Cara Mengatasi TouchScreen yang Error Di Android

Posted on

Screenshot_23

Kebanyakan orang apabila touchscreen mereka tidak bisa di pakai langsung mendeklarasikan bahwa android mereka rusak, padahal ini hanyalah error saja berikut ini adalah cara – cara membenarkannya.

 

1. Periksa Penggunaan RAM di Android

Screenshot_24

Jika anda memiliki masalah pada touchscreen anda jangan panic terlebih dahulu.

Mungkin anda berfikir itu masalah hardwarenya.

Jangan langsung membongkar android anda pertama – tama cobalah untuk memeriksa penggunaan RAM anda.

Apabila touch screen anda tidak responsif, mungkin android yang kamu gunakan itu lag. karena, Android adalah salah satu platform yang cukup memakan ruang pada RAM.

coba lihat besar RAM yang ada di android anda lihat berapa besarnya.

Jika tidak terlau besar coba cek aplikasi – aplikasi yang sudah anda instal, jika anda tidak menemukan aplikasi yang tidak terlalu sering anda gunakan atau yang anda tidak kenal lebih baik anda uninstall mungkin saja itu virus.

Karena sebab ini kebanyakan android mengalami lag di saat pemakaiannya.

 

2. Segera Aktifkan GPU 2D Rendering

Screenshot_25

Cara mengatasi untuk masalah touch screen error di smartphone anda adalah kamu bisa mengaktifkan Force GPU Rendering. kenapa? Karena smartphone anda mungkin mempunyai masalah di sektor transisisinya yang buruk.

Karena itu, anda harus mencoba cara untuk mengatasi touchscreen yang satu ini.

Dengan mengaktifkan fitur ini cara mengaktifkannya cukup mudah ini dia caranya.

Pertama – tama bukalah Settings > Developer Options > Force GPU Rendering.

apabila menu Developer Options belum terdaftar di android anda, anda hanya butuh  ke Settings > About Phone > lalu buka Build Number sampai 7 kali untuk mengaktifkan  Developer Options.

 

3. Kalibrasi Layar Smartphone Android

Screenshot_26

Cara untuk mengatasi touchscreen anda kali ini adalah anda perlu kalibrasi android anda.  Semakin sering anda gunakan andoid anda, maka tampilan layar anda bisa menjadi lebih hangat atau bahkan terlihat lebih dingin.

karena itu, anda harus mengoreksi warna perangkat Android anda. Solusinya adalah  mengetahui cara mengatasi masalah touchscreen adalah anda harus kalibrasi layar smartphone Android anda.

Ini di acara kalibrasi layar android anda, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga ini misalnya Touchscreen Calibration.

Cara untuk mengatasi layar sentuh yang rusak ini mampu anda andalkan untuk mengecek touchscreen anda sebelum anda membawanya ke service center.

dengan menggunakan cara yang satu ini anda dapat mengoreksi warna perangkat Android anda juga.

 

4. Download MultiTouch Tester

Screenshot_27

Apabila anda merasa bahwa layar sentuh anda error atau mungkin anda pikir itu rusak, jangan cepat mengira bahwa smartphone anda itu rusak. Mungkin smartphone milik anda memiliki masalah denganmulti-touch, sehingga anda melihat smartphone anda itu rusak, padahal itu hanyalah lag sementara.

Ini di acara untuk memperbaiki layar hp android yang tidak dapat di sentuh ini dia caranya.

Anda bisa mengetes download aplikasi MultiTouch tester untuk mengecek android anda rusak atau tidak.

Setelah anda selesai mendownload, anda langsung saja tempelkan jari anda anda di layar, terhitung semua yang di sentuh atau tidak. Biasanya smartphone memberikan sentuhan layar sampai 5 atau 10 jari, hal ini tergantung dari smartphone yang anda gunakan.

Jika anda sudah mencoba, nah ini dia anda baru bisa menyatakan bahwa android anda rusak atau tidak.

 

5. Cobalah Anda Masuk ke Safe Mode

Screenshot_28

Apabila anda merasa bahwa smartphone anda rusak akibat terlalu banyak menginstal aplikasi, maka ada baiknya anda cobalah masuk ke Safe Mode.

karena, cara mengatasi masalah touch screen satu ini bisa di bilang cukup ampuh.

Karena dengan anda mengaktifkan safe mode, aplikasi yang ada hanyalah aplikasi bawaan sehingga lebih ringan sehingga anda bisa tau h panda rusak karena lag atau tidak.

Jika anda belum tahu cara untuk masuk ke Safe Mode, anda hanya perlu menekan tombol power, lalu pilih dan tahan lebih lama opsi Power Off, lalu akan muncul Reboot to safe mode. Pilih OK.