Penyebab dan Solusi Bagi Pengguna Android Cepat Panas

Posted on

solusi mengatasi android smartphone yang cepat panas

Kalian mungkin pernah bertanya – tanya, kenapa smartphone android sangat cepat panas waktu dikantongi di dalam saku celana, bermain game, atau hal lainnya. Hal – hal penting yang terkadang belum diketahui atau dimengerti orang adalah gejala panas pada smartphone itu hal yang cukup wajar.

Hal ini bukan disebabkan kualitas smartphone yang jelek, namun oleh aktivitas kerja smartphone itu sendiri. Bahkan smartphone mahal sekelas Samsung Galaxy pun banyak juga keluhan dari sejumlah pengguna yang mengalami panas berlebihan pada smartphone yang dia pakai.

handphone cepat panas

Smartphone cepat panas ini adalah perilaku normal, dan suatu hal yang terjadi pada hampir setiap smartphone, baik dengan system operasi Android, iPhone atau Windows. Panas ini berasal dari baterai smarphone kalian sendiri, yang biasanya akan memanas ketika kalian melakukan aktivitas terus – menerus pada smartphone yang menyebabkan daya smartphone digunakan lebih cepat dari biasanya.

Seperti misalnya ketika kalian melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video dengan waktu yang lama, dan aktivitas lainnya. Jika smartphone kalian begitu panas dan energi baterai turun sangat drastis, hal itu berarti baterai telah rusak.

Tapi jika tidak, masalah kalian hanyalah telepon yang panas dan tidak nyaman untuk digunakan sehari – hari. Dan jika baterai kalian panas, itu berarti baterai terkuras dengan cukup cepat yang tidak normal dan hal itu akan berdampak buruk pada baterai.

Selain baterai, smartphone cepat panas juga disebabkan oleh kinerja CPU, RAM, dan perangkat keras lainnya pada smatphone yang berat. Itulah yang menyebabkan smartphone dengan spesifikasi rendah lebih cenderung gampang panas jika digunakan untuk mengerjakan aktivitas yang cukup berat secara terus – menerus.

Nah, di artikel kali ini saya akan memberikan solusi untuk mengatasi smartphone yang cepat panas
Berikut Adalah Beberapa Solusi Untuk Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas

1. Ganti Baterai

Ganti Baterai agar handphone tidak mudah panas
Seperti yang sudah dijelaskan, jika memang tenaga baterai smartphone kalian sering turun drastis, mati mendadak, dan lainnya. Bisa dipastikan bahwa baterai mengalami kerusakan. Jadi direkomendasikan untuk mengganti baterai.

2. Jauhkan Smartphone Dari Panas

Jauhkan smartphone dari panas
Terkadang panasnya pada smartphone bukan bersumber dari smartphone itu sendiri, bisa juga dari pengaruh luar. Misalnya seperti udara atau suhu yang memang panas, menaruh di atas televisi, berada di dekat oven, disamping kipas laptop yang mengeluarkan udara panas, dan alat elektronik lainnya. Solusinya pasti kalian harus jauhkan dari semua hal itu.

3. Jangan Gunakan Smartphone ketika sedang di – charge

use handphone on charge
Pasti tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone ketika sedang di charge. Padahal hal ini sangat bahaya bagi smatphone ataupun penggunanya sekalipun. Karena menggunakan smartphone saat di charge sangat berpotensi menyebabkan smartphone cepat panas. Selain itu, meggunakan smartphone ketika di charge akan menyebabkan kerja baterai meningkat dan dapat merusak baterai. Seperti misalnya menggelembung dan bahkan bisa meledak.

4. Matikan Aplikasi dan Koneksi yang Menguras Baterai

Aplikasi Penguras Baterai Smartphone
Coba tutuplah semua aplikasi dengan cara yang benar, baik task manager ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Selain itu, matikan juga koneksi yang tidak diperlukan seperti misalnya alat Bloetooth, Wifi, Infrared, GPS, dan koneksi lainnya. Pastikan juga bahwa kalian berada di lokasi yang mendapatkan sinyal dengan baik, karena smartphone bekerja dengan teus menerus mencari sinyal juga dapat menyebabkan panas.

Satu hal yang juga pasti adalah jangan gunakan lampu LED sebagai senter dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini tentu menguras baterai dan membuat smartphone cepat panas.

5. Periksa Aplikasi Yang Terinstal

Aplikasi Terkini
Kadang – kadang ada saja aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata bejalan dengan tidak normal dari yang seharusnya. Hal ini tentu akan menyebabkan kinerja baterai yang tidak normal dan tidak akan menyebabkan panas.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa memantau kinerja aplkasi melalui task manager bawaan dari android ataupun menggunakan aplikasi seperti misalnya watchdog yang akan membantu kalian melacak gejala ini pada smartphone. Jadi kalau hp kalian cepat panas dan kalian tidak tahu penyebabnya. Mungkin aplikasi watchdog ini bisa membeikan petunjuk.

6. Jangan “Bekap” Smartphone

Miror case
Pada penelitian beberapa kasus yang ditemukan bahwa dalam penggunaan case tambahan dapat menyebabkan panas yang berlebihan. Ini mungkin dikarenakan case menjadi hambatan bagi smartphone untuk mencari sinyal. Selain case, bisa juga disebabkan ketika ditaruh di dalam tas, kotak penyimpanan, ataupun barang lainnya. Solusinya cukup buka case tambahan agar mendapatkan angin segar.

7. Overlock Smartphone

overlock handphone
Overlock smartphone adalah salah satu cara agar meningkatkan kecepatan smartphone lebih dari kondisi standar. Tapi, hal ini akan menggunakan lebih banyak daya baterai dan lebih beresiko cepat panas orang – orang biasanya melakukan ini dengan meroot smartphone mereka.

8. Istirahatkan Smartphone

istirahatkan smartphone
Cara ini adalah cara terakhir namun yang lebih sering dilakukan karena mudah untuk dilakukan. Uniknya memang cara ini cukup efektif untuk meredam panas. Caranya adalah matikan smartphone, lepas case belakang sekaligus baterai. Tunggu hingga smartphone benar – benar mati dan dingin.

Kesimpulan :

Memang smartphone adalah alat yang kerap tidak bisa lepas dari kita, meski begitu kita sebagai pengguna juga harus merawat dan menjaganya. Jangan sampai kalian melakukan kesalahan – kesalahan yang dapat memicu hal yang tidak kita inginkan dan mengalami apa yang dialami korban pengguna samsung dan iPhone yang dikabarkan terbakar dan meledak. Untuk keselamatan dan menjaga dari bahaya yang tidak kita inginkan sebaiknya kalian tetap harus berhati – hati ketika menggunakan smartphone yang panas secara berlebihan.

Nah, ini tadi artikel tentang penyebab dan solusi bagi pengguna android cepat panas. Semoga artikel ini bermanfaat. Kritik dan saran bisa kalian tambahkan di kolom komentar. Mohon maaf bila ada kesalahan, sampai ketemu di artikel – artikel selanjutnya. Terimakasih 

 

Baca Juga :