Cara Screenshot Samsung J2 Prime, J3,J5, J7,s8, All Type

Posted on

Cara Screenshot Samsung – Pembahasan kali ini tentang cara screenshot samsung J2 Prime, samsung j3, samsung j5, samsung j7, dan samsung s8. Selain bisa digunakan pada type hp tersebut, anda dapat melakukan cara screenshot pada semua jenis samsung. Baik menggunakan tombol yang ada di hp atau dengan aplikasi, simak penjelasan dibawah ini..

Cara Screenshot Samsung

1. Tombol Power dan Home

Tekan Tombol Power dan Home
Tekan Tombol Power dan Home

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan tombol power dan home yang ditekan secara bersama-sama. Screenshot dengan cara yang satu ini sangat umum sekali digunakan. Selain simple cara ini juga sangat mudah dilakukan. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Pilih bagian yang akan anda screenshot.
  2. Kemudian tekan tombol power dan home secara bersama-sama. Tahan dan tunggu sampai bagian ter-screenshot.

2. Screenshot Samsung Galaxy S8/S8+

Screenshot Samsung Galaxy S8 atau S8+
Screenshot Samsung Galaxy S8 atau S8+

Jika anda pengguna Samsung Galaxy S8 atau S8+, melakukan screenshot pada type hp Samsung Galaxy S8/S8+ sedikit berbeda. Karena pada Samsung Galaxy S8 atau S8+ tidak memiliki tombol home, tidak seperti samsung lainnya. Berikut cara Screenshot Samsung Galaxy S8/s8+ :

  1. Pertama pilih bagian yang akan anda screenshot.
  2. Lalu tekan dan tahan tombol Power dan Volume(-) secara bersamaan. Tunggu sampai bagian ter-screenshot.
  3. Kemudian akan muncul jendela baru yang menampilkan beberapa fitur. Anda bisa memilih fitur tersebut seperti draw, crop, share, scroll capture, dan view screenshot pada foto yang anda screenshot.

3. Palm Swipe Gesture

Aktifkan fitur Palm Swipe Gesture
Aktifkan fitur Palm Swipe Gesture

Cara screenshot yang satu ini sangat mudah dan cepat sekali. Dengan memakai cara Palm Swipe Gesture, anda tidak harus menekan tombol apapun pada hp anda.Cara yang dilakukan hanya perlu menggeser atau mengusap dari kanan ke kiri layar hp anda

Jika anda ingin menggunakan cara yang satu ini, anda harus aktifkan fitur palm swipe gesture pada hp anda. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Masuk pada pengaturan dan pilih bagian Motion.
  2. Jika sudah, pada menu Motion pilih bagian Hand Motion.
  3. Kemudian aktifkan fitur Palm-Swipe Gesture.
  4. Jika fitur tersebut sudah aktif. Anda bisa melakukan screenshot tanpa menggunakan tombol apapun hanya menggeser atau mengusap layar hp anda.

4. Dengan S PEN

Screenshot dengan S Pen
Screenshot dengan S Pen

Cara yang berikutnya melakukan screenshot yaitu jika anda menggunakan Samsung Galaxy Note 3 atau type diatasnya.

Anda bisa melakukan cara yang mudah ini dengan screenshot menggunakan S Pen. Caranya cukup tekan tombol yang ada pada bagian stylus S Pen, tunggu beberapa detik. Lalu klik S Pen pada layar Samsung Galaxy Note anda.

5. Dengan Aplikasi

screenshot dengan aplikasi
screenshot dengan aplikasi

Cara yang terakhir untuk melakukan screenshot ini dengan aplikasi yaitu Aplikasi Touchshot. Anda dapat melakukan screenshot pada semua jenis hp dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini selain untuk melakukan Screenshot, anda juga bisa merekam layar hp menggunakan fitur Screen Record pada aplikasi touchshot ini. Berikut caranya dibawah ini:

  1. Download terlebih dahulu aplkasi Touchshot dan lakukan install pada HP Samsung anda.
  2. Lalu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Kemudian akan ada beberapa pilihan seperti Screen Capture dan Screen Record.
  4. Jika sudah, pilih bagian Screen Capture untuk melakukan Screenshot. jika anda ingin merekam layar hp anda pilih Screen Record.
  5. Selesai.

Demikian pembahasan tentang cara screenshot  semua jenis hp samsung, anda dapat menggunakan aplikasi jika salah satu tombol hp anda rusak. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga: