Kesalahan – Kesalahan yang sering Dilakukan Oleh Pengguna Android

Posted on

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna Andoid

Pertama kalinya dirilis pada bulan September 2008, Google telah banyak memberikan angin segar pada sistem operasi android. Dalam waktu 8 tahun lamanya, Android telah sukses menjadi sistem operasi raksasa yang bukan hanya digunakan oleh smartphone saja, tapi juga digunakan oleh smartwatch dan smarthome.

Selain karena banyak sekali dukungan game dan aplikasi, smartphone Android sangat banyak digemari masyarakat karena banyak pilihan smartphone murah dan terbaik kualitasnya.

Namun, masih banyak pengguna Android yang tidak sadar bahwa yang dia lakukan adalah hal yang salah.

Kesalahan yang Dilakukan Pengguna Android

Jika kamu sembarangan pakai smartphone, mau sebagus dan semahal apapun smartphonemu pasti akan mudah rusak. Kalo kamu mau smartphone Androidmu awet, maka kamu harus baca terus artikel ini sampai akhir.

Di artikel kali ini saya akan membahas kesalahan – kesalahan yang tergolong sering dilakukan oleh pengguna android.

  1. Nge – Charge Sambil Digunakan

mainin handphone sambil ngecas

Nah, disaat lagi seru dan tanggung sedang main game keren di Android, pasti kamu kesal jika baterainya habis kan? Dan pada akhirnya kamu mainin game tersebut sambil mengisi ulang deh gara – gara nggak mau kena tanggung. Padahal, kebiasaan seperti hal ini sangat berbahaya loh!

Keseringan memainkan smartphone untuk aktivitas yang berat saat dicas, seperti main game bisa merusak baterai kamu lhoo!. Soalnya hal ini akan membuat kualitas dan umur baterai smartphone kamu jadi lebih singkat.

  1. Sembarangan Mencabut Charger

sembarangan nyabut charger

Terkadang merasa terburu – buru, banyak pengguna smartphone Android yang sembarangan cabut kabel dari konektornya. Padahal kebiasaan ini akan membuat lubang konektornya jadi kendor. Apalagi kalau smartphone Android kamu belum menggunakan USB type – C, bisa sangat bahaya.

  1. Nge – root Smartphone Android

Ngeroot Handphone

Nah, biasanya untuk menghilangkan segala keterbatasan yang ada di smartphone Android, pengguna pasti melakukan root. Memang sih rooting Android akan memberikan keleluasaan untuk mendapatkan fitur – fitur yang baru, tapi kegiatan rooting juga bisa berbahaya loh!

Ketika kamu lupa, proses rooting bisa membuat garansi smartphone kamu hilang lho. Jadi sayang kalau Android di root saat garansinya masih ada. Dan lagi, proses modifikasi sistem rootnya bisa mengakibatkan smartphone kamu mati total jika kamu salah install atau hapus.

  1. Instal Aplikasi Bajakan Sembarangan

instal aplikasi bajakan

Nah, ini nih yang bikin orang – orang betah pakai smartphone Android, bisa install aplikasi bajakan dengan sangat mudah. Dengan kemudahan ini, pengguna Android dapat menginstal aplikasi berbayar secara gratis. Tapi, bahaya loh.

Jika kamu asal install aplikasi bajakan dari pihak ketiga, bisa – bisa smartphone Android kamu terkena malware berbahaya. Makanya, mulai sekarang berhenti deh asal – asalan install aplikasi bajakan di Android!

  1. Mengantungi Smartphone di Dalam Jeans Yang Ketat

mengantungi jeans di dalam saku

Nah, hal ini nih yang kerap dilakukan orang – orang. Keseringan menyimpan smartphone di dalam celana jeans ketat dapat berbahaya bagi layar smartphone, karena hal tersebut bisa mengurangi sensitivitas layar. Dan lagi, menyimpan smartphone di saku celana jeans juga tidak sehat apalagi bagi cowok loh!

  1. Malas Update Aplikasi dan OS

update software dan OS

Saking banyaknya aplikasi – aplikasi yang diinstall, seringkali bagi pengguna smartphone Android mengabaikan jika ada update. Alasannya bahwa takut buang kuota. Padahal update aplikasi atau OS adalah hal sangat penting untuk menambal celah – celah yang ada di smartphone, sehingga aman dari hacker ataupun malware / virus.

Sekian dari artikel ini tentang Kesalahan – kesalahan yang sering dilakukan pengguna Android. Maaf jika ada kesalahan penulisan, perkataan, dll. Terimakasih Sudah membaca, semoga Atikel ini bermanfaat 🙂

 

Baca Juga :