Cara Mengembalikan File Dengan Recuva dan Cara installnya

Posted on
Cara Mengembalikan File Dengan Recuva
Cara Mengembalikan File Dengan Recuva

CaraGeo.com – Perkembangan teknologi saat ini semakin maju contohnya banyak aplikasi atau software komputer yang sangat bisa membantu kita contohnya cara mengembalikan file dengan Aplikasi Recuva.

Mengenal tentang soal aplikasi Recuva, Fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk pemulihan data atau pengembalian data yang hilang, aplikasi Recuva ini sudah sangat populer dari dulu sampai saat ini.

Jika anda belum memahami tentang recovery data, yaitu tentang mengembalikan data yang sudah terhapus baik itu disengaja ataupun tidak. Aplikasi ini sudah banyak digunakan para teknisi komputer dalam mengembalikan file/data-data yang sudah terhapus dan tidak bisa lagi dikembalikan lewat recycle bin.

Cara Menggunakan Aplikasi Recuva pada komputer/laptop anda dalam memulihkan data. Banyak jenis data yang bisa dipulihkan oleh aplikasi Recuva seperti data dokumen, lagu, video, gambar dan data-data lainnya yang ada pada komputer anda.

Apakah Anda ingin menggunakan Aplikasi Recuva untuk mengembalikan data yang hilang? Berikut cara mengembalikan dengan menggunakan aplikasi Recuva dibawah ini.

Daftar Isi

Cara Mengembalikan File Dengan Recuva

  1. Langkah pertama yaitu jika anda belum memiliki Aplikasi Recuva. Silahkan download Aplikasi Recuva nya disini.
  2. Lalu install Aplikasi Recuva pada komputer/laptop anda.
  3. Jika sudah jalankan aplikasi Recuva Wizard.
  4. Selanjutnya yaitu dengan menentukan jenis file yang akan anda kembalikan. Ada beberapa pilihan seperti file gambar, musik, video, atau dan lain-lain.

    pilih jenis file
    pilih jenis file
  5. Jika sudah ceklis pilihan, lalu klik tombol Next.
  6. Berikutnya yaitu tentukan drive atau lokasi dimana file/data anda yang hilang.
  7. Tetapi jika anda lupa tempat file/data yang hilang tersebut. Silahkan dengan memilih I’m Not Sure.

    pilih lokasi file atau data yang hilang
    pilih lokasi file atau data yang hilang
  8. Jika sudah klik tombol Next.
  9. Lalu ceklis pada bagian “Enable Deep Scan”.
  10. Selanjutnya mulai lakukan scanning dengan klik tombol Start.
  11. Tunggulah saat proses Scanning.
  12. Jika berhasil maka tipe file/data yang sudah anda pilih akan muncul. Silahkan cari dan pilih file yang akan anda kembalikan.

    Pilih data yang akan dikembalikan
    Pilih data yang akan dikembalikan
  13. Jika sudah memilih, klik kanan dan pilih opsi Recover Highlited.
  14. Terakhir Klik tombol Recover.
  15. Selesai!.

Catatan! Ketika saat proses scanning berjalan dan sedang mengembalikan file/data anda akan memerlukan waktu yang cukup lama tergantung banyaknya file/data yang anda kembalikan. Jadi tunggu sampai selesai, jika anda ingin mencoba klik cancel maka bisa saja file/data yang berada dalam proses pengembalian akan rusak atau hilang secara permanen.

Cara Install Aplikasi Recuva

Install Recuva
Install Recuva
  1. Jika anda sudah download aplikasi recuva, klik kanan dan ekstrak file recuva tersebut.
  2. Lalu buka folder Recuva dan pilihlah versi (sesuaikan versi dengan komputer anda) . Recuva.exe merupakan sebuah file yang support pada sistem 32-bit dan Recuva64.exe support dengan sitem 64-bit pada komputer.
  3. Kemudian program ini dibuka melalui Wizard. Ikuti langkah-langkah yang akan diminta oleh Wizard sebelum Anda dapat membuka Aplikasi Recuva. Klik “Next“.
  4. Selanjutnya Recuva akan menyediakan sebuah pilihan untuk tipe file/data yang ingin dikembalikan, Anda bisa mengklik “All Files“. dengan memilih “all files” itu artinya Anda dapat mengembalikan semua jenis file seperti email, foto, video, dokumen dan file lainnya.
  5. Jika sudah klik “Next” pada halaman berikut.
  6. Berikutnya, Recuva akan meminta lokasi atau tempat penyimpanan file/data yang hilang. Jika Anda tidak ingat tempat penyimpanannya pilih “I am not sure“. Tetapi jika Anda mengetahui tempatnya, silahkan klik opsi “In a specific location” lalu tentukan tempat file yang hilang. Dan klik “Next“.
  7. Selanjutnya klik “Start” dan tunggu proses scanning berjalan.
  8. Tetapi jika Anda memilih untuk menginstal Aplikasi Recuva, Anda akan ditunjukan ke dalam menu “Welcome to the Recuva Wizard“, dan aplikasi ini akan mencoba untuk menginstall sebuah CCleaner. Jika anda tidak mau menginstal CCleaner atau aplikasi lainnya, hapus ceklis pada semua pilihan proses installasi.

Itulah cara mengembalikan file dan cara install Aplikasi Recuva, semoga file dan data-data anda dapat dikembalikan dengan menggunakan Aplikasi Recuva. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :