Syarat Smartphone Berkualitas Yang Harus Anda Ketahui

Posted on

smartphone berkualitas

Membicarakan soal smartphone sekarang ini siapa yang tidak menggunakan smartphone karena sangatlah membantu dijaman sekarang ini bisa diibaratkan jika di jaman sekarang ini tidak mempunyai smartphone mungkin akan tertinggal jauh di belakang karena mungkin anda dapat membuka usaha hanya dengan memiliki smartphone nah maka dari itu pilihlah smartphone yang berkualitas berikut adalah tips membeli smartphone yang berkualitas.

 

  1. Ukuran dan Resolusi Layar

resolusi layar

Beberapa tahun belakangan ini, standar ukuran layar smartphone memang terlihat semakin membesar dan juga lebar, khususnya jika dibandingkan dengan saat awal smartphone diperkenalkan di pasaran.

Ukuran layar 5 inci telah menjadi standar yang baru Berkirim pesan, aktif di media social media, browsing, menikmati konten di multimedia, sampai bermain game juga lebih terasa pas di layar berukuran 5 inci.

Selain itu juga layar 5 inci masih terasa pas dalam genggaman tangan anda.

Tak hanya ukuran layarnya saja tetapi, resolusi layar smartphone tahun 2017 juga semakin membesar.

Setidaknya, resolusi HD atau 1.280 x 720 piksel adalah resolusi yang standar untuk spesifikasi minimal smartphone yang layak untuk dipilih untuk saat ini.

 

  1. Prosesor

 grafic

Apa pun merk prosesor yang dipilih, entah itu prosesor  besutan Qualcomm dengan Snapdragon*-nya atau pun prosesor besutan **Mediatek, prosesor _quad core_ adalah standar prosesor minimal untuk smartphone di tahun 2017.

Prosesor empat inti tidak hanya memberikan performa yang sangat prima.

Efisiensi daya juga yang menjadi keunggulan lain dari prosesor berinti banyak.

Selain itu, spesifikasi minimal smartphone dengan prosesor quad core ini juga dapat  memenuhi kebutuhan penggunaan anda, mulai dari berkomunikasi sampai dengan bermain game.

 

  1. Kapasitas RAM

 ram

RAM adalah komponen pendamping prosesor yang sangat penting dan memiliki andil besar dalam urusan performa smartphone.

Banyak atau tidaknya lag juga tergantung pada kapasitas RAM yang dimiliki oleh smartphone anda.

Semakin besar kapasitas RAM yang ada didalam smartphone anda, semakin banyak juga  aplikasi yang dapat dijalankan dalam satu waktu atau yang sering disebut  dengan menggunakan multitasking.

Untuk smartphone Android, setidaknya membutuhkan RAM 2 GB untuk memperoleh user experience yang layak dan minim dari lag.

Kapasitas itu berlaku untuk stock Android yang belum mendapatkan banyak modifikasi.

Untuk smartphone Android yang akan hadir dengan modifikasi ROM yang cukup besar seperti misalnya merk smartphone MiUI misalnya, setidaknya butuh RAM 3 GB demi memperoleh user experience yang layak dan juga lancar.

 

  1. Memori Internal

 internal

Kini, pengguna tidak hanya memakai smartphone hanya untuk berkomunikasi saja.

Selain mengirimkan pesan dan melakukan panggilan suara, smartphone juga sering digunakan  untuk menyimpan file-file multimedia yang notabene yang mempunyai ukuran yang cukup besar dan juga dapat melakukan panggilan video sehingga dapat bertatap wajah dari jarak jauh.

walaupun sudah ada layanan streaming musik dan video, beberapa user masih  memakai  memori internal untuk menyimpan konten multimedia favoritnya.

Dengan pertimbangan itu, tentu saja dibutuhkan kapasitas memori internal yang cukup besar.

Setidaknya, user membutuhkan memori internal sebesar 16 GB itu juga kapasitas yang tersedia mungkin hanya tinggal 10 GB saja.

Spesifikasi minimal untuk smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar juga memungkinkan pengguna untuk menginstal lebih banyak aplikasi dan game atau aplikasi media lainnya.

Bahkan walaupun saat ini pengguna dapat menginstal aplikasi di memori eksternal, aplikasi yang diinstal ke dalam memori internal mampu memberikan performa yang lebih lancer dan optimal.

 

  1. Sensor Sidik Jari

finger print

Di Indonesia sendiri, sensor sidik jari memang lebih kerap dipakai sebagai otentikasi pembuka lock screen dan untuk mengamankan aplikasi hingga file-file yang sangat penting.

Walaupun demikian, sensor ini sesungguhnya juga bermanfaat untuk mengamankan transaksi yang dilakukan melalui perangkat smartphone.

Tren menggunakan sensor fingerprint pada smartphone ini juga semakin terlihat dengan semakin banyaknya vendor yang turut menyematkan sensor ini di lini smartphone menengahnya.

 

Baca Juga :

Nilai Artikel Ini