5 Cara Transfer File Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel

Posted on
Cara Transfer File Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel
Cara Transfer File Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel

CaraGeo.com – Mungkin anda sering mengirim atau transfer file dari Android ke komputer/laptop. Seperti file dokumen, word,video, gambar, foto, musik, lagu, atau file lainnya. anda dapat mentransfer file tersebut dengan cepat dari android ke komputer tanpa kabel USB.

Kabel data/USB merupakan alat yang sering sekali digunakan ketika akan transfer file. Tetapi dengan cara ini kecepatan transfer atau pengiriman file sesuai dengan kabel data, port-nya, sampai pada harddisk yang digunakan.

Menurut mimin menggunakan kabel USB itu sangat ribet sekali dari Android ke komputer. Dilihat dari masalah yang lainnya ketika ingin transfer file tetapi kabel data/USB sering ketinggalan. Menanggapi masalah tersebut ada beberapa cara yang lebih mudah dan cepat ketika transfer file dari android ke komputer tanpa kabel data/USB. SImak penjelasannya dibawah ini Gaes!

Cara Transfer File Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel

Bluetooth

transfer file dengan Bluetooth
transfer file dengan Bluetooth

Cara yang pertama Anda bisa memanfaatkan fasilitas pada Bluetooth. Bluetooth adalah fitur yang sudah wajib berada dalam sebuah smartphone android. Transfer file dengan Bluetooth akan memudahkan kita karena tidak memerlukan kabel data/USB sehingga akan sangat cepat dan pastinya praktis. Komputer sekarang hampir semuanya dilengkapi dengan adanya fitur Bluetooth.

Pastinya anda sudah cukup familiar dengan cara yang satu ini, karena menggunakan fitur Bluetooth melalui komputer caranya sama saja seperti menggunakan melalui android. Tetapi jika pada komputer Anda tidak memiliki fasilitas fitur Bluetooth ini, Ada cara lain untuk tranfer file yaitu menggunakan FTP Server.

 FTP Server

transfer file dengan FTP Server
transfer file dengan FTP Server

FTP Server merupakan aplikasi yang bisa tranfer sebuah file dari Android ke komputer dengan sangat cepat dan mudah. Caranya sangat mudah sekali dengan Aplikasi ini. Langkah yang pertama yaitu android dan komputer harus terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

Kemudian download aplikasi FTP Server yang tersedia di Google PlayStore. Jika selesai download dan lakukan install aplikasi ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah transfer file dari ponsel Android ke komputer tanpa kabel dibawah ini:

  1. Buka Aplikasi FTP Server Pada Android
    Setelah Anda buka dan jalankan aplikasi FTP Server, Anda bisa melihat halaman awal dan bisa menemukan icon tombol Power yang ada pada layar. Klik icon tombol tersebut, lalu di layar akan terlihat alamat FTP pada android Anda.
  2. Buka FTP Server Dengan Komputer
    Selanjutnya buka browser pada komputer Anda yang sudah terhubung jaringan WiFi. Tulis alamat FTP Server pada address bar, kemudian Anda akan melihat tampilan sebuah folder yang ada di android Anda.
  3. Transfer File
    Kemudian Anda sekarang bisa melakukan transfer file dari Android ke komputer Anda. Jika sudah selesai Anda bisa mematikan aplikasi FTP Server dengan klik icon tombol Power sampai alamat FTP tidak tampil pada layar android.

Cloud Storage

transfer file dengan Cloud Storage
transfer file dengan Cloud Storage

Anda bisa menggunakan media penyimpanan yang berbasis awan untuk transfer file dari android ke komputer Anda tanpa menggunakan kabel. Hal yang dapat dilakukan Could storage yaitu bisa sinkronisasi pada perangkat keras yang Anda miliki. Kemudian Anda bisa transfer file dari android Anda ke media penyimpanan tersebut dan Anda lakukan akses dengan komputer Anda.

AirDroid

transfer file dengan AirDroid
transfer file dengan AirDroid

AirDroid adalah aplikasi untuk melakukan transfer file dari Android ke Komputer dengan mudah. Dengan melakukan install Aplikasi AirDroid di android atau di komputer Anda dapat melakukan transfer file dari android ke komputer dan sebaliknya. Kemudian Anda akan menerima sebuah notifikasi pada komputer sama seperti yang Anda terima di android.

SHAREit

transfer file dengan SHAREit
transfer file dengan SHAREit

SHAREit sudah sangat terkenal yang merupakan salah satu aplikasi pengirim data terbaik saat ini. Kinerja SHAREit ketika mentransfer file yaitu dengan membuat sebuah hotspot WiFi khusus yang akan dihubungkan dengan perangkat baik yang mengirim atau penerima, sehingga transfer file tidak lagi memerlukan kuota internet.

Melakukan transfer file dari Android ke komputer dengan SHAREit sangatlah mudah sekali, cukup jalankan di komputer dan Android. Kemudian pada android klik Connect PC untuk menghungungkan Shareit yang ada dikomputer. Pilih GO. Terakhir buka Shareit pada komputer anda dan terima sinyal dari Shareit android. Kemudian lakukan transfer file anda.

Itulah cara transfer file dari android ke komputer tanpa menggunakan kabel data atau USB. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya🙂

Baca Juga :