Cara Mengetik Bahasa Arab Di Microsoft Word

Posted on

z1

Sebenarnya Cara mengetik Arab di MS Word / Microsoft Word atau yang menggunakan Windows 7, 8, 10 dan versi selanjutnya, ya cukup tekan di Keyboard Alt+Shift maka secara otomatis penulisannya akan berubah dari memakai Bahasa Indonesia atau Inggris menjadi Arab. Tapi, permasalahannya adalah bagaimana apabila bahasa Arab belum diatur atau dimunculkan di bagian bawah atau Taskbar sebelah sebelah kanan bawah? ini yang juga menjadi wajib diketahui untuk tau bagaimana cara menulis Arab di MS. Word karena di sinilah langkah awalnya sebelum bisa mengaktifkan bahasa yang diharapkan. Terkadang – kadang juga ada yang menanyakan soal perihal ini, yaitu bagaimana mengubah bahasa dalam Microsoft word pada saat  mengetik?

Panduan Cara Mengetik Bahasa Arab di Microsoft Word Atau  Mengaktifkan Pilihan Bahasa Arab

Padahal Mudah sekali untuk melakukan hal ini, tetapi agar bisa bekerja dengan baik maka ada 2 proses yang wajib dilakukan, yaitu dengan menambahkan bahasa Arab pada pilihannya dan yang kedua adalah hanya mengaktifkan menggunakan Keyboard yang semuanya akan dijelaskan urutannya secara lengkap.

1. Setting manambahkan pilihan bahasa Arab pada computer atau laptop

Proses ini dilakukan agar pilihan bahasa di Language bar bisa keluar, biasanya iconnya adalah‘AR’, karena tidak semua komputer secara Default menampilkannya. Jadi tak usah download dan install aplikasinya segala karena sesungguhnya sudah ada dalam Windows, hanya tinggal  diatur saja agar muncul di monitor. Tips ini sesungguhnya bisa untuk semua versi Windows, baik XP ataupun Vista, apalagi yang keluaran terbaru.

  1. Klik tombol ‘Start’ pada bagian pojok kiri bawah monitor Laptop atau computer anda yang bentuknya mirip seperti jendela ( logo Windows)
  2. Ketik Control Panel lalu klik

c1

  1. Apabila telah masuk di control panel, selanjutnya klik tulisan “add language” seperti gambar di atas untuk masuk ke pengaturannnya.
  2. setelah itu klik add language seperti gambar di bawah ini.

c2

  1. setelah itu pilih Arabic nanti akan ada pilihan berbagai jenis Bahasa arab pilih sesuai keinginan anda.
  2. Nah sekarang Bahasa anda sudah bertamabah

c2

  1. sekarang anda bisa test buka Ms.Word si sini saya menggunakan word 2013 langsung saja anda bisa mengganti Bahasa dengan mengklik seperti gambar di bawah ini.

c3

Sebenarnya lebih relevan menggunakan Alt + Shift Bahasa akan berganti tanpa harus mengklik language preferences.

2. Untuk mengetik angka arabnya :

  1. Klik file pada word
  2. Options
  3. Pilih advance cari text numeral yang tadinya Arabic ubah menjadi context
  4. Test buat angka arab

 

Baca Juga :