Cara Menghubungkan Hp ke TV Tanpa Kabel Terbaru 2019

Posted on
cara menghubungkan hp ke tv
cara menghubungkan hp ke tv

CaraGeo.com – Bagi anda yang baru memiliki hp Android, mungkin ada beberapa pertanyaan yang bingung seperti bagaimana cara menghubungkan hp ke TV? Atau lebih jelasnya lagi adalah bagaimana cara menghubungkan hp android ke Al type TV ? Tidak usah bingung, karena pada kesempatan kali ini CaraGeo akan membahas tentang cara menghubungkan hp ke TV dengan cara yang sangat mudah untuk semua merk TV anda.

Biasanya bagi para pengguna android menghubungkan hp android mereka ke TV yaitu bermain game, menonton film atau browsing pada layar yang lebih besar. Sebenarnya ada cara menghubungkan layar Android ke TV ini dengan menggunakan kabel dan ada juga yang menghubungkannya tanpa kabel.

Tetapi disini akan dijelaskan tentang cara menghubungkan hp ke TV tanpa kabel yang dapat dilakukan pada hp ASUS, Samsung, Xiaomi atau merk hp lainnya.

Kenapa menghubungkan hp ke tv tanpa kabel? Untuk memudahkan anda disaat bermain game atau browsing. Karena jika menggunakan kabel, anda akan sedikit merasa tidak nyaman dengan kebel yang terhubung dari tv ke hp anda. Berikut penjelasannya dibawah ini:

Cara Menghubungkan Hp ke TV Tanpa Kabel

# Persiapan Menghubungkan Hp Android ke TV

Hal yang dilakukan dalam persiapan untuk menghubungkan hp ke TV yang pertama kali ialah mencari tahu terlebih dahulu spesifikasi hp Android dan TV yang akan anda gunakan. Untuk mengetahui cara melihat spesifikasi hp dan TV lengkap anda hanya perlu mencarinya di internet.

Bagi anda yang ingin menghubungkan hp ke TV tanpa kabel, pastikan dulu tentang ketersediaan fitur Miracast pada hp Android dan TV yang anda pakai. Sedangkan jika mengoneksikan hp Android ke TV, anda harus melihat ketersediaan seperti port output video pada hp Android anda dan mengetahui tipe port yang telah digunakan.

pengaturan hp ke tv
pengaturan hp ke tv

Sekarang ini hp android yang dijalankan pada sistem OS Android 4.2 Jelly Bean keatas telah didukung dengan fitur Miracast asli bawaan hp. Beberapa tentang merk hp memiliki nama yang berbeda seperti pada hp merk Samsung Galaxy yang bernama All Share atau Samsung Link, sementara pada merk hp Android lainnya biasanya memiliki fitur Miracast dengan nama “Wireless display“.

Jika hp Android anda sudah tersedia memiliki fitur Miracast, sekarang anda bisa melihat dukungan fitur tersebut pada TV yang anda gunakan. Jika pada TV di rumah anda tidak memiliki fitur Miracast, maka anda harus membeli sebuah dongle tambahan untuk tv anda.

Jika persiapan sudah anda lakukan semua, sekarang saatnya anda menghubungkan hp Android ke TV yang sudah dipersiapkan.

Cara Menghubungkan Hp ke TV Tanpa Kabel

Menghubungkan hp ke TV tanpa kabel dapat memakai fitur Miracast atau Wireless Display yang sudah tersedia pada hp android anda. Sebelum lanjut proses berikutnya, silahkan anda periksa dulu ketersediaan fitur Miracast pada hp android dan TV. JIka TV tidak memiliki fitur Miracast, anda dapat membeli Miracast dongle atau receiver terlebih dahulu untuk tv anda.

Cara Menghubungkan hp ke TV tentu saja memiliki cara yang berbeda-beda. Cara berikut ini mungkin sesuai dengan TV yang Anda gunakan sekarang:

berdasarkan merek TV
berdasarkan merek TV

Selanjutnya proses dilakukan dengan membuka Setting pada hp Android anda. Biasanya pengaturan pada hp Android banyak yang berbeda-beda, tetapi anda tidak perlu merasa bingung, Berikut penjelasan berdasarkan merek hp android.

berdasarkan merek hp
berdasarkan merek hp

Berikutnya daftar jaringan Miracast dari TV atau dongle akan tersedia. Setelah memilih jaringan Miracast yang sesuai anda inginkan, maka hp Android akan mengoperasi koneksi dan semua tampilan pada layar hp android akan terhubung di layar TV anda.

Cara Lainnya

# All share

Fitur yang tersedia pada All Share atau Samsung Link terdapat pada smartphone merk Samsung Galaxy series. Fitur ini memiliki fungsi untuk sharing layar secara wireless antara hp dan TV cukup klik sekali saja.

# Wi-Di

Sama seperti dengan Miracast, Wi-Di atau Intel Wireless Display adalah sebuah bentuk dukungan Intel dari teknologi Miracast untuk komputer atau laptop. Jika anda tidak ingin menggunakan hp Android, anda dapat menggunakan laptop berbasis Windows yang bisa menggunakan Wi-Di.

# AirPlay

Jika anda merupakan pengguna iPhone, anda dapat menggunakan fitur AirPlay ini, sama seperti Miracast. AirPlay sendiri ditetapkan untuk produk-produk Apple dan berbasis Mac saja tidak bisa digunakan untuk system os android.

“Demikian pembahasan tentang cara menghubungkan Hp ke TV tanpa menggunakan kabel, semoga dengan membaca artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.” Terima kasih🙂

Baca Juga :