Cara Root Hp Android Terbaru 2019 Dengan Hp dan PC

Posted on
cara root hp
cara root hp

CaraGeo.com – Pada pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang cara root hp android menggunakan Pc dan membahas tentang cara root hp android dengan Aplikasi.

Apakah anda tau root itu? Mungkin anda pernah mendengarnya. Rooting merupakan sebuah proses yang memungkinkan para pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang telah menjalankan sistem operasi Android dalam mencapai kontrol istimewa atau akses penuh sebagai administrator dapat dikenal sebagai ‘akses root‘ pada subsistem program Linux Android anda.

Banyak cara melakukan root HP Android. Rooting dapat dilakukan dengan antara lain rooting menggunakan PC ataupun melalui android HP anda langsung .

Yang dibutuhkan proses root yaitu software atau aplikasi, anda bisa memilih sendiri aplikasi mana yang cocok dengan HP android anda. Simak penjelasan dibawah ini!

Cara Root Hp Android 

Root Dengan Aplikasi

1. KingRoot

cara root dengan kingroot
cara root dengan kingroot

KingRoot dapat dinilai sebagai sebuah aplikasi root Android terbaik sekarang ini. Hal ini disebabkan karena aplikasi KingRoot sudah mendukung proses root sekitar 100.000 tipe smartphone berbasis Android pada saat ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah download terlebih dahulu aplikasi KingRoot di smartphone android anda. anda dapat mendownload aplikasi pada web resmi KingRoot atau PlayStore.

Kemudian jika anda telah download aplikasi, anda dapat langsung melakukan penginstallan aplikasi KingRoot. Proses install seperti menginstall aplikasi lainnya di Android.

Berikutnya buka aplikasi KingRoot yang sudah di install maka type smartphone anda akan secara otomatis terpindai. Jika smartphone terdukung, lalu anda akan langsung dapat melakukan rooting pada perangkat Android yang anda gunakan.

2. Framaroot

cara root dengan Framaroot
cara root dengan Framaroot

Framaroot melakukan proses rooting Anda dapat menggunakan aplikasi yang bernama Framaroot pada smartphone android anda, berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi Framaroot pada hp android anda.
  2. Lalu buka Framaroot, Jika sudah berhasil masuk pilih SuperSU atau Superuser sesuai keinginan anda.

    buka aplikasi Framaroot
    buka aplikasi Framaroot
  3. Selanjutnya terdapat pilihan Aragorn dan Gandalf. Proses kedua pilihan tersebut dapat melakukan proses root, Tetapi disarankan untuk memilih Gandalf pada opsi.

    pilih opsi gandalf
    pilih opsi gandalf
  4. Tunggulah beberapa saat sampai semua proses selesai. Jika terdapat notifikasi pada gambar dibawah, itu berarti anda telah berhasil melakukan root.

    hasil root dengan framaroot
    hasil root dengan framaroot
  5. Jika sudah berhasil, langkah selanjutnya yaitu restart smartphone anda. Kemudian cek dan pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser muncul pada hp anda.

    Aplikasi SuperSU atau Superuser
    Aplikasi SuperSU atau Superuser
  6. Proses root selesai.

3. KingoRoot

cara root dengan kingoroot
cara root dengan kingoroot

Dengan melakukan proses root pada aplikasi kingoroot ini proses dan langkahnya sangat mudah. anda hanya perlu download dan install aplikasi KingoRoot pada smartphone android anda.

kemudian klik opsi One Click Root maka hp anda akan secara otomatis melakukan proses rooting. Tunggulah beberapa saat sampai smartphone anda telah berhasil diroot.

Demikian proses root HP Android dengan Aplikasi. Walaupun mudah anda harus siap jika mendapatkan segala kemungkinan yang terjadi rusak/berhasil pada Android anda atau dapat membuat HP anda tidak dapat dioperasikan lagi.

Root Dengan PC

cara root dengan pc
cara root dengan pc

Melakukan Rooting dengan PC atau komputer dapat dinilai jauh lebih aman dan kemungkinan berhasil yang lebih besar dibanding melakukan rooting melalui HP. Anda dapat melakukan proses rooting HP Android dengan software-software root PC yang telah banyak ditemukan.

Tetapi ada langkah-langkah dasar untuk melakukan root HP di PC. Berikut -langkah-langkah dasar yang harus anda lakukan saat melakukan root HP di PC:

1. Aktifkan USB Debugging

Pertama anda harus mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu, karena fungsi USB Debugging ialah proses membangun jembatan antara perangkat Android dan PC/komputer yang anda gunakan.

Langkah dalam mengaktifkan USB Debugging adalah dengan membuka menu Setting pada smartphone Android, lalu cari opsi About phone, kemudian pada opsi About Phone cari opsi Build Number dan lakukan klik berulang-ulang sampai muncul notifikasi You are now a developer pada hp anda.

Berikutnya kembali pada menu Setting lalu pilih menu Developers Option / Opsi Pengembang. Carilah opsi mode Debugging USB kemudian ceklis pada pilihan itu.

Jika sudah melakukan proses diatas, anda harus kembali lagi ke menu Setting lalu cari pengaturan Security pada settingan, maka akan ada pilihan opsi Unknown Source, lalu ceklis opsi Unknown Source.

2. Lakukan proses Root dengan Software/Aplikasi pada PC

Jika anda telah mengatur pengaturan di smartphone anda, langkah selanjutnya yaitu sambungkan smartphone anda ke PC menggunakan kabel USB.

Kemudian anda harus mendownload aplikasi root HP. Banyak macam-macam aplikasi root HP yang dapat anda download pada Internet. Seperti Aplikasi Root Genius, iRoot, MobileGO, KingoRoot, OneClickRoot dan lainnya. Pilihlah aplikasi yang cocok dengan tipe dan merk smartphone Android anda.

Cara menggunakannya sama saja dengan cara penggunaan aplikasi root di hp anda. Anda hanya perlu download dan install terlebih dahulu aplikasi yang dipilih. Lalu buka aplikasi tersebut dan ikuti perintah yang telah diberikan.

Proses melakukan Rooting HP memakan waktu yang sangat lama, sehingga anda harus memastikan baterai HP terisi penuh. Jika tidak maka proses ini akan membuat kegagalan dalam proses rooting smartphone android anda.

“Demikian pembahasan tentang Cara Root Hp Android Terbaru 2019 menggunakan Android dan Pc, semoga bermanfaat“.

Artikel Terkait :