Penjelasan Tentang LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN

Posted on

LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN

Di jaman sekarang ini anda memerlukan koneksi untuk mencapai perkembangan anda, koneksi pun jadi tunjangannnya karena koneksi dapat menyambungkan berjutaan pc atau laptop dan juga android berikut ini adalah arti dari LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN dan penjelasannya.

 

1. Apa LAN Itu Atau Maksud Local Area Network?

LAN

LAN adalah jaringan komputer yang sudah diketahui banyak orang di umum.

Jaringan ini memiliki jangkauan yang tidaklah luas hanyalah sebatas halaman rumah atau satu gedung kantor saja, biasanya orang – orang kanto menggunakan kabel ethernet untuk menyembungkannya untuk berbagi ke banyak komputer atau laptop.

 

2. Apa HAN Itu Atau Maksud Home Area Network?

HAN

HAN adalah Seperti tower rumah jika di istilahkan karena itu hanya bekerja di sekitar area rumah saja.

Keseluruhan perangkat tersambung dengan HAN tersebut seperti android, laptop, komputer, televisi dan sebagainya, mau kabel ataupun nikrabel akan di tempatkan di dalam satu ruangan yang sama.

 

3. Apa Itu WLAN atau Wireless LAN?

WLAN

WLAN ini adalah jaringan nirkabel untuk area lokal.

WLAN ini menggunakan teknologi WiFi yang didefinisikan disetting dengan standar IEEE 802.11. kalau anda beranggapan WiFi dan WLAN itu sama saja, jawabannya adalah SALAH. Karena, WiFi dipakai untuk membuat jaringan nirkabel di area lokal sedangkan WLAN adalah jaringan nirkabel untuk area lokal tidak untuk membuat loh ya.

 

4. Apa Itu PAN atau Personal Area Network?

PAN

PAN adalah Personal Area Network, Personal Network ini adalah untuk pribadi dengan kata lain teknologi untuk diri sendiri banyak sekali PAN yang tersedia contohnya adalah Bluetooth yang digunakan di laptop, Handphone, dan android

 

5. Apa Itu CAN atau Campus Area Network?

CAN

Seperti namanya CAN adalah teknologi untuk meng-cover sekolah, kampus dan universitas CAN di fasilitasi area network yang sangat luas karena digunakan untuk banyak sekali orang bisa di lihat sendiri penduduk kampus berapa orang.

 

6. Apa Itu MAN atau Metropolitan Area Network?

MAN

MAN adalah teknologi yang meng-cover melebihi LAN dan CAN karena jangkauan areanya sangatlah luas dari pada LAN dan CAN.

MAN bahkan bisa menghubungkan beberapa LAN untuk menjangkau kota yang tersambung jadi MAN ini sangatlah luas dari pada LAN atau CAN.

 

7. Apa Itu WAN atau Wide Area Network?

WAN

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa WAN ini sangatlah luas.

sangking luasnya WAN ini bisa mencakup rumah, kantor, kota, bahkan negara. Jadi, modem atau router yang terpasang di dalam rumah anda itu tersambung WAN. Seperti contohnya adalah 4G LTE, Fiber optic, dan sebagainya.

 

8. Apa Itu SAN atau Storage Area Network?

SAN

SAN adalah teknologi yang dapat menyimpan melalui internet seperti misalnya yang kita ketahui adalah cloud ya seperti semacan itulah SAN biasa disebut dengan Fiber Channel.

 

9. Apa Itu VPN atau Virtual Private Network?

VPN

VPN ini adalah teknologi yang tidak mempunyai wujud fisik layaknya harddisk.

Teknologi akan membuat anda terdeteksi di lokasi yang tidak asli alias palsu, sehingga anda dapat terhubung ke internet dengan alamat IP yang tidak sama dengan perangkat yang anda pakai.

 

Baca Juga :