Penyebab Laptop Atau Komputer Mati Sendiri Dan Solusinya

Posted on

off

kebanyakan orang bingun komputer atau laptop mereka terkadang mati secara tiba – tiba ini dia permasalahannya dan juga solusinya. ternyata jika di rawat dan teratur laptop akan baik – baik saja ini dia ulasannya.

 

Terlalu Panas atau Overload

 overload

 

Suhu laptop yang terlalu panas dapat menyebabkan laptop itu mati secara tiba – tiba. Biasanya yang mendalangi laptop menjadi panas antara lain adalah menempatkan laptop ditempat yang empuk seperti kasur, bantal, dll karena jika diletakkan ditempat seperti itu sirkulasi udara menjadi sulit atau udara tidak dapat keluar secara lancar, udara panas sulit keluar untuk diganti udara baru, sehingga udara panas yang berada didalam laptop juga menyebabkan hardware – hardware yang berada didalam menjadi panas.

Solusi : Untuk mengatasi masalah ini, sobat bisa menaruh laptop pada permukaan yang rata dan keras, ini membuat sirkulasi udara tidak terganggu. Namun jika anda tidak mau pergi dari kasur, maka pakailah papan yang keras sebagai alasnya. Tetapi jika laptop masih panas, gunakan colling pad atau kipas laptop supaya sirkulasi udara cepat berganti.

 

RAM Bermasalah

 penghapus

 

Jika RAM bermasalah bisa membuat RAM sulit bekerja dengan lancar, sedangkan pekerjaan untuk komputer membutuhkan kinerja dari RAM yang optimal atau lancar, jadi pada keadaan seperti ini hardware komputer lain bekerja lebih keras sehingga komputer cepat panas. Penyebabnya bisa jadi RAM yang digunakan kotor atau berdebu.

Solusi : Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, kita bisa membersihkan debu yang menempel pada RAM dengan menggunakan penghapus. Cukup gosok pada bagian kuningan RAM sampai bersih, jangan menggunakan tangan secara langsung sebab dikhawatirkan tangan yang berminyak dapat meninggalkan bekas.
Jika diperlukan, kapasitas RAM bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan supaya kinerja RAM bisa lebih optimal lagi dan komputer bekerja lebih enteng.

 

PASTA Pada Processor Mengering

pasta kering 

 

Biasanya pada komputer atau laptop yang sudah berumur lama, pasta yang terdapat pada processor-nya sudah mengeras atau mengering. Ya memang kita tidak bisa mengandalkan pasta untuk seumur hidup, ada masanya pasta itu harus diganti.

Solusi : Beri pasta pada processor, dengan cara mengambil processor dari komputer atau  laptop lalu oleskan pasta secara rata. Harga pasta sangat murah, dan bisa dibeli di toko – toko komputer terdekat. Kebanyakan menyebut thermal pasta.

 

Komputer / Laptop Berdebu

debu

 

Jika komputer atau laptop sudah berdebu maka udara di dalamnya bisa terhambat keluar, dan hardware yang berada di dalam komputer atau laptop bisa cepat memanas karena sirkulasi udara tidak lancer atau terganggu. Apabila komputer atau laptop terlalu lama panas, lama – kelamaan tidak akan bisa bertahan dan secara tiba – tiba akan mati sendiri.

Solusi : Bongkar komputer atau laptop lalu bersihkan debu – debu dengan kuas atau penyemprot udara bukan air loh ya, dan pastikan saluran udara bersih dari debu.

 

Mainboard Bermasalah

mainboard 

 

Jika mainboard yang sudah tidak bagus lagi atau berumur ada kalanya mainboard tersebut sudah tidak bisa bertahan untuk digunakan dalam waktu yang lama bahkan biasanya akan menyebabkan mati ketika sedang digunakan untuk pekerjaan yang berat.

Solusi : gantilah mainboar dengan yang baru, karena apabila mainboard sudah rusak itu sangat sulit untuk bisa bekerja dengan lancar.

 

Kesimpulan :

“Jagalah Laptop atau Komputer tetap terjaga jangan lupa membersihkan apabila sudah kotor atau rusak akan susah memperbaikinya.

sekian tips dari kami terima kasih jangan lupa sering berkunjung semoga bermanfaat…..

 

Baca Juga :