Cara Mengatasi Baterai HP Kembung, Boros, dan Bocor

Posted on
Cara mengatasi baterai kembung,boros dan bocor
Cara mengatasi baterai kembung,boros dan bocor

CaraGeo.com –Baterai memang sebuah komponen yang paling utama dalam alat elektronik terutama pada smartphone android. Tetapi masalah baterai masih sering terjadi, untuk itu menanggapi masalah tersebut disini akan dijelaskan cara mengatasi baterai smartphone kembung, boros dan baterai yang bocor.

Karena baterai merupakan komponen yang wajib untuk hp android dan iOS, untuk menghidupkan smartphone tersebut. Tetapi hal yang sering dilihat yaitu jika baterai smartphone tak bisa dicas atau dilihat dalam kondisi kembung dan bocor. Kebanyakan para pengguna langsung membuang baterai smartphonenya, lalu digantikan dengan yang baru.

Melihat kondisi baterai smartphone yang seperti diatas, anda dapat memperbaiki baterai pada smartphone android yang kembung, boros dan bocor dengan cara dibawah ini. Simak penjelasannya Gaes!

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung, Boros, dan Bocor

Rooting Android

Rooting Android
Rooting Android

Cara yang pertama mengatasi baterai hp dengan masalah diatas yaitu melakukan Rooting Android. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Pertama aktifkan “Unknown Source” untuk mengakses dan instal aplikasi yang tidak ada pada Google PlayStore dengan masuk ke menu Settings > Security > Allow “Unkown Source”¬†pada hp android anda.
  2. Kemudian instal aplikasi yang bisa melakukan root file explorer, Gunakan aplikasi ES File Explorer.
  3. Selanjutnya aktifkan fitur root explorer pada setiap aplikasi root file explorer yang sudah anda install. Jika menggunakan ES File Explorer langsung saja melakukan swipe layar ke kiri untuk mengakses sebuah fitur root explorer.
  4. Lalu jika sudah mengaktifkan fitur root explorer tersebut, cari sebuah folder direktori /sys/class/power_supply/battery. Berada dibagian sub-folder battery, kemudian pilih file charging_enabled dan bukalah menggunakan teks editor hp android anda.
  5. Terakhir rubah isi pada file charging_enabled dari angka 1 menjadi 0, lalu simpan perubahan file tersebut.

Dengan Battery Charge Limit

Battery Charge Limit
Battery Charge Limit

Cara yang kedua ini dapat menggunakan aplikasi Battery Charge Limit, fungsinya yaitu untuk membatasi batas charge yang bisa menyelamatkan baterai yang kembung, bocor dan juga boros. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Download terlebih dahulu dan install aplikasi Battery Charge Limit disini.
  2. Lalu buka aplikasi tersebut, lalu lakukan pengaturan batas charge baterai pada hp android anda. Dengan melakukan cara tersebut, untuk mencegah proses charging yang berlebihan yang bisa membuat baterai hp anda kembung dan bocor karena kelebihan daya. Sehingga bisa membuat baterai cepat habis “boros“.
  3. Kemudian geser pada opsi “Off” ke “On” untuk mengaktifkan aplikasi ini. Jika aplikasi meminta akses superuser, pilihlah “Allow” atau pilih “Grant“, tergantung dilihat pop-up yang muncul.
  4. Jika sudah semua, anda bisa tes dengan melakukan charging, jika cara ini berhasil harusnya hp anda akan langsung berhenti ketika proses charging akan melewati batas yang diinginkan.

Simpan di Dalam Kulkas

baterai kembung
baterai kembung

Cara yang terakhir sangat efektif untuk baterai hp android yang mengalami kerusakan yaitu kembung. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Pertama baterai yang rusak diletakan pada lantai, lalu perhatikan ketika memutar.
  2. Jika saat memutar sangat cepat, itu artinya baterai hp anda sudah terlalu kembung.
  3. Lalu carilah plastik yang memiliki kedap udara seperti plastik pembungkus obat. lalu masukkan baterai hp anda pada plastik.
  4. Kemudian simpan baterai tersebut pada freezer kulkas selama waktu 24 jam.
  5. Jika sudah ambil baterai Hp anda dan bersihkan jika ada basah karena terkena air
  6. Cek pada bagian warna kuning baterai dan pastikan bebas dari air.
  7. Selanjutnya lakukan lagi cara memutarnya di atas lantai, jika baterai sudah tidak berputar, tandanya baterai tidak kembung lagi.
  8. Coba lakukan pengisian daya baterai selama waktu 2-3 jam sampai baterai terisi penuh.
  9. Terakhir pasangkan kembali baterai hp anda, semoga berhasil.

Itulah cara mengatasi baterai pada smartphone android yang kembung, bocor dan boros, semoga bisa mengatasi masalah pada baterai anda dan cegah baterai anda mengalami masalah seperti ini dengan cara yang kedua diatas. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :