Cara Menghilangkan Virus di Laptop Terbaru 2019

Posted on

CaraGeo.com – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara menghilangkan virus dilaptop  atau komputer anda sampai bersih, selain itu anda akan mengetahui penyebab virus masuk pada  perangkat komputer .

cara menghilangkan virus
cara menghilangkan virus

Virus bagaikan hantu yang menakutkan bagi sebagian para pengguna laptop, karena sebuah virus dapat merusak sistem kinerja laptop.

Misalnya dapat mengakibatkan hilangnya data – data yang penting, kinerja laptop tidak maksimal, dan banyak sekali yang disebabkan oleh virus.

Sebabnya kita harus belajar untuk menghilangkan virus pada laptop sehingga perangkat komputer atau laptop kita bebas dari virus yang menakutkan.

Kenapa virus bisa masuk kesistem komputer? contohnya adalah jika anda mendownload sebuah film atau lagu namun pada file tersebut sudah tertanam virus yang dapat masuk pada komputer anda.

Berikut ini penjelasan virus yang sangat sering didapatkan oleh para pengguna komputer maupun laptop:

# Jenis Virus Yang Sering Merusak Komputer

1. Worm

Worm adalah sebuah jenis virus yang prosesnya menyebar tanpa harus perlu interaksi khusus dari penggunanya.

Virus Worm ini kebanyakan bermula dari infeksi yang berawal dari sebuah kiriman lampiran pada email yang telah diterima oleh para pengguna komputer.

Penyebabnya seperti ini ketika file yang didapatkan dari email tadi kemudian dijalankan lalu virus komputer jenis worm ini akan langsung memulai penyebaran pada perangkat komputer pengguna itu.

2. Spyware

Spyware adalah sebuah program virus yang dapat melakukan install pada diri sendiri jika perangkat yang sudah terinfeksi virus ini tanpa sepengetahuan pengguna.

Spyware dapat membuat tindakan yaitu dapat merubah konfigurasi komputer atau dapat juga mengambil data – data penting milik pengguna.

3. Trojan

Virus Trojan adalah sebuah jenis virus yang dapat melakukuan untuk menyembunyikan dirinya ke dalam program lainnya yang berada pada perangkat tersebut.

Virus ini malakukan memasuki sebuah perangkat korban pengguna tanpa harus memerlukan interaksi penuh dari penggunanya.

# Cara Menghilangkan Virus

1. Dengan Command Prompt (CMD)

Dengan memakai Command Prompt merupakan salah satu cara alternatif, anda tidak perlu memakai aplikasi seperti anti virus pada umumnya.

Berikut cara menghilangkan virus dibawah ini menggunakan Command Prompt (CMD):

  • Langkah yang pertama, klik Start pada komputer dan lalu ketik cmd. kemudian, klik kanan pilih Run as administrator untuk menjalankan cmd sebagai administrator.

    buka cmd
    buka cmd
  • Selanjutnya yang akan dituju ialah drive E, lalu ketikan dir E: attrib -s -h /s /d . Lalu tekan tombol Enter. Drive E disini hanya buat contoh saja, anda bisa memeriksa drive lainnya, hanya mengganti huruf E kemudian pilih lokasi drive yang ingin anda periksa.

    periksa virus menggunakan cmd
    periksa virus menggunakan cmd
  • Lalu command prompt (CMD) melakukan proses eksplorasi drive yang sudah anda pilih tadi dan memuat semua file pada drive E termasuk yang tersembunyi.

    proses eksplorasi drive pada cmd
    proses eksplorasi drive pada cmd
  • Kemudian jika proses selesai maka carilah file dengan format .EXE itu menandakan virus, karena anda tidak pernah menginstall sebelumnya, untuk itu hapus menggunakan command prompt (cmd) ini.

    hasil cek virus dengan cmd
    hasil cek virus dengan cmd
  • Jika .EXE tidak bisa dihapus, hafalkan nama virus itu kemudian anda dapat search dengan menggunakan Run lalu hapus file tersebut. Anda dapat melakukan dengan cara lain yaitu dengan REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > Lalu masukan nama file virus yang sudah ditemukan pada command prompt tadi, kemudian hapus semua file registry yang ada, walaupun itu sebuah folder.

    cek virus dengan regedit
    cek virus dengan regedit

2. Dengan Task Manajer

Cara yang kedua ini anda dapat melakukan pengecekan adanya virus dengan task manager, proses ini tidak memakai aplikasi lainnya seperti anti-virus sebelumnya. Berikut penjelasannya:

  • Langkah yang pertama, buka task manager lalu tekan CTRL + SHIFT + ESCAPE secara bersamaan. kemudian jika terdapat proses mencurigakan yang berjalan, matikanlah dengan mengklik lalu tekan End Task/End Process.

    hapus virus dengan windows task manager
    hapus virus dengan windows task manager
  • Selanjutnya buka dan jalankan MSConfig

    buka msconfig
    buka msconfig
  • Langkah selanjutnya setelah masuk ke System Configuration, buka menu opsi Service. Lalu anda harus menghapus semua kolom centang yang telah mencurigakan. Contohnya, jika anda tidak pernah menginstall namun ada pada pilihan itu.

    buka system configuration
    buka system configuration
  • Kemudian, masuk ke menu Startup. di startup anda akan dapat melihat file yang mencurigakan. Lalu tandai file tersebut.

    hapus virus dengan system configuration
    hapus virus dengan system configuration
  • Langkah terakhir buka command prompt (CMD), lalu anda cari kembali file yang mencurigakan. Kemudian hapus file tersebut menggunakan CMD, ikuti cara yang sama seperti cara pertama.

3. Dengan Anti Virus

Cara menghilangkan virus tidak dengan cara manual saja seperti yang telah dijelaskan diatas, membersihkan virus juga dapat memakai antivirus dan menghilangkan virus-virus berbahaya.

Seperti, yang dapat anda gunakan antivirus yaitu Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky dan masih banyak lagi.

Pakailah salah satu antivirus yang menurut anda terbaik, setip update Antivirusnya lakukanlah update secara rutin untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik, jangan lupa lakukan scaning ketika menjalankan antivirus.

Ketika, virus masuk maka antivirus akan dapat mendeteksi dan langsung membersihkan file – file jahat yang berbahaya.

4. Lakukan Format Pastisi

Cara yang satu ini dengan cara menggunakan format terhadap partisi yang sudah diduga terdeteksi virus.

Dengan mem-Format pastisii tergolong sangat beresiko dan belum tentu untuk menjamin keberhasilan menghapus virus.

Tetapi, cara ini dilakukan apabila dengan catatan virus yang anda alami ialah virus yang mengendap di flashdisk ataupun memory card.

5. Lakukan Install Ulang

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk membersihkan virus di laptop, ini mungkin merupakan cara yang terakhir untuk melakukan install ulang pada komputer atau laptop anda.

Karena install ulang ini dapat anda gunakan jika infeksi yang sudah terjadi pada windows telah sangat parah yang diakibatkan virus sehingga anti virus anda pun tidak bisa mengatasinya dengan bersih.

Jika anda sudah memutuskan dalam melakukan cara ini, jangan lupa untuk membackup data–data penting dari laptop anda.

Karena, ketika anda telah melakukan install ulang pada laptop, data-data penting anda pada laptop tidak akan hilang.

“Demikian cara menghilangkan dan membersihkan virus di laptop, semoga dapat bermanfaat”.

Artikel Terkait :