Xiaomi Mi 5C Rilis! Processor Surge S1 Tampil Elegant

Posted on

mi5c Surge S1

Akhir Febuari kemarin, Xiomi merilis smartphone pertama kali dengan menggunakan prosesor Surge S1, yaitu prosesor buatannya sendiri. Dengan hadirnya Xiaomi Mi 5C ini, menandakan bahwa Xiaomi sudah sejajar dengan para vendor smartphone yang sudah lebih dahulu membuat prosesor sendiri yaitu Apple, Huawei dan Samsung yang telah lebih dahulu membuat prosesor sendiri.

Inilah spesifikasi Xiomi Mi 5C yang dirilis Akhir Febuari kemarin.

Daftar Isi

Hardware dan OS

Dari sisi OS, Xiomi menggunakan OS milik mereka sendiri yang bernama MIUI. Kabar baiknya Xiaomi Mi 5C sudah menggunakan Android versi 7.1 Nougat yang dibalut tampilan khas xiomi yaitu MIUI. Android versi 7.1 Nougat ini adalah pembaharuan dari Android Nougat versi awal sehingga masalah tentang baterai boros sudah diatasi jadi tidak ada lagi permasalahan tentang baterai boros. Untuk antarmuka smartphone Xiaomi menyematkan yang paling baru, kabar baiknya dari OS dan Interface Mi 5C akan selalu mendapat update yang terbaru.

Sekarang kita membahas tentang hardware Xiaomi. memang biasanya smartphone Xiomi mengusung spesifikasi yang sangat tangguh dengan harga yang terjangkau. Xiomi Mi 5C mengusung CPU Surge S1 merupakan buatan pertama Xiaomi sendiri.

Jangan bandingkan CPU Surge S1 ini dengan CPU smartphone premium kelas atas. Saingan utama Surge S1 adalah jajaran CPU mid-range (kelas menengah) seperti prosesor Snapdragon 626, HiSilicon Kirin 655 dan Helio P25. Surge S1 memiliki konstruksi Quad-Core 4×2.2 GHz & 4×1.4GHz dan GPU Mali T860MP4.

Mi 5C akan disokong RAM sebesar 3GB dan memori internal 64GB. Yang dikecewakan, tidak adanya pilihan untuk menggunakan memori eksternal. memang Xiomi menyiasati tidak menggunakan memori external dikarenakan untuk mengedepankan performanya. Kita hanya bisa menggunakan 64 GB saja dan alternatif penyimpanan Cloud untuk menambah memori. Tenang saja Mi5C bisa menggunakan USB OTG untuk menambahkan memori secara external, tetapi banyak yang tidak suka dengan OTG dikarenakan terlalu merepotkan tidak seperti memory external.

mi5c tampilan

Kamera dan Fitur

Kamera utama Xiaomi Mi 5C adalah 12MP yang ber Apecur f/2.2, 27mm, terdapat phase detection autofocus, dan LED Flash. Video yang dihasilkan Mi 5C telah mendukung resolusi 1080p@30fps. Sedangkan untuk kamera depannya 8MP ber Apecur f/2.2, 27 mm, 1080p cukup memberikan hasil selfie yang jernih. Untuk fitur fitur yang disediakan, Xiaomi Mi 5C telah mendukung fitur fast-charging, memutar video MP4/H.264/XviD player, OIS 4 agar hasil rekaman tidak goyang, format musik dari MP3 sampai tingkat tinggi FLAC.

camera mi5c

Bodi dan Layar

Hampir sama seperti smartphone buatan Xiaomi sebelumnya, Xiaomi Mi 5C terlihat ganteng dan nikmat dipandang. Sehingga bisa membuat smartphone berdimensikan 144.4 x 69.7 x 7.1 mm serta bobot 135 gram membuat xiomi terlihat tipis dan ringan. Warna pada Mi 5C yang disediakan ada berbagai macam yaitu Gold, Black, dan Rose Gold. Dengan layar yang berukuran 5.15 inci IPS LCD 16 juta warna, memilili layar yang beresolusi 1080 x 1920 pixel 428 ppi dan mendukung multitouch. Rasio Screen to body pun sangat ideal dengan persentase 72.6 persen.

warna mi5c

Baterai dan Konektivitas

Xiaomi Mi 5C menggunakan beterai non-removable Li-Ion 2860 mAh. yaitu merupakan kapasitas sedang, yang
esuai dengan CPU Surge S1 dan dikombinasikan dengan MIUI 8 milik Xiomi sendiri maka baterai Mi 5C akan sangat awet.

Konektivitasnya pun cukup lengkap dengan adanya fingerprint, WLAN, Bluetooth 4.1, Radio dan GPS, sudang menggunakan dual sim 4G Dan didukung dengan sensor FingerPrint, accelerometer, proximity, gyro, dan compass, kita juga tidak akan kebingungan ketika akan bermain game yang membutuhkan banyak sensor.

Maka Xiaomi Mi 5C akan mulai dijual perdana pada 3 Maret 2017 di negara asalnya dengan sekitaran harga 1.499 Yuan. Belum disebutkan ketersedian Mi 5C di pasar Global selain Tiongkok. Meski begitu, Mi 5C ini akah hadir di Indonesia lantaran telah lulus TKDN dan bekerjasama dengan PT. Erajaya Swasembada dan manufaktur lokal PT. Sat Nusapersada.

Baca Juga :
Spesifikasi Xiomi Redmi Note 4X
Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Kamu
8 Smartphone Yang Siap Melenggang di MWC 2017