Tips Agar Laptop Tidak Terserang Virus

Posted on

windows defender

Bagi anda pengguna komputer aktif yang terutama mengandalkan laptop atau komputernya untuk menyimpan data – data penting. Maka harap diperhatikan pula keamanaan dari virus dan program – program yang membahayakan lainnya.

Pasalnya jika laptop anda terkena virus maka akan menyebabkan anda bisa kehilangan data – data penting tersebut sebab jika pertahanan (security) laptop anda lemah maka hal ini mungkin saja terjadi. Berikut ini hal yang dapat anda lakukan sebelum hal tersebut terjadi.

Tips Agar Laptop Tidak Terserang Virus

  • Aktifkan Windows Defender

Windows Defender adalah software antivirus internal yang sudah disediakan Windows secara gratis. Antivirus ini juga tidak kalahan dengan antivirus hebat lainnya seperti Avira, AVG. atau apapun antivirus yang terkenal dan biasanya berbayar. Windows Defender pada windows 8, akan selalu melakukan pengecekan update software ketika anda sedang online. Jadi anda tidak usah takut dengan antivirus yang baru bermunculan dan yang makin berbahaya. Oke langsung aja, ini adalah beberapa kelebihan dari Windows Defender.

  • Memberi Peringatan

Antivirus ini akan memberikan pemberitahuan secara langsung ketika kita membuka file yang kita buka. Ini biasanya di file yang kita buka terdapat virus maupun malware yang berbahaya bagi komputer kita.

  • Membersihkan Secara Maksimal

Windows Defender akan membasmi virus yang berbahaya secara maksimal den menyeluruh, tidak seperti AVG yang akan langsung menghapus file yang terdapat virus. anda tidak usah khawatir karena Windows Defender tidak akan menghapus file anda, tapi hanya menghapus virus yang ada di file tersebut.

  • Windows Defender Akan Meminta Restart

Jika di komputer anda terdapat virus atau malware yang sangat berbahaya, pertama windows akan menyapu atau mematikan nya terlebih dahulu, namun jika virus sangat berbahaya, mereka akan terus bermunculan kembali setelah virus dihapus, saat itulah Windows Defender akan meminta kita untuk merestart komputer. Ini sangat direkomendasikan untuk menghapus virus, dan setelah komputer anda menyala kembali, komputer anda sudah bersih dengan virus dan malware yang berbahaya.

  • Update Windows

update win

Kebanyakan dari anda pasti mematikan fitur Auto Update yang ada di Windows. Biasanya, alasan dari anda adalah karena saat update itu membutuhkan waktu yang lama. Atau, alasan paling klasik adalah karena Windows anda bajakan.

Namun, jika anda rutin update Windows anda, maka dijamin anda akan bebas dan terhindar dari serangan virus ataupun trojan. Mau laptop anda kena virus atau tidak?

  •  Aktifkan Firewall

firewall

Ketika laptop terhubung dengan koneksi internet, maka virus dan malware akan memiliki akses yang baik untuk menyerang laptop. Maka dari itu, Jaka sangat menganjurkan untuk mengaktifkan Firewall.

Mungkin ketika anda install antivirus seperti Kaspersky atau Avast, itu memberikan akses firewall bawaan. Namun, jika anda tidak menggunakan antivirus apapun, maka selalu nyalakan sistem firewall anda ya.

  • Update Browser

update

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ketika laptop anda terhubung dengan koneksi internet, maka itu bisa menjadi akses virus masuk ke dalam laptop. Terutama, saat anda membuka browser, itu akan menjadi akses utama virus bermunculan.

Jadi, apa solusinya? Mudah, anda hanya perlu update browser anda dan membuat pengaturan keamanan browser lebih baik lagi. Misalkan, aktifkan peringatan jika ada situs gak jelas terbuka sendiri, dan lainnya.

  • Jangan Pernah Buka Email dan Situs Aneh

situs aneh

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh user laptop adalah ketidaksengajaan atau rasa ingin tahu untuk membuka email dan situs yang aneh. Namun, dampaknya laptop anda malah terjangkit virus akibat hal itu.

Karena itu, jangan pernah membuka email dan situs yang aneh bahkan tidak jelas asal-usulnya. Jika anda tidak tahu itu situs apa, langsung tutup dan jangan mencoba untuk membukanya kembali.

Baca Juga :