Cara Merawat Flashdisk Agar Awet Dan Tahan Lama

Posted on

fdYak sobat kali ini kita akan membahas tips merawat flash disk agar tidak mudah rusak dan tidak terkena virus. Padahal caranya cukup mudah loh asalkan rutin dan teratur ini di cara merawat flash disk.

 

Rajin Scan Virus

scan
Karena sangat fleksibel-nya flashdisk, membuat kita enteng untuk colok dari komputer satu ke komputer lainnya. Nah itu membuat dengan mudah pula virus dari salah satu komputer menyebar ke komputer lain, sehingga komputer yang tadinya tidak memiliki virus akan ikut terkena virus dan membuat kinerjanya menurun drastis. Inilah yang sering terjadi pada kebanyakan orang, apa lagi untuk orang yang tidak tidak tau tentang computer.

Lebih baik sobat membiasakan scanning virus di flashdisk yang sering sobat gunakan, karena sobat tidak tahu apakah flashdisk yang sobat gunakan tersebut masih terjaga dari virus atau tidak. efek terburuk dari flashdisk yang terkena virus ialah data yang tersimpan bisa rusak atau bahkan terhapus permanen bisa bahaya jika data kuliah atau data kantor hilang.

 

Hati – hati dalam Menyimpan Data

fd f

 

Menyimpan data dengan ukuran data yang terlalu besar sangat tidak baik untuk flashdisk. Apabila file yang akan disimpan memiliki size yang besar, sobat bisa mengkonvert menjadi zip untuk mengkompresnya menjadi kecil. Dan juga jangan terlalu sering  melakukan format terhadap flashdisk. Selain itu usahakan untuk tidak membuka atau  data langsung dari flashdisk. Sebaiknya, copy atau pindah dulu data yang ingin sobat edit ke komputer lalu edit. Setelah selesai baru paste kembali ke flashdisk.

 

Eject Flashdisk Setelah Digunakan

eject

 

Seringkali orang malas untuk melakukan eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB. Hilangkan kebiasaan itu mulai dari sekarang! Karena jika flashdisk tidak di-eject atau di stop, flashdisk akan berpotensi lebih cepat rusak. Proses eject atau stop  bertujuan untuk menghindari corruptnya atau macetnya datamu. Tentunya sobat tidak mau kehilangan data di flashdisk sobat kan.

 

Tutup Socket USB Saat Tidak Digunakan

shoclet

 

Flashdisk yang kamu beli biasanya dilengkapi pelindung pada bagian USB-nya untuk menutup dari debu. Saat sedang tidak digunakan, tutup socket USB tersebut dengan pelindung yang sudah tersedia. Hal ini menghindari debu masuk ke bagian dalam flashdisk.

 

Taruh Flashdisk di Tempat yang Benar

tempat fd

 

Maksudnya adalah jangan menaruh flashdisk di dekat peralatan elektronik, terutama yang memiliki medan magnet yang besar seperti Kulkas, TV, ponsel dan lainnya. Medan magnet yang besar tentunya akan mempengaruhi flashdisk. Selain juga itu hindari flashdisk dari panas. Jadi jangan simpan flashdisk di tempat yang terkena paparan sinar seperti jendela pokoknya jangan sampai terkena sinar matahari matahari langsung.

 

Jangan Sampai Terkena Air

air

 

Jangan sampai flashdisk sobat terkena cipratan air atau bahkan sampai terendam di dalam air. Meskipun beberapa jenis flashdisk diklaim waterproof, mungkin lebih baik jauhkan flashdisk dari kontak langsung dengan air. sobat ketahui bersama bahwa barang elektronik sangat anti apabila terkena air.

 

Hindari Flashdisk Terkena Benturan Keras Atau Jatuh

benturan

 

Benturan keras bisa menyebabkan kerusakan pada flashdisk, atau bahkan data-data yang ada di dalamnya juga bisa hilang.

Sebenarnya beberapa tips diatas itu sangat mudah untuk dilakukan. Namun karena kecerobohan ataupun ketidak rajinan kita dalam merawat flashdisk membuat kita menyepelekan sesuatu yang mudah, sehingga beberapa hal diatas menjadi sulit untuk diterapkan.

 

Kesimpulan :

“Inti dari semua cara merawat flash ada teratur dan hati kebanyakan orag malas scanning dan tidak hati – hati menaruh flash.

Demikian tips merawat flash disk agar tidak mudah rusak dan tidak mudah terkena virus dan telah di uji, selalu lah hati – hati dalam menggunakan flash selalu backup data – data penting jika ingin di pindah untuk mencegak sesuatu yang tidak kita ingin kan. Semoga Bermanfaat….

 

Baca Juga :