7 Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa diBuka di Android (100%)

Posted on
Aplikasi Gmail Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi Gmail Tidak Bisa Dibuka

CaraGeo.com – Gmail adalah sebuah layanan email yang sangat populer dan sangat banyak digunakan para pengguna di seluruh dunia. Saat ini Gmail juga telah menyediakan sistem operasi berbasis android. Namun, sering sekali mengalami masalah atau error pada aplikasi tersebut yaitu gmail tidak bisa dibuka.

Menanggapi masalah tersebut error aplikasi Gmail di android. Banyak juga yang sudah terjadi jika Gmail tak bisa sinkronisasi atau tidak dapat masuk pada akun Gmail. Kemudian, para pengguna juga banyak yang resah dengan masalah Gmail yang terjadi yaitu keluar secara tiba-tiba dan masalah lainnya terkait aplikasi Gmail. Simak penjelasan cara mengatasi masalah tersebut dibawah ini Gaes!

Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa di Buka

Aplikasi Gmail
Aplikasi Gmail

Restart Smartphone Android

Jika terjadi error atau tidak bisa dibuka pada aplikasi Gmail, cara ini sangat sederhana sekali dapat mengatasi masalah tersebut dan cukup cepat dalam mengatasi permasalahan error pada Gmail di android anda. Lakukan restars pada smartphone android anda, kemudian buka kembali aplikasi Gmail seperti biasanya.

Log Out dan Log In Kembali Gmail

Cara yang kedua ini anda bisa mencoba dengan cara ini yaitu melakukan log out pada aplikasi Gmail di andoid anda. Jika sudah log out tunggulah waktu beberapa saat, kemudian lakukan log in kembali.

Dalam masalah apapun, melakukan log out pada aplikasi Gmail dapat mengatasi beberapa error dan cara ini bisa dilakukan pada aplikasi lainnya yang mengalami masalah.

Paksa Berhenti Aplikasi Gmail

Bisa diprediksi pada aplikasi Gmail di andrid anda mengalami error karena sudah terlalu lama berjalan di latar belakang smartphone anda.

Anda bisa mencoba mengatasi masalah ini dengan cara yang ketiga ini yakni dengan memaksa berhenti aplikasi Gmail. Caranya hanya perlu masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Gmail > Paksa berhenti
Lalu tunggu waktu beberapa saat, jika sudah buka kembali aplikasi Gmail di android anda.

Hapus Cache Pada Aplikasi Gmail

Cara berikutnya dalam mengatasi aplikasi Gmail error atau tidak bisa dibuka yaitu dengan menghapus cache pada Gmail tersebut. Dapat dilihat bahwa sistem Android ada file cache.

Cache juga bisa dibilang untuk menyimpan file-file sementara agar aplikasi dapat berjalan dengan cepat. Tetapi jika cache dibiarkan penuh dan menumpuk, cache sendiri bisa membuat aplikasi mengalami masalah atau error dan tidak bisa dibuka.

Untuk itu kita diharuskan menghapus cache yang ada pada aplikasi secara rutin. Termasuk pada aplikasi Gmail ini.
Cara menghapus cache di aplikasi Gmail yaitu masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Gmail > Hapus cache

Melakukan hapus cache ini sangat aman sekali. Aplikasi Gmail tidak akan terjadi perubahan akan tetap bisa digunakan, jadi anda tidak perlu khawatir.

Hapus Data Pada Aplikasi Gmail

Pada aplikasi selain bisa menyimpan file dalam bentuk cache, semua aplikasi yang ada pada Android dapat menyimpan file seperti data akun, informasi login, dan semua data selama menggunakannya.

Jika kita sering menggunakan aplikasi maka data-data yang tersimpan akan semakin penuh dan menumpuk. Apalagi aplikasi Gmail ini, tidak heran jika datanya akan menumpuk dan banyak. Karena telah terkait pada aplikasi lainnya seperti facebook dan intagram dengan satu akun gmail.

Untuk itu kita diharuskan sering-sering melakukan hapus data pada aplikasi Gmail ini. Untuk mencegah masalah yang sering terjadi. Caranya masuk menu Setelan > Aplikasi > Gmail > Hapus data
Proses hapus data ini bisa mengakibatkan semua pesan dan data-data yang ada di Aplikasi Gmail akan terhapus.

Update Aplikasi Gmail

Pada update aplikasi Gmail yang terbaru merupakan pembaruan yang berupa perbaikan bugs dan peningkatan performa pada Gmail tersebut.

Oleh karena itu anda diharuskan update aplikasi Gmail yang terbaru dan pasti lebih baik dari sebelumnya. Update aplikasi gmail anda di PlayStore.
Jika sudah melakukan update, biasanya error atau masalah yang terjadi akan hilang dan aplikasi Gmail dapat digunakan kembali.

Gunakan Email Alternatif

Jika anda belum mengatasi masalah tersebut dengan cara sebelumnya, cara yang satu ini mungkin bisa anda gunakan untuk mengatasinya yaitu menggunakan aplikasi lainnya atau email client alternatif selain aplikasi Gmail.

Sebelum menggunakan Aplikasi lainnya harus dipastikan terlebih dahulu untuk support dengan email. Biasanya aplikasi selain Gmail yang sering digunakan yaitu Blue Mail dan Aqua Mail.

Itulah cara mengatasi eror pada aplikasi Gmail dan tidak bisa buka aplikasi Gmail, anda dapat menggunakan cara diatas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :