Cara Registrasi Kartu XL (Yang Gagal, Baru, Ulang)

Posted on
cara registrasi kartu xl
cara registrasi kartu xl

CaraGeo.com – Pada pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang cara registrasi kartu xl dengan sangat mudah dengan masuk ke situs web xl langsung atau dengan menggunakan sms yang memasukan NIK dan No KK.

Sekarang pemerintah sudah membuat peraturan baru dan mempublikasikan bahwa para pengguna kartu perdana diharuskan untuk mendaftarkan data diri pengguna menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat pada e-KTP dan No KK (Kartu Keluarga).

Peraturan ini dimengacu pada peraturan pemerintah Menteri Kominfo No.12 tahun 2016 yang sudah diganti dengan No.14 tahun 2017. Jika para pengguna tidak segera untuk melakukan registrasi perdana yang dipakai sesuai dengan NIK dan No KK maka bisa mengakibatkan masalah pada perdana itu secara bertahap, Seperti pemblokiran nomor.

Program registrasi nomor perdana sekarang ini dilakukan untuk perlindungan bagi para pengguna dan untuk kepentingan identitas tunggal nasional.

Pada periode melakukan registrasi perdana yaitu tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 28 Februari 2018. Tetapi ada beberapa operator seluler yang mulai memberikan himbauan untuk registrasi data tersebut.

Program registrasi kartu perdana ini bukan hanya kartu perdana baru saja yang harus melakukan registrasi, tetapi untuk pelanggan lama juga harus melakukan registrasi ulang dengan cara yang sama.

Registrasi Kartu XL

Registrasi Kartu XL Dengan SMS

registrasi kartu xl
registrasi kartu xl

Untuk pelanggan baru kartu perdana XL caranya:

  • Ketikan : DAFTAR#NIK#NomorKK
  • Kirim ke 4444

Untuk pelanggan lama kartu perdana XL caranya:

  • Ketikan : ULANG#NIK#NomorKK#
  • Kirim ke 4444

Cara diatas yaitu menggunakan pesan untuk melakukan registrasi kartu perdana xl anda, selain menggunakan pesan anda juga bisa melakukan registrasi secara online yang sudah disediakan dari XL melalui situs web resminya.

Registrasi Kartu XL Via Online

XL Axiata sudah memberikan solusi dalam melakukan registrasi selain dengan metode SMS, caranya cukup anda kunjungi situs web ini https://www.xl.co.id/registrasi. Dan ikuti cara-caranya dibawah ini.

  1. Jika anda sudah masuk kedalam halaman awal situs web xl, maka anda diminta untuk memasukkan nomor perdana xl anda pada kolom yang disediakan.

    masukan nomor perdana xl
    masukan nomor perdana xl
  2. Kemudian klik Verivy, lalu sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor perdana xl yang anda masukan tadi.
  3. Lalu masukkan kode verifikasi tadi pada halaman registrasi pelanggan, kemudian klik Verifikasi.

    masukan kode verifikasi
    masukan kode verifikasi
  4. Selanjutnya ketikan NIK dan nomor KK anda secara benar pada bagian kolom yang disediakan, dan klik Submit.

    masukan NIk dan No KK
    masukan NIk dan No KK
  5. Jika sudah maka pendaftaran atau pembaruan data sudah selesai dilakukan, berikutnya anda akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS tentang data registrasi yang diterima.

Sebelum dengan peraturan sekarang, XL Axiata telah memberikan pilihan data kedua yaitu berupa nama ibu kandung, tetapi sekarang registrasi hanya bisa dilakukan nomor KK saja.

Sistem tersebut sudah terintegrasi dengan database yang ada pada Dukcapil, sehingga akan secara otomatis data yanng dimasukan langsung teridentifikasi nama pemilik KTP dan validasi data nomor KK.

Akibatnya Jika Tidak Melakukan Registrasi

Jika anda tidak segera melakukan registrasi atau daftar ulang sesuai dengan NIK dan No KK yang benar sampai batas waktu yang telah ditetapkan, yaitu tanggal 28 februari 2018, maka anda tidak bisa menggunakan layanan yang diberikan provider seperti tidak bisa SMS dan telpon dengan nomor tersebut, kemudian anda akan diberikan waktu sampai 15 hari kedepan.

Jika dalam waktu 15 hari kedepan anda tidak segera melakukan registrasi ulang lagi, maka semua layanan yang telah diberikan provider akan langsung diblokir.

Apa boleh registrasi asal-asalan?

Telah disarankan untuk para pengguna kartu perdana baru dan lama bahwa tidak diperbolehkan mengisi data registrasi nomor perdana yang digunakan dengan asal-asalkan atau sembarangan.

Karena data registrasi tersebut dapat langsung diproses dengan cepat ketika validasi menuju database Ditjen Dukcapil. Jika proses registrasin tidak berhasil, maka kartu perdana akan diblokir.

Demikian pembahasan tentang registrasi kartu perdana xl, cara ini bisa dilakukan pada perdana lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan registrasi perdana Xl atau daftar ulang. Terima kasih🙂

Artikel Terkait :