Inilah 5 Bahaya Sinyal Wifi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

bahyanya sinyal wifi untuk kesehatan

Di era modern seperti saat ini, penggunaan wi-fi atau Wireless Fidelity telah menjadi salah satu trend di negara – negara yang berkembang .Dimana hal ini merupakan jaringan lokal nirkabel yang sudah mampu menghubungkan seseorang dengan dunia internet yang sangat mudah. Kita tahu bahwa internet ini merupakan trend yang saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi semua kalangan masyarakat.

Bahaya Sinyal Wifi Bagi Kesehatan Manusia

sinyal wifi yang bahaya

Namun, sinyal wifi ini juga memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan penggunanya. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bahayanya sinyal wifi bagi kesehatan kita sebagai pengguna. Berikut ulasannya:

  1. Dapat merusak sel-sel otak

National Toxicology Program dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mempelajari beberapa efek radiasi non-termal pada kesehatan manusia. Hasilnya adalah paparan radiasi ini yang terjadi secara signifikan bisa meningkatkan risiko penyakit yang serius, terutama bagi kalangan anak – anak.

Mengapa? Karena anak – anak memiliki sistem saraf dan otak mereka yang masih dalam proses perkembangan. Mereka ini memiliki tengkorak yang lebih tipis dan berukuran lebih kecil dari orang – orang dewasa. Hal tersebut dapat berakibat akan lebih mudahnya radiasi untuk menembus lebih ke dalam otak mereka.

sinyal wifi bahaya

Membuat sel – sel otak menjadi rusak, sehingga akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan seperti sakit pada bagian kepala, mudah merasa akan lelah, gangguan konsentrasi, serta juga kehilangan memori dalam jangka waktu yang bisa dibilang pendek.

  1. Menyebabkan Insomnia

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 kemarin yang telah mengevaluasi tentang modulasi frekuensi yang rendah dari beberapa perangkat yang menghasilkan gelombang electromagnetik pada kualitas di saat tidur manusia.

Hasil studi tersebut sudah menunjukkan bahwa mereka yang terkena radiasi elektromagnetik dengan secara signifikan akan lebih sulit untuk tertidur serta mengalami perubahan pola pada gelombang otaknya.

Hal ini pada akhirnya juga bisa mengembangkan meningkatnya depresi maupun darah tinggi (hipertensi) yang diakibatkan oleh kualitas tidur yang kurang baik. Untuk itu, para ahli kesehatan ini sangat menyarankan agar menjauhkan tubuh kita dari ponsel ataupun jaringan Wi-fi pada saat tidur.

  1. Meningkatkan resiko masalah perkembangan anak

Dalam beberapa study yang telah dilakukan kemarin, menyatakan bahwa paparan – paparan radiasi frekuensi radio non-termal dari jaringan  Wi-Fi dan telepon seluler ini dapat mengganggu perkembangan sel normal manusia, terutama pada perkembangan sang janin.

sinyal wifi

Dalam studi lain menyatakan bahwa, bahayanya wifi mengakibatkan gangguan sintesis protein ini akibat paparan radiasi tersebut cukup parah terutama pada perkembangan anak – anak dan kalangan remaja.

  1. Mempengaruhi pertumbuhan sel

Dalam sebuah studi yang dilakukan di negara Denmark yaitu dengan mengujinya pengaruh nirkabel Wi-Fi router pada beberapa jenis dari tanaman. Studi tersebut telah menunjukkan hasil bahwa tanaman yang sudah berada di dekat sumber radiasi tidak akan dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

  1. Mengurangi aktivitas otak wanita

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sekolmpok 15 pria dan 15 wanita yang mana mula – mula ini kedua kelompok tersebut diuji tanpa terkena radiasi Wi-fi dengan sedikitpun.

Setelah dilakukan pengukuran pada aktivitas otaknya, hasilnya sudah menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah apapun pada mereka. Namun pada saat kedua kelompok itu terkena radiasi dari Wifi dengan berkapasitas 2.4 GHz dari titik akses nirkabelnya selama +/- 45 menit, lalu setelah dilakukan pengukuran aktivitas otak hasilnya telah menunjukkan bahwa terjadinya perubahan yang nyata pada aktivitas otaknya serta tingkat energi khususnya pada kelompok 15 wanita tadi.

Meskipun penggunaan jaringan nirkabel seperti halnya wi-fi banyak sekali memberikan keuntungan, diantaranya untuk mengetahui perkembangan – perkembangan dunia melalui jejaring internet, namun kita juga sangat perlu mewaspadai dengan adanya berbagai resiko pada kesehatan di saat menggunakan jaringan tersebut.

Para ilmuwan telah meyakini bahwa sekecil apapun itu kandungan radiasi dari sinyal WiFi, hal itu juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Penjelasan Tentang LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN
Penyebab Dan Solusi Bagi Pengguna Android Cepat Panas
Inilah Smartphone aneh yang muncul di MWC 2017
Informasi Samsung Galaxy S8 Bocor Lagi?
Ram 6GB Huawei Disebut Mubazir?