Cara Menghapus Virus Shortcut Di Flashdisk (100% Berhasil)

Posted on

cara menghapus virus shortcut

Inilah cara menghapus virus shortcut di flashdisk ataupun di harddisk laptop anda secara menyeluruh dan mencegahnya agar tidak datang kembali lagi. Sebenarnya cara menghapus virus shortcut ini tidaklah sulit. Bahkan bisa dibilang sangat mudah untuk menghilangkan virus yang mampu menginfeksi flasdisk sobat CaraGeo dan tidak diperlukan keahlian khusus. Virus shortcut ini bisa dihilangkan dengan sangatlah mudah. Jika sobat CaraGeo memiliki masalah dengan virus yang satu ini, silahkan baca artikel ini sampai selesai ya.

Sebelum membahas bagaimana cara menghapus virus shortcut tersebut, pertama-tama kita akan mempelajari bagaimana sistem kerja virus shortcut tersebut. Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya file dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi super hidden. Dan selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut (terdapat tanda panah kecil pada icon file).

Berbeda dengan cara kerja virus virus lain, virus ini memang tidak merusak file kita. Namun hanya saja disembunyikan dalam bentuk super hidden. Jadi jika settingan komputer sobat CaraGeo tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden, maka seolah olah file asli kita terlihat seperti “Hilang” dikarenakan tidak terdeteksi.

Maka karena itu, biar tidak bingung dan panik pada saat terserang virus shortcut ini sobat CaraGeo bisa menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan sangatlah mudah. Silahkan coba sebagai berikut ini.

Cara menampilkan file yang terkena virus shortcut

  1. Masuk kedalam File Explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol Windowspada keyboard secara bersamaan dengan huruf “E“.
  2. Setelah masuk kedalam File Explorer, Ubah pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat CaraGeo lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T“. Setelah itu pilih folder options.
  3. Setelah window folder options terbuka, pilih tab view lalu hilangkan centang pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recomended). Selanjutnya klik OK.

Jangan Tegang, melakukan pengaturan ini, tidak membuat windows sobat menjadi error. Tujuan menghilangkan centang dari dua pilihan tersebut adalah untuk menampilkan file yang di setting dengan attribut supper hidden. File jenis ini biasanya digunakan untuk file system. Jadi pastikan sobat tidak menghapus file system tersebut.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  1. Gunakan Anti Virus. Fungsi dari antivirus adalah untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain dan juga sebagai penangkal jika seandainya ada virus lain dari flashdisk lain. Saran Mimin gunakan antivirus yang cukup baik. Bukan antivirus abal–abal. Saya sarankan agar sobat CaraGeo menggunakan antivirus Avast atau Malwarebytes. Ada versi free-nya, silahkan download dulu jika memang sobat CaraGeo belum punya.
  2. Scan virus dengan menggunakan salah satu aplikasi tersebut. Lakukan proses scanning secara menyeluruh, baik itu pada drive C, drive D, dan pada flashdisk yang terinfeksi. Akan lebih baik jika sobat CaraGeo melakukan full scanning. Tungu beberapa saat sampai proses scanning virus telah selesai. Selanjutnya akan ada laporan tentang berbagai maca virus yang ditemukan. Dalam hal ini silahkan hapus semua virus yang ada. Sekali lagi, tenang saja. File sobat tidak akan hilang. Karena virus shortcut ini tidak menginfeksi file melainkan hanya menyembunyikan file sobat saja.
  3. Menghapus bekas file virus didalam flashdisk. Setelah virus tersebut dihapus biasanya masih ada file shortcut yang masih tertinggal oleh virus. Cara membersihkannya, buka flashdisk di File Explorer. Lihat dimana letak drive flashdisk tersebut. Apakah di E, F, atau di G. Ingat, jangan sampai salah. Biasanya drive C, digunakan untuk system operasi, D digunakan untuk menyimpan data data dan seterusnya. Sekali lagi, pastikan pada drive mana flasdisk-nya.
  4. Dalam hal ini misalnya flashdisk berada pada drive G. Untuk melakukan penghapusan, silahkan masuk ke drive G menggunakan command prompt atau yang biasa kita sebut dengan cmd. Yaitu dengan cara masuk ke RUN atau tekan logo windows di keyboard kalian dan tekan tombol huruf R lalu tekan ENTER, selanjutnya akan masuk ke dalam CMD.
  5. Setelah jendela command prompt terbuka, masuk ke drive G (drive dimana flashdisk tercolok) dengan cara ketik G: dan enter.
  6. Setelah sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi G:\>_ sobat CaraGeo bisa melakukan penghapusan sisa shortcut. Tujuan utamanya adalah dengan cara menghapus file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Cara penghapusan file shortcut tersebut dengan cara mengetikkan del *.lnk s/ d/ lalu tekan Enter, apabila muncul error, cukup ketikan del *.lnk dan tekan Enter.
  7. Dalam tahap ini memang seharusnya file shortcut yang dihasilkan oleh virus telah hilang. Selanjutnya kita akan menampilkan file yang disembunyikan oleh virus tersebut dengan cara merubah attributnya menjadi normal kembali atau terlihat dalam mode standar.
  8. Masih di dalam Command Promt (cmd). Ketik lagi drive letter usb kita contoh G: lalu tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d setelah itu tekan Enter sekali lagi. (jika muncul error coba hilangkan /d saja atau /s saja).
  9. Tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tampil kembali dalam mode normal.
  10. Kembali ke meu settingan file system lalu ubah ke mode hidden. Tadi di awal kita sudah mencoba untuk menampilkan file yang ber attribut supper hidden, nah seperti yang mimin bilang di awal tadi biasanya supper hidden ini digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal.

Tujuan mimin sebenarnya adalah untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi virus shortcut tersebut. Banyaknya sobat CaraGeo yang panik ketika flashdisk kalian terindentifikasi virus dan akhirnya karna kepanikan tersebut, flashdisk kalian di format ulang. Sangat sayang sekali bukan? padahal tanpa memformat filenya tetap bisa diselamatkan.

Baca Juga :
Inilah 3 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Kamu!
Cara Mengunci Folder Tanpa Software (100% Aman)
Cara Menambah, Memformat, Menghapus dan Menggabungkan Partisi Hardisk