Cara Print Bolak Balik di Word Otomatis dan Manual

Posted on
Cara Print Bolak Balik
Cara Print Bolak Balik

Cara Print Bolak Balik – Apakah anda ingin melakukan print sebuah dokumen secara bolak-balik? Print dengan keadaan bolak balik sering kali digunakan oleh orang-orang yang sering kerjaannya mencetak pada sebuah dokumen.

Seperti pekerjaan kantoran, mahasiswa, sampai operator warnet dan para pengusaha percetakan lainnya. Karena dalam hal ini print bolak balik menjadi salah satu solusi untuk anda yang ingin menghemat kertas.

Coba anda bayangkan jika dengan print satu sisi saja, untuk mencetak 100 halaman pada dokumen anda dan akan memerlukan 100 lembar kertas.

Tetapi jika anda mencetak / print dokumen dengan cara bolak balik, anda hanya memerlukan 50 kertas saja untuk mencetak sebuah dokumen yang berisi 100 halaman.

Hasilnya anda akan 2 kali lebih hemat daripada dengan cara print satu sisi saja. Coba anda bayangkan ketika anda sering ngeprint setiap hari.

Tentunya akan memakan banyak kertas dan uang anda jika tidak print bolak balik dokumen anda. Print bolak balik sangat berguna untuk menghemat kertas dan uang anda.

Cobalah mulai sekarang menggunakan cara print bolak balik ini, selain menghemat kertas dan uang. Juga dapat melestarikan pohon yang akan dijadikan kertas. Tetapi cara print bolak balik ini sayangnya belum banyak yang tahu.

Maka dari itu, pembahasan kali ini CaraGeo akan menjelaskan bagaimana caranya mencetak/print dokumen bolak balik pada Microsoft Word.

Penjelasan print bolak balik memiliki 2 cara Yaitu dengan cara otomatis dan manual. Pada cara otomatis anda dapat menggunakan jika printer anda sudah mendukung percetakan Duplex. Jika cara manual dapat dilakukan jika printer anda belum didukung dengan percetakan duplex.

Untuk mengecek printer anda apakah sudah mendukung Duplek, anda dapat mencari lewat internet dengan menggunakan nama/type printer anda atau tempat lainnya. Berikut penjelasan print bolak balik dibawah ini!

Cara Print Bolak Balik

Print Secara Otomatis

Print secara otomatis
Print secara otomatis

Jika pada printer yang anda gunakan telah mendukung percetakan duplex, hal ini dapat anda lakukan untuk mencetak dokumen secara bolak balik.

Beberapa macam jenis printer biasanya sudah menyediakan pengaturan print secara otomatis yang akan mencetak dokumen duplex tanpa melakukan pengaturan secara manual.

Jika ingin mengaktifkan fitur tersebut, silahkan beri tanda centang / ceklis pada pilihan menu opsi “Double-sided Printing” yang posisinya terdapat pada bagian bawah pengaturan printer Anda.

Jika sudah maka anda tidak perlu mengatur pengaturan print otomatis setiap kali ketika akan mencetak dokumen yang panjang.

Tetapi pada cara ini jika pengaturan otomatis tidak tersedia, maka Anda dapat mengatur print otomatis dengan cara manual.

Anda dapat melakukan pengaturan dengan mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali ketika akan mencetak dokumen yang panjang.

Print Secara Manual

Print secara manual
Print secara manual

Pada printer yang tidak mendukung pencetakan duplex, maka Anda dapat mencetak sebuah dokumen bolak-balik dengan cara yang manual. Pada proses mencetak duplex secara manual.

Microsoft Word akan mencetak pada setiap halaman dan hanya satu sisi lembar kertas saja, berikutnya yang anda harus lakukan adalah membalik kertas agar halaman dokumen sisi sebelahnya dapat dicetak juga. Berikut cara dan langkah print secara manual:

  1. Pertama masuk ke kotak dialog Print pada bagian bawah aplikasi Printer.
  2. Lalu pada menu Print On Both Side, anda pilih Yes Flip Over.
  3. Kemudian scroll ke bawah dan pilih opsi “Manual Duplex”, lalu simpan pengaturan Anda.
  4. Selanjutnya kembali ke halaman dokumen di Word. Lakukan Print dokumen dan Word akan meminta Anda untuk memasukkan halaman dokumen word untuk dicetak pada sisi kertas selanjutnya.

Selain menggunakan cara di atas tersebut, Anda dapat mencetak halaman dokumen bolak-balik dengan cara manual yang lainnya.

Cara di bawah ini sangat pas ketika mengalami masalah pada cara sebelumnya dan bagi anda yang membuat sebuah halaman dokumen seperti skripsi, jurnal, makalah, atau yang lainnya. Berikut cara dan langkah print bolak balik dengan cara manual:

  1. Langkah awal buka dokumen Anda pada Word.
  2. Lalu Klik “Print” pada menu.
  3. Kemudian pilih opsi “Print Odd Numbered Pages” atau menu lain dengan kata-kata yang sama seperti menu berikut.
  4. Selanjutnya klik “OK” untuk mencetak halaman word anda.
  5. Jika sudah masukkan kertas ke dalam printer. Perlu Anda ingat bahwa percetakan duplex dengan cara manual ini harus Anda untuk ketahui fungsi pengumpan kertas yang anda gunakan. Caranya coba terlebih dahulu sebagai contoh sampel kertas untuk memastikan bahwa umpan printer sebelum Anda melanjutkan mencetak halaman ganjil.
  6. yang terakhir kembali pada halaman di Word. Lalu pilih opsi “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak sebuah halaman selanjutnya pada sisi lain kertas.

Berikut tentang tutorial lengkap cara print bolak balik dengan cara otomatis dan cara manual. Jika anda bekerja disuatu percetakan, tentunya anda harus mengetahui cara diatas. Karena mencetak dokumen bolak balik terkadang sangat diperlukan sekali. Terutama untuk menghemat kertas dan juga untuk mengurangi pengeluaran. Semoga bermanfaat🙂

Artikel Terkait :