Tips Ampuh Aman Root Android

Posted on

Android RootingKebanyakan orang melakukan root adalah untuk membuka android agar bebas dari pengaturan hp. Namun sebelum anda melakukan rooting, perlu anda ketahui bahwa hal ini sungguh sangat beresiko dan apabila gagal bisa berakhir smartphone Anda rusak. Oleh karena itu produsen sudah tidak mau lagi memberi garansi pada smartphone yang sudah di-root karena sudah bkn pengaturan pabrik lagi.

Sebelum Anda melakukan rooting pada Android Anda, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sehingga anda tidak mencapai kegagalan ujungnya.

 

  1. Jangan Lupa Back Up File Anda

lifesaver

Back up semua file yang disimpan di ponsel Anda jika merasa itu adalah file – file penting. sebenarnya melakukan rooting adalah sesuatu hal yang sangat beresiko, terutama jika untuk pertama kalinya Anda melakukan rooting. Sesuatu bisa saja error, mungkin Anda perlu menghapus atau memback up semua data di ponsel Anda.

 

  1. Pastikan Anda memiliki Daya Baterai Yang Cukup

full

Proses rooting memungkinkan menghabiskan waktu beberapa saat, tetapi perhatikan keadaan baterai Anda sebelum melakukan rooting. anda pasti tidak ingin proses berhenti  karena baterai habis. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan agar setidaknya ponsel Anda memiliki baterai 75% – 100%.

 

  1. Ketahui Informasi Ponsel Anda Sebelum Rooting

Android Timeline

biasanya hal – hal yang seperti ini yang sering dilupakan. Sebelum rooting Anda sangat perlu mengetahui nama perangkat Anda, model number, Android version, kernel number, dan juga build number. Mengetahui hal ini sangatlah penting karena akan menentukan metode rooting yang benar untuk sebuah perangkat Android Anda. Jika Anda mengikuti panduan yang salah, kegagalan sudah bisa dipastikan.

 

  1. Pelajari Cara Masuk Ke Recovery Android

recovery mode

Untuk masuk ke recovery Android sangatlah mudah, anda hanya perlu menekan kombinasi tombol pada saat ponsel masih dalam keadaan mati. Misalnya, menekan tombol Power + Home + Volume Up secara bersamaan.

  1. Pelajari Cara Restore Firmware Smartphon

Odin-3_1

Hal sangatlah penting lainnya adalah mempelajari bagaimana cara untuk mengembalikan firmware ke ponsel Android Anda, karena jika sesuatu yang tidak benar terjadi Anda mungkin berfikir bagaimana cara untuk mengembalikan seperti sebelumnya. Anda bisa mengembalikan firmware ponsel Anda dengan menggunakan perangkat lunak seperti Odin untuk Samsung atau LG Flash Tool untuk perangkat LG. Perangkat lunak ini tergantung dari merk smartphone apa yang Anda miliki.

Jangan sampai untuk mendownload firmware yang tepat untuk smartphone spesifik Anda.

  1. Membaca Komentar Pada Panduan Rooting Yang Akan Diikuti

comend

Jika Anda melihat panduan dari internet, ada baiknya baca terlebih dahulu komentar – komentar yang ada di kolom komentar. Belajar dari sebuah kesalahan orang lain itu jauh lebih baik. Ketika Anda berfikir bahwa Anda menemukan metode rooting yang tepat, lebih baik Anda membaca komentar dibawahnya terlebih dahulu.  Dengan begitu Anda bisa mencari masalah apa yang sering dialami dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Rooting android adalah sesuatu yang sangat beresiko, jika Anda tidak teliti atau salah langkah, maka Anda bisa merusak ponsel Anda. Kuncinya di sini adalah teliti dan juga praktek, dan banyak melakukannya.

 

Baca Juga :