Perbedaan Dan Arti Dari HTTP Dan HTTPS

Posted on

http s

Mungkin kalian tidak tau arti dari http dan https yak kali ini dalam artikel ini kita akan membahas tentang HTTP yang artinya Hypertext Transfer Protocol dan HTTPS yang artinya Hypertext Transfer Protocol Secure mungkin anda mengira ini tidak ada artinya karena hanya beda satu huruf saja tetapi arti dari S tadi adalah Secure artinya keamanan untuk lengkapnya silakan baca artikel di bawah ini.

Apa Itu HTTP ?

http

HTTP Adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang artinya permintaan atau respon protokol berdasarkan mode komunikasi klien atau server. HTTP adalah suatu protokol yang mana mengatur komunikasi dari klien dan server.

Klien adalah web browser, atau perangkat lain yang mampu mengakses, menangkap, dan menampilkan konten ke dalam suatu web.

klien akan mengirimkan sebuah pesan ke server yang mempunyai host konten HTML dan menjawabnya dengan sebuah respon yang juga berisi suatu konten HTML.

Kegiatan seperti itu di atu oleh suatu HTTP.

 

Apa Itu HTTPS ?

 

https

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure.

HTTPS merupakan versi secure atau versi yang lebih aman dan Terjaga dari HTTP.

HTTPS ini dikembangkan oleh Netscape Communications pada tahun 1993.

HTTPS ini di kembangkan dengan SSL atau Secure Socket Layer, yang pada akhirnya mendapatkan pembaharuan menjadi TLS atau Transpor Layer Security.

Website di zaman sekarang ini lebih menggunakan fitur yang berada di dukungan HTTPS.

suatu web browser yang terintegrasi dengan protokol HTTPS menginginkan SSL Certificate untuk mengotentifikasikan website.

Anda pernah melihat gembok berwarna hijau sebelum ditempatkan di HTTPS pada address bar di Google Chrome.

 

Lalu, Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS ?

https http

HTTP dan HTTPS tidaklah sama ini dia beberapa perbedaan antara HTTP dan HTTPS. Pertama, HTTP tidak bisa menjamin keamanan antara klien dan server, sedangkan HTTPS dapat menjamin keamanan antara klien dan server.

Kedua, HTTP menggunakan port 80 dan HTTPS memakai 443. Terakhir, hanya masalah ssl saja.

protokol yang dipakai untuk komunikasi antara klien dan server ialah HTTP.

Tetapi jika anda menggunakan HTTPS, anda diharuskan untuk punya sertifikat SSL yang mana nantinya dapat memungkinkan anda untuk melakukan enkripsi data yang akan dikirim antara klien dan server.

 

Baca Juga :