ini juga menjadi alasan kenapa aplikasi tidak bisa terpasang di android anda. Pada memori android yang sudah penuh, aplikasi baru tidak bisa terpasang karena aplikasi baru yang akan anda install terlalu banyak memakan kapasitas memori. Sehingga tidak dapat terpasang karena tidak cukup ruang memori pada android anda.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Bagaimana cara mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang pada smartphone android anda? Simak penjelasan dibawah ini Gaes yang menjadi cara atau solusi untuk mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang di android anda:

  1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak di Butuhkan

    Pelu anda ketahui bahwa melakukan uninstall pada aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan atau tidak digunakan lagi akan membuat memori internal dan eksternal pada android memiliki ruang yang kosong untuk aplikasi baru. Cara yang satu ini sangat berguna sekali dalam mengatasi penyimpanan memori penuh sehingga membuat android tidak akan menjadi cepat panas dan aplikasi baru memiliki cukup ruang jika di install di android.

  2. Reboot Smartphone Android
    Cara yang kedua dalam mengatasi aplikasi yang tidak bisa terpasang yaitu dengan melakukan restart ulang android anda atau reboot android. Jika sudah reboot android anda, kemudian melepaskan baterai dan pasang kembali lalu nyalakan lagi android anda.
  3. Cek Aplikasi Yang Akan di Install

    Cara selanjutnya yaitu dengan memastikan apakah aplikasi yang anda install terdapat error atau tidak. Lalu periksa syarat-syarat pada saat anda melakukan install aplikasi tersebut. Tetapi perlu diketahui, anda harus berhati-hati ketika akan memindahkan data untuk menghindari file yang rusak karena cara ini.

  4. Cek Versi Aplikasi

    Periksa kembali versi aplikasi yang sudah dirilis untuk mengecek apakah aplikasi tersebut bisa terpasang sesuai versi android anda. Jika versi sudah sesuai, maka anda dapat melakukan install aplikasi yang diinginkan. Jika tidak anda dapat mencari aplikasi yang sesuai dengan versi android anda.

Itulah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa terpasang diandroid dan mengetahui penyebab masalah aplikasi tidak terpasang, semoga dapat membantu dan sampai ketemu dengan artikel selanjutnya🙂

Baca Juga :