Dampak Bahaya Mengisi Baterai Smartphone Di Laptop

Posted on

bahaya mengecas smarphone di laptop

Bagi anda yang suka beraktivitas di luar atau jalan jalan, pasti sudah tidak asing kalau  anda harus bepergian membawa power bank. Jika baterai smartphone anda habis diperjalanan anda tidak kesulitan. Karena anda orangnya yang tidak mau ribet bawa laptop dan power bank di tas, anda mungkin lebih memilih mengisi daya smartphone  anda menggunakan laptop.

Mengisi ulang daya smartphone dengan laptop boleh boleh saja anda lakukan di saat darurat. Tetapi, jangan terlalu sering-sering ya! Karena ada dampak bahaya yang mengancam jika anda sering mengisi ulang smartphone dengan laptop.

Bahaya Mengisi Daya Smartphone Menggunakan Laptop

Beberapa laptop dibekali gimmick kemampuan yang digunakan untuk nge-charge smartphone. Bahkan tidak jarang para produsen laptop menjadikan hal itu sebagai nilai jualnya. Padahal mengisi ulang daya baterai menggunakan laptop itu bisa menimbulkan dampak bahaya-bahaya sebagai berikut:

  1. Smartphone Akan Cepat Rusak

Walaupun aliran listrik yang dihasilkan oleh laptop bisa digunakan untuk mengisi ulang  daya smartphone, tetapi arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidaklah kuat dan cepat. Karena mengisi ulang daya smartphone dengan aliran listrik yang lemah, dampaknya mengisi daya pada smartphone pun menjadi sangat lama.

Apa dampak selanjutnya dari mengisi ulang baterai smartphone yang lama? Anda akan  menggunakan smarphone selama proses isi ulang. Dan alhasil, baterai smartphone anda  jadi tidak awet dan akan mudah rusak, contohnya baterai smartphone anda akan melembung.

  1. Membuat Baterai Laptop jadi Cepat Rusak

Karena sama-sama menampung daya listrik untuk digunakan di lain waktu, maka secara teknis laptop itu sama seperti power bank. Tidak heran jika kemudian anda menggunakan laptop untuk mengisi ulang baterai smartphone. Tapi perlu anda sadari juga, karena sama dengan power bank, maka baterai laptop juga memiliki batas waktu masih baik atau buruk baterai laptop tersebut atau yang disebut life cycles .

Jika anda sering menggunakan laptop sambil mengisi ulang daya smartphone, baterai laptop anda akan jadi cepat habisa. Hal ini terjadi dikarenakan saat digunakan mengisi ulang smartphone anda, baterai laptop jadi cepat habis, sehingga membuat laptop harud cepat di-charge lagi. Semakin sering diisi ulang, maka baterai laptop pun semakin cepat rusak.

  1. Rawan Pencurian Data

Dengan menggunakan proses ‘Handshake’ atau proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika saling terhubung, maka hacker pun bisa mencuri data data anda saat mengisi ulang daya menggunakan laptop. Hal ini terjadi karena pada proses ‘Handsake’ membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, informasi firmware, nomor seri , informasi sistem operasi, daftar file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

Maka dari itu proses ini membuka kesempatan hacker untuk mencuri data di smartphone anda. Dengan memanfaatkan command khusus yang bertugas untuk meng-install sistem root pada smartphone, hacker lebih leluasa dan mudah mencuri semua data yang ada di smartphone anda.

Cara Aman Mengisi Daya Smartphone Menggunakan  Laptop

Bagaimana? Itulah bahaya yang ditimbulkan jika anda sering mengisi ulang daya  smartphone menggunakan laptop. Anda bisa kehilangan data, smartphone cepat rusak, atau bahkan laptop anda yang akan rusak. Untuk menghindari hal-hal tadi, sebaiknya anda:

  • Mengisi daya smartphone dengan laptop hanya saat darurat saja. Jika terhubung dengan laptop, Lebih aman jika mengisi daya smartphone langsung dari sumber daya listrik utama.
  • Saat mengisi daya smartphone dengan laptop, pastikan smartphone dalam keadaan terkunci. Hindari menggunakan smartphone selama di-chargemenggunakan laptop.

Baca Juga :
Dampak Mengantongi Smarphone
6 Cara Merawat Laptop Agar Awet
3 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone