√Tips Cara Menghilangkan Garis Pada Layar Laptop

Posted on
cara menghilangkan garis pada layar laptop
cara menghilangkan garis pada layar laptop

CaraGeo.com – Masalah pada layar laptop ataupun komputer itu merupakan hal yang biasa sering terjadi. Seperti bisa disebabkan oleh sebuah perangkat lunak laptop/komputer contohnya yaitu driver yang tidak kompatibel atau tidak pernah diupdate dan bisa juga disebabkan oleh masalah perangkat keras seperti kondisi kabel ribbon atau komponen-komponen laptop seperti RAM dan VGA yang mengalami kerusakan.

Penyebab yang sering muncul garis layar laptop masih bisa anda perbaiki sendiri. Anda dapat mencoba menggunakan cara yang akan dibahas di bawah ini untuk mengetahui cara menghilangkan garis pada layar laptop/komputer anda. Memperbaiki garis layar pada laptop sangat mudah sekali langkahnya.

Sebelum anda mencoba langsung memperbaiki garis pada layar laptop anda, periksa terlebih dahlu apakah penyebab layar laptop bergaris, bisa terjadi karena masalah software atau hardware. Jika sudah mengetahui baru anda dapat langsung memperbaikinya.

Bagaimana cara cek masalah garis pada laptop? Hal ini mungkin akan menjadi pertanyaan bagi anda yang akan memperbaiki layar laptop yang bergaris. Caranya sangat mudah sekali mengecek masalah tersebut. Hanya perlu masuk kedalam pengaturan BIOS saja pada laptop/komputer anda.

Cara masuk menu Bios anda hanya perlu melakukan restart pada laptop anda, kemudian jika sudah saat pertama layar menyala kembali. Anda dapat menekan tombol khusus untuk masuk kedalam pengaturan bios, setiap laptop tentunya berbeda-beda.

Contohnya Laptop acer menekan F2, Laptop Asus menekan Del, Laptop Hp  menekan F11. Anda dapat mencarinya di internet jika merasa bingung untuk masuk menu BIOS laptop anda. Contoh halaman pengaturan bios dibawah ini:

pengaturan bios
pengaturan bios

Apa anda merasa bingung kenapa melakukan cek masalah layar bergaris dilaptop dengan masuk ke menu BIOS? Ya, karena Menu BIOS merupakan bukan bagian dari sebuah OS sistem operasi yang anda gunakan.

Point penting! Jika garis layar laptop/komputer anda akibat masalah dengan perangkat lunak, Maka garis itu tidak akan muncul pada pengaturan BIOS. Tetapi jika garis itu muncul pada pengaturan BIOS, artinya garis layar laptop anda akibat masalah pada perangkat keras laptop anda. Apa anda memahimanya? sangat mudah bukan untuk mengecek masalahnya dimana. Simak penjelasan dibawah ini!

Tips Cara Menghilangkan Garis Pada Layar Laptop

Akibat Perangkat Lunak/Update Driver

update driver
update driver

Jika anda sudah mengetahui garis pada layar laptop anda yang disebabkan oleh software laptop anda, penyebab yang sering terjadi pada software iasanya adalah driver-driver display “driver kartu video atau grafis” yang tidak terupdate atau tidak kompatibel. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama kunjungi situs web resmi laptop anda.
  2. Lalu masuk pada halaman Support atau halaman Download di situs web tersebut.
  3. Kamudian cari semua driverpack yang tersedia sesuaikan dengan merk/type/OS laptop anda
  4. Selanjutnya download driver display versi yang terbaru untuk laptop anda.
  5. Jika sudah semua, lakukan install pada driver tersebut, dan restart laptop anda jika sudah.
  6. Berikutnya periksa kembali apakah garis pada layar laptop anda sudah hilang atau belum.

Catatan penting! Janganlah download driver-driver untuk laptop yang anda gunakan dari sumber yang tidak resmi dan carilah pada situs web resmi nama laptop anda.

Jika anda belum mengatasi pada masalah tersebut dan layar laptop masih saja bergaris. Kemungkinan terjadi setelah anda memperbarui driver dengan cara diatas. Untuk mengatasi masalah ini, perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

Akibat Upgrade Software Driver

Akibat Update Driver
Akibat Update Driver
  1. Hal pertama buka Control Panel pada sistem laptop dan pilih opsi “Device Manager“.
  2. Lalu jika sudah masuk halaman Device Manager, Kemudian lihat pada bagian Display adapters.
  3. Selanjutnya klik kanan pada bagian driver kartu video yang sudah tersedia, dan pilih Properties.
  4. Dihalaman properties pilih Roll Back Drivers, jika anda telah melakukan semuanya. Memang ternyata ada kesalahan pada layar laptop anda.

Akibat Resolusi Layar

Cara yang selanjutnya dapat anda lakukan pada OS Windows 10 (OS Windows 7,8 dapat anda coba juga). Akibat dari resolusi layar juga menjadi penyebabnya adanya garis pada layar laptop anda.

Termasuk masalah pada software laptop anda, Beikut anda dapat melakukan caranya di bawah ini untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Klik kanan pada bagian layar laptop anda. Lalu pada kotak dialog klik opsi “Display Setting“.

    klik Display Settings
    klik Display Settings
  2. Kemudian akan muncul halaman Windows Display.

    halaman Display
    halaman Display
  3. Dibagian bawah anda akan menemukan menu Resolution. Di dalam submenu resolution terdapat beberapa pilihan resolusi. Kemudian pilih resolusi yang memiliki tulisan (Recommended).

    pilih Resolution Rekommended
    pilih Resolution Rekommended
  4. Setelah anda pilih resolution, lalu klik “Keep changes” untuk menyimpannya.

    klik Keep Changes
    klik Keep Changes

Akibat Perangkat Keras/ Ganti Kabel Ribbon

ganti Kabel Ribbon
ganti Kabel Ribbon

Mengatasi masalah ini jika garis pada layar laptop anda diakibatkan oleh hardware/perangkat keras. Sudah dipastikan itu penyebabnya adalah kabel Ribbon yang fungsinya adalah menghubungkan layar laptop ke motherboard.
Kabel Ribbon bisa bermasalah karena retak atau rusak yang diakibatkan karena sangat sering buka/tutup sehingga engsel laptop yang didalamnya terdapat kabel ribbon menjadi rusak. Akibatnya layar laptop bergaris.

Akibat Perangkat Keras Hardware Lainnya

hardware laptop
hardware laptop

Anda dapat mengecek pada bagian dalam laptopmu seperti RAM, VGA, atau Hardisk. Komponen pada hardware tersebut kemungkinan menjadi penyebab garis pada layar laptop anda.

Anda bisa melakukannya dengan melepas RAM atau VGA, kemudian berihkan pin-pin pada hardware yang anda lepas. Bisa memakai penghapus yang lembut agar tidak merusak pada bagian pin RAM atau VGA. Lakukanlah dengan perlahan sampai benar-benar bersih dan kotoran yang menempel hilang.

Jika pada bagian hardisk, anda dapat mengecek kabel pada hardisk. Pastikan dengan teliti apa kabel sudah terpasang dengan benar.

Demikian pembahasan tentang Cara Menghilangkan Garis Pada Layar Laptop yang disebabkan perangkat keras atau perangkat lunak pada laptop, semoga masalah garis pada layar laptop anda bisa teratasi. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :