Posisi Duduk Sehat Pada Saat Bermain Komputer

Posted on

Tegak

Dalam menggunakan komputer haruslah diperhatikan cara duduk dan posisi/letak tubuh, kaki, tangan, dan pandangan anda. Sebab jika posisi dalam anda menggunakan komputer dengan range waktu yang lama maka akan berdampak timbulnya penyakit jika posisi duduk anda salah.

Berikut ini carageo.com mencoba mengulas sedikit tentang bagaimana cara duduk di depan komputer yang benar dan tentunya juga sehat untuk seluruh organ tubuh kita. Berikut tipsnya …

Posisi Duduk Sehat Pada Saat Bermain Komputer

  • Duduk tegak

Dorong pinggul sejauh yang kamu bisa dari kursi. Sesuaikan tinggi kursi sehingga telapak kakimu bisa menyentuh lantai dan lututmu berada sejajar atau sedikit lebih turun dari pinggul. Posisikan sudut kemiringan sandaran kursi kira-kira 100-110 derajat.

Pastikan punggung atas dan bawahmu merasa nyaman. Kamu bisa memakai bantal untuk ditaruh dipunggungmu. Sesuaikan sandaran lengan sehingga bahumu terasa rileks atau lepaskan saja jika itu terasa mengganggumu.

POSISI TUBUH DI DEPAN KOMPUTER

Duduk

Posisi badan yang benar adalah badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm. Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh, karena bisa mempengaruhi keakuratan mata dalam mengamati layar komputer. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka lama kelamaan mata akan cepat lelah dan bisa mengakibatkan mata menjadi minus.

POSISI MOUSE YANG SEHAT DI DEPAN KOMPUTER

Mouse Position

Hindari posisi tangan menggantung saat mengoperasikan mouse. Usahakan posisi tangan lebih tinggi dari mouse. Caranya dengan memposisikan pergelangan tangan sejajar dengan mouse. Posisi jari tangan juga harus diperhatikan, usahakan agar selalu lurus ketika ‘meng”klik”.

POSISI KEYBOARD YANG SEHAT DI DEPAN KOMPUTER

Keyboard Position

Sama seperti saat mengoperasikan mouse, mengoperasikan keyboard juga harus sejajar dengan pergelangan tangan. Tangan jangan sampai menggantung atau menempel ke keyboard. Jari tangan juga harus sejajar dengan pergelangan tangan, jangan miring kekanan atau kekiri agar tidak mudah pegal.

  • Sesuaikan kemiringan keyboard berdasarkan posisi duduk

Keyboard

Gunakan mekanisme kaki yang biasanya dipasang di beberapa merk keyboard untuk menyesuaikan kemiringan. anda juga bisa mengganjalnya dengan sesuatu, hal ini juga berlaku ketika bekerja dengan komputer notebook (laptop).

Jika kamu duduk dalam posisi agak maju atau tegak miringkan keyboard menjauh anda. Jika kamu duduk bersandar, maka miringkan ke depan menuju ke arahmu. Hal ini akan membantu mempertahankan posisi pergelangan tangan untuk tetap lurus

  • Gunakan bantalan untuk mengistirahatkan pergelangan tangan

Bantal

Menggunakan bantalan akan sangat membantu menjaga agar pergelangan tangan tetap Rileks dan tidak beradu dengan permukaan yang keras. Kebanyakan kasus nyeri pergelangan tangan disebabkan posisi yang salah atau seringnya ia beradu dengan benda keras seperti siku – siku meja. Tempatkan Mouse sedekat mungkin dengan keyboard.

  • Posisikan monitor dengan benar 

Monitor
Sesuaikan posisi monitor dengan file – file yang dijadikan acuan sehingga posisi leher tetap netral dan santai. Pusatkan monitor langsung di depan pandanganmu di atas keyboard. Posisi bagian monitor adalah 2-5 inchi dari pandanganmu ketika duduk atau bisa sesuaikan dengan kenyamanan melihatmu, apalagi jika kamu menggunakan kacamata.

Posisi duduk setidaknya satu lengan jauhnya dari layar ke pandangan matamu. Kurangi silau dengan mengatur posisi monitor. Kamu harus bisa melihat lurus ke monitor tapi sebagian bisa melihat ke bawah. Sesuaikan juga kondisi sekitar seperti jendela, lampu atau horden untuk kondisi cahaya.

Atur sudut vertical layar, kecerahan dan kontras untuk meminimalkan efek silau. Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti filter monitor atau kacamata anti radiasi yang bisa mengurangi efek radiasi dari monitor komputer.

  • Atur posisi barang-barang

Barang

Atur posisi barang-barang yang diperlukan sedekat mungkin dengan jangkauanmu. Sehingga kamu tidak perlu bergerak terlalu jauh untuk mengambilnya.

Letakkan dokumen acuan di samping monitor dan pastikan kamu bisa membacanya tanpa harus menggerakkan leher terlalu banyak. Dekatkan telepon hingga kamu bisa menggapainya dengan mudah.

  • Senam kecil

Senam

Latihan tangan dengan mendorong dengan tumpuan jari menggunakan gerakan perlawanan mundur. Lakukan minimal lima belas kali untuk masing-masing tangan setidaknya enam kali setiap hari. Latihan sederhana ini akan mencegahmu dari masalah-masalah di pergelangan tangan.

Itulah 6 tips penting untuk anda yang biasa menggunakan komputer dalam waktu lama, Tambahan satu lagi pastikan pula anda beristirahat sekitar 2-10 menit pada saat 30 menit – 1 jam didepan komputer.

Demikianlah cara duduk didepan komputer yang baik dan sehat semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, sehingga kita tetap sehat walau dalam kondisi menggunakan komputer dengan waktu yang lama.

Baca Juga :