8 Cara Mengatasi WiFi Limited Access Dilaptop Semua Windows

Posted on
Cara mengatasi wifi limited acces
Cara mengatasi wifi limited acces

CaraGeo.com –Mengatasi Wifi Limited Acces karena saat ini sudah jamannya berada pada era nirkabel. Semua teknologi sekarang telah didukung dengan nirkabel. Tentunya sangat memicu dengan berkembangnya internet di Indonesia. Apalagi saat ini anda bisa menemukan akses Wifi dimana-mana mulai berbayar sampai gratis.

Sekarang harga kuota untuk smartphone android juga sangat terjangkau dengan banyaknya persaingan dari berbagai provider smartphone. Oleh karena itu anda pasti sangat mudah dengan adanya sistem hotspot seperti dari smartphone android ke komputer/laptop.

Tetapi dengan kemudahan tentang koneksi wifi di laptop/komputer juga tidak dapat terlepas dari yang namanya error. Apakah anda pernah mengalami ketika sedang menghubungkan koneksi wifi di laptop/komputer ternyata keluar tanda seru dan keluar notifikasi “limited access” sedangkan pada perangkat lainnya koneksi wifi tidak bermasalah.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya error ip nya sedang bertabrakan dengan perangkat lain yang sedang terhubung pada koneksi wifi anda. Apa anda ingin mengatasi wifi yang Limited Acces? Simak penjelasannya dibawah ini!

Cara Mengatasi WiFi Limited Access

Mengganti IP Address

Cara yang pertama mengatasi koneksi Wifi Limited Access adalah dengan mengganti alamat IP address yang disebabkan karena saling bertabrakan. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Langkah pertama masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center.
  2. Lalu pilih menu ‘Connections’ > Wireless Network Connection, kemudian lihat bagian Wifi yang akan anda hubungkan.
  3. Kemudian klik kanan pada bagian nama Wi-Fi tersebut.
  4. Klik menu ‘Properties
  5. Pilihlah opsi ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)’
  6. Lalu klik ‘Properties’ dan isi IP Address (sesuaikan nama IP yang sudah diberikan provider). Lihat gambar dibawah ini.

    Mengganti IP Address
    Mengganti IP Address
  7. Terakhir klik ‘OK

Reset IP Address

Cara yang kedua masih berkaitan dengan error pada alamat IP. Yaitu dengan melakukan reset pada alamat IP Address anda. Caranya yaitu dengan menulis sejumlah perintah lewat CMD (Command Prompt). Berikut caranya dibawah ini:

  1. Buka CMD, lalu klik kanan pilih “Run as administrator“.
  2. Lalu tuliskan perintah (netsh int ip reset C:\resetlog.txt) pada bagian cmd. Lihat gambar dibawah ini!

    Reset IP Address
    Reset IP Address
  3. Kemudian lakukan Restart pada laptop anda dan coba kembali koneksi wifi anda.

Aktifkan FIPS Pada Windows 8.1

Pada cara ketiga dengan windows 8.1 anda dapat melakukan perbaikan koneksi Wifi yaitu dengan cara mengaktifkan FIPS. Mengaktifkan FIPS mungkin salah satu cara ampuh untuk memperbaiki error pada koneksi wifi.

  1. Langkah pertama masuk ke Control Panel > Network and Sharing Center > Pilih Wireless Network Connection dengan nama Wi-Fi yang akan digunakan > Wireless Properties > Security > Advance Setting.
  2. Lalu ceklis pada bagian “Enable Federal Information Processing Standards (FIPS) compliance for this network“.
  3. Kemudian hubungkan kembali koneksi wifi anda pada laptop. Jika tulisan Limited Access menjadi Connected, artinya cara ini telah berhasil.

Disable Bonjour Service

Disable Bonjour Service
Disable Bonjour Service

Cara yang keempat ini mengatasi penyebab limited access pada koneksi Wifi anda. Caranya yaitu dengan menghentikan sementara bonjour service ini. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Langkah pertama masuk kedalam menu Starts > Accessories > Run.
  2. Lalu ketiklah services.msc dan enter. Carilah tulisan ‘Bonjour Service’, klik dua kali pada tulisan berikut ‘Bonjour Service’.
  3. Kemudian pilih ‘Stop’ pada Bonjour Service, lalu set menjadi ‘Disable’ dan diakhiri dengan klik ‘OK
  4. Selesai, silahkan coba kembali koneksi wifi anda.

Restart Router

Cara yang kelima yaitu jika anda menggunakan wifi sendiri seperti indihome atau wifi sejenisnya. Tentu pastinya anda memiliki akses terhadap router. Jika memang benar maka anda bisa mencoba untuk restart router yang anda miliki. Biasanya pada setiap router memiliki tombol cepat untuk melakukan restart. Lalu coba tekan tombol router tersebut.

Restart Komputer

Cara yang keenam lakukan dengan cara restart pada laptop anda, jika memang terjadi error karena sudah lama dihidupkan. Agar laptop bisa bekerja dengan baik dan tidak lemot. Jika sudah maka koneksi Wifi yang tadinya mengalami masalah akan dimuat ulang dengan baik dan lancar

Update Driver Wireless

Cara yang ketujuh yaitu dengan melakukan update pada sebuah driver wireless, terkadang driver wifi yang tidak di update bisa mengakibatkan error yang bisa menjadi masalahnya adalah limited acces pada koneksi wifi anda. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Pertama masuk Control Panel > All Control Panel Items > System.
  2. Lalu pilih “Device Manager”.
  3. Kemudian pilih Network Adapters > Wi-Fi (pilih nama wifi yang sudah anda sambungkan).
  4. Selanjutnya klik kanan dan pilih opsi “Driver Software“.
  5. Klik opsi ‘Browse my computer for driver software
  6. Pilihlah opsi “Let me pick from a list of device drivers on my computer” pada halaman tersebut.
  7. Berikutnya klik Browse > Have Disk.
  8. Terakhir pilih driver terbaru yang sudah anda siapkan. (Download driver dari situs web resmi nama laptop anda).

Restart Service

Cara kedelapan ini ada beberapa keuntungan ketika melakukan sebuah restart ulang service, seperti pada service yang memiliki masalah dengan melakukan restart ulang service akan memiliki kinerja yang lebih sempurna. Berikut caranya dibawah ini untuk mengatasi wifi limited access dengan restart service:

  1. Hal pertama dilakukan dengan membuka Run atau dengan cara menekan windows + r bersama-sama. Lalu Ketikan services.msc
  2. Berikutnya lakukan restart ulang pada beberapa services seperti : DHCP client, DNS Client, dan Wlan AutoConfig. Caranya dengan klik kanan dan pilih restart.

Demikian Cara Mengatasi WiFi Limited Access pada semua windows 7,8, dan 10, semoga koneksi wifi anda ketika sudah mengikuti cara diatas dapat terhubung dengan lancar dan super ngebut🙂

Baca Juga :