Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer

Posted on

Jarak Komputer

Untuk menjaga kesehatan mata terutama pada saat dilayar komputer tentulah sangat penting, sebab apa? Pada layar komputer atau laptop terdapat radiasi yang cukup berenergi sehingga dapat dengan mudah merusak kesehatan mata anda.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dan diikuti agar mata anda tetap sehat walaupun anda sering menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini tipsnya :

  1. Jarak dengan layar computer

Untuk menghindari pancaran sinar yang tidak baik bagi mata dari layar komputer, jangan menggunakan komputer dengan jarak yang dekat. Standart jarak antara mata dan layar komputer adalah 50 sampai dengan 100 cm. Dengan begitu, mata anda juga tidak akan cepat terasa panas dan pedih.

  1. Tempatkan Komputer Di Ruangan Cukup akan Cahaya

cahaya

Menempatkan komputer di ruangan cukup cahaya menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Alternatif Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata. Secara medis bermain komputer di tempat yang redup dengan kondisi sinar yang dikeluarkan layar dapat mempengaruhi kinerja mata. Untuk itu gunakan juga kacamata pelindung atau pelindung layar.

  1. Setting sinar komputer anda

Brightes Komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya jangan menyeting layar komputer terlalu tinggi. Hal ini akan membuat mata menjadi tidak nyaman dan cepat terasa lelah.

  1. Pakai kacamata anti radiasi

Anti Radiation
Kacamata anti radiasi juga dapat menjadi pilihan anda jika sedang berada didepan layar komputer. Kacamata anti radiasi sangatlah berguna untuk menghindarkan mata dari bahaya radiasi layar komputer yang dapat mengganggu kesehatan mata.

  1. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

salad and fruit

 

Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Pada umumnya daging, sayur dan buah-buahan mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya ialah kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata membutuhkan vitamin A yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran serta buah. Bagi Anda yang sangat sering berhadapan di depan layar monitor, alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut.

  1. Perbanyak minum vitamin

vitamin
Vitamin merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan seluruh organ dalam tubuh. Salah satunya ialah mata.

Agar mata senantiasa dalam kondisi yang sehat, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat gizi lainnya.

  1. Istirahatkan mata secara berkala

Berkala
Jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk selalu berada didepan komputer, maka jangan lupa untuk selalu memberi mata waktu istirahat selama kurang lebih 5 – 10 menit setiap jamnya. Malah lebih baik lagi apabila mengistirahatkan mata 20 menit dan bermain lagi 20 menit Jangan lupa juga untuk mengatur waktu tidur agar kondisi organ tubuh tetap sehat. Sering-seringlah mengedipkan mata agar mata tidak cepat terasa nyeri dan sakit.

  1. Cuci wajah dengan air dingin

Fresh
Agar otot wajah dan organ mata terasa rileks, sesekali cuci muka anda dengan menggunakan air dingin.

  1. Biasakan berolahraga

Olahraga
Olahraga merupakan rutinitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Jika anda sangat sering didepan komputer, sedangkan anda tidak mengimbanginya dengan olahraga yang rutin. Nah, ini adalah salah satu penyebab mengapa mata anda akan cepat merasa nyeri dan sakit jika terlalu lama didepan layar komputer. Karena itulah, demi menjaga mata dan tubuh anda, sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk selalu olahraga setiap harinya.

Itulah hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata saat berada didepan layar komputer. Demikian ulasan lengkap tentang tips agar mata tetap sehat meski sering manatap layar komputer. Semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Baca Juga :